Sukses

4 Boy Band K-Pop yang Lahir dari Ajang Pencarian Bakat

4 Boy band ini terlahir dari ajang pencarian bakat hingga disebut memiliki kemampuan di dunia musik yang mumpuni.

Liputan6.com, Seoul
Personel boy band biasanya dibekali dengan kemampuan menyanyi dan menari. Namun beberapa group idol mewajibkan membernya untuk lebih piawai di dunia musik, termasuk menguasai alat musik atau bisa mengarang lagu.

Personel boy band yang memiliki bakat besar di dunia musik tersebut tentu saja akan membuat group idolnya-nya makin matang. Dengan kemampuan tersebut, boy band diharapkan tak hanya sekedar memiliki wajah tampan saja tapi juga piawai di bidangnya.

Akhirnya, beberapa ajang pencarian bakat pun mencari bibit artis dengan kemampuan tersebut. Siapa saja boy band yang terlahir dari ajang pencarian bakat?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Big Bang

Big Bang

Sebelum dikenal sebagai Big Bang, personel group idol pelantun lagu Fantastic Baby itu merupakan trainee si bawah asuhan YG Entertainment. Berdasarkan tayangan Big Bang's Documentary, menceritakan perjalanan hidup, Kwong Jiyong (G-Dragon), Dong Yungbae (Taeyang), Kang Daesung (Daesung), Lee Seunghyun (Seungri), Choi Seunghyun (T.O.P) dan Jang Hyunseung (Hyunseung kini bergabung bersama group idol B2ST).

Big Bang sebenarnya terbentuk untuk empat personel pria dengan wajah tampan disertai kemampuan vokal dan musik yang oke. Sayangnya, saat episode ke 10, Seungri dan Hyungseung tereliminasi. Keduanya harus membuktikan diri jika mereka mampu menjadi seorang idola.

Seungri berhasil meyakinkan pihak YG Entertainment jika dia memang pantas menjadi personel boy band. Seungri dianggap memiliki suara yang pas-pasan. Namun Seungri sangat berbakat dalam koreografi. Akhirnya, Seungri pun masuk menjadi magnae--sebutan personel paling muda--di Big Bang. Sementara, Hyungseung pun harus hengkang karena ia merasa kurang siap menjadi idola pada saat itu.

Big Bang menelurkan debut album Since 2007 pada 2006 silam. Big Bang yang terdiri dari lima personel berwajah rupawan dengan kemampuan vokal, musik, dan koreografi yang mumpuni membuat boy band ini pun menempati posisi tersendiri di hati penikmat K-Pop hingga saat ini.



3 dari 5 halaman

2PM

2PM

Sebelum menjadi 2PM, sebenarnya pelantun lagu Go Crazy tersebut harusnya debut sebagai grpup idol bernama One Day bersama 2AM. Semua personelnya yang terdiri dari 13 orang menjadi treinee di JYP Entertainment. Mereka adalag Hwang Chansung, Im Daehun, Yoon Doojoon, Park Jaebum, Jung Jinwoon, Jo Kwon, Lee Junho, Kim Junsu, Nickhun, Im Seulong, Ock Taechyeon, Jang Wooyoung, dan Le Shi Qi.

Sayangnya, Le Shi Qi, Yoon Doojoon dan Jung Jinwoon harus tersingkir. Namun Jinwoon kembali dipanggil oleh JYP Entertainment. Akhirnya Hwang Chansung, Park Jaebum, Lee Junho, Kim Junsu, Nickhun, Ock Taechyeon, dan Jang Wooyoung debut sebagai 2PM pada 2008 dengan sebutan The Bestly Idol.

Sayangnya 2PM yang awalnya 7 personel harus kehilangan seorang anggotanya. Dia adalah Jay Park yang sempat dikucilkan dari dunia hallyu setelah bergabung dengan 2PM. Pasalnya, Jay Park yang lama tinggal di Amerika Serikat sempat mengucapkan kata-kata tak enak dan menyinggung tentang dunia artis KPop. Ia pun sempat mengungsi ke AS untuk menghindari kontroversi lebih lanjut [baca juga: Jay Park Sedih Harus Tinggalkan 2PM].




4 dari 5 halaman

2AM

2AM


2AM merupakan sudara 2PM. 2AM pun lahir dari ajang pencarian bakat bersama 2PM. Namun 2AM memiliki konsep yang berbera dibandingkan 2PM. 2AM yang beranggotakan Jo Kwon, Jinwoon, Seulong, dan Lee Changmin debut di dunia hiburan 2008 silam dengan konser sebagai kelompok vokal yang mengusung balada.

Akhirnya pada 2008 silam, 2AM debut dengan lagu bertajuk This Song. Kemampuan vokal 2AM berhasil menyihir penikmat musik. Meski 2AM jarang menampilkan tarian atau koreografi, 2AM berhasil membuktikan jika kemampuan suara dan lagu juga bisa membuar mereka terkenal dengan gaya mereka sendiri.





5 dari 5 halaman

WINNER

WINNER

Boy band bentukan YG Entertainment dinamakan WINNER rupanya mulai menarik perhatian dunia hiburan. WINNER merupakan pemenang dari pencarian bakat YG Win: Who Is Next yang diselenggarakan 2013 silam.

Hasilnya, Jin Woo, Seung Hoon, Mino, Seung Yoon dan Tae Hyun yang terpilih menjadi personel boy band yang bernama WINNER. Tiap member WINNER dibekali kemampuan vokal yang mumpuni dan koreografi yang memukau.

Wajar saja, setelah menenangkan acara tersebut, personel WINNER sempat ditempa di agensi YG Entertainment yang telah sukses menelurkan artis berbakat, seperti Big Bang dan 2NE1. WINNER pun disiapkan memiliki ciri khas yang unik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.