Sukses

6 Artis Ini Keturunan Pahlawan Nasional

Maia Estianty, Ricky Harun, Dian Sastro, Nia Dinata, merupakan beberapa artis keturunan pahlawan.

Liputan6.com, Jakarta Hari ini diperingati sebagai hari Pahlawan. Jasa-jasa pejuang kemerdekaan itu tentunya tidak boleh dilupakan. Termasuk bagi keturunannya seperti cucu dan cicit sang pahlawan. Beberapa artis kita pun diketahui memiliki garis keturunan langsung dari beberapa pahlawan Nasional Indonesia. Berikut beberapa di antaranya.

Baca juga:

Seramnya, 6 Artis Seksi Ini Pernah Alami Kesurupan

Cerita 6 Artis yang Pernah Alami Pelecehan Seksual

4 Artis Ini Suka Nonton Film Porno Lho

6 Misteri Pernikahan Jessica Iskandar

5 Fakta Wow dari Sony Wakwaw, dari Pemulung Jadi Jutawan

5 Artis Cantik Ini Memikat Hati Keluarga Presiden RI

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Maia Estianty

1. Maia Estianty

Artis penyanyi Maia Estianty diketahui memiliki garis keturunan dari pahlawan nasional H.O.S Cokroaminoto. Sebelumnya, tak banyak yang mengetahui jika Maia adalah cicit seorang pahlawan. Maia pun merasa bangga memiliki darah pahlawan.

"Saya tahu menjadi keturunan H.O.S Cokroaminoto dari bapak. Saat SD saya diberitahu. Pasti bangga punya eyang pejuang," katanya.

Baginya, sang kakek memberikan pendidikan akhlak yang baik bagi keluarganya. Ia pun mengaku tertular dan mengajarkannya kepada ketiga anaknya.

3 dari 7 halaman

2. Nia Dinata

2. Nia Dinata

Jika Anda sering melewati sebuah jalan di kawasan Jatinegara, maka Anda pasti mengetahui jalan Oto Iskandar Dinata. Nama sutradara Nia Dinata pun diketahui sebagai cucu dari sang pahlawan nasional.

Nama Oto Iskandar di Nata sangat populer awal kemerdekaan RI. Ia rupanya didaulat sebagai seorang menteri negara di kabinet pertama Soekarno-Hatta.

Pemilik nama lengkap Raden Oto Iskandar di Nata diangkat sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 088/TK/Tahun 1973, tanggal 6 November 1973.

4 dari 7 halaman

3. Dian Sastro

3. Dian Sastro

Artis cantik Dian Sastro ternyata juga merupakan cucu dari pahlawan pergerakan Indonesia, Prof. Sunario Sastrowardoyo (1902-1997). Kakek Dian merupakan Menteri Luar Negeri indonesia ke-7,  Menteri Perdagangan ke-12, Duta Besar Indonesia untuk Inggris tahun 1960 dan rektor universitas Diponegoro (Semarang) thn 1963.

Kakek Dian Sasto ini lahir di Madiun, 28 Agustus 1902.  Prof. Sunario adalah seorang muslim, namun beliau menikahi gadis protestan Minahasa yang cantik bernama Dina Maranta Pantauw. Mereka dikarunia 4 anak, satu di antaranya adalah ayah Dian Sastro.

5 dari 7 halaman

4. Setiawan Djodi

4. Setiawan Djodi

Musisi kenamaan Setiawan Djodi merupakan cucu dari pahlawan nasional  Dr. Wahidin Sudiro Husodo.  Pria kelahiran 13 Maret 1949 itu, juga pernah terlibat dalam lahirnya grup musik SWAMI pada 1989, yang personelnya di antaranya Iwan Fals, Sawung Jabo, Inisisri, Jockie Suryoprayogo dan Totok Tewel.

Djody mulai merintis karirnya sebagai seorang pengusaha saat ia menimba ilmu di Amerika Serikat. Di sana, ia berkenalan dengan salah seorang anggota keluarga raja minyak Rockefeller. Dari perkenalan itu, ia banyak mempelajari strategi bisnis. Awal tahun 70-an, saat menginjakkan kaki kembali di tanah air, Djody menerapkan ilmu yang telah didapatnya dengan mengembangkan bisnis perminyakan dan properti.

Kisah getir pernikahannya dengan bintang model Sandy Harun, berakhir dengan perceraian, dengan berbuah anak perempuan Marimbi Djody Putri.

6 dari 7 halaman

5. Ricky harun

5. Ricky Harun

Aktor ganteng Ricky Harun juga memiliki garis keturunan dari pahlawan nasional Ir Soekarno, Presiden pertama Indonesia. Ricky adalah putra sulung dua bersaudara pasangan bintang model Donna Harun dan Hendra Rahtomo, anak dari politisi Rachmawati Soekarnoputri.

Meskipun tidak sempat bertemu langsung dengan sang kakek, namun Ricky bangga memiliki keturunan dari salah seorang  pendiri negara Indonesia.

7 dari 7 halaman

6. Dewi Yull

6. Dewi Yull

Artis senior Dewi Yull diketahui juga memiliki darah pejuang. Mantan istri Ray Sahetapy itu merupakan cicit dari R.M. Tirto Adhisoerjo, Bapak Pers Indonesia, seorang pejuang pertama yang mendirikan Surat Kabar “Medan Prijaji”.

Sama seperti kebanyakan cicit, Dewi pun merasa bangga memiliki seorang kakek yang merupakan pejuang kemerdekaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini