Sukses

Pengarang Naruto Baru Tahu Karyanya Populer Berkat Surat Fans

Pengarang manga Masashi Kishimoto mengaku campur aduk antara senang dan sedih ketika hendak menamatkan Naruto.

Liputan6.com, Tokyo Hampir setiap insan di seluruh dunia menghiasi hari-harinya dengan membaca manga Naruto. Sedih memang jika kita mengingat kalau buah karya Masashi Kishimoto itu akan telah berakhir pada 10 November 2014.

Namun jangan khawatir, Kishimoto tengah berniat untuk melanjutkan kariernya sebagai pengarang manga di proyek selanjutnya. Bahkan, ia juga mengungkapkan bahwa kesadarannya terhadap popularitas Naruto di seluruh dunia, muncul setelah membaca surat dari para penggemar luar Jepang.

Berdasarkan kutipan wawancara bersama Atsushi Ohara dari laman Asahi.com, Senin (10/11/2014), sang mangaka mengungkapkan rencananya itu. Bahkan, ia malah mengaku bahwa dirinya merasa campur aduk antara senang maupun sedih ketika hendak menamatkan Naruto.



Dalam sesi tanya jawab yang dilaksanakan beberapa jam setelah rampungnya bagian akhir Naruto itu, Kishimoto mengungkapkan, "Karena saya baru saja menyelesaikan episode terakhir kurang dari 12 jam yang lalu, saya tidak punya perasaan yang sesungguhnya setelah mengakhirinya."

Ditambahkannya, "Saya harus memenuhi tenggat waktu setiap minggu selama 15 tahun, jadi saya merasa ada batas waktu untuk minggu depan. Saya memikirkan banyak hal yang harus dilakukan setelah mengakhirinya, tapi saya tak tahu harus dimulai dari mana. Saya ingin melakukan sesuatu selain manga. Jangan khawatir, saya akan terus menciptakan manga."

Setelah itu, barulah Kishimoto ditanya kapan ia mulai mendapatkan cara untuk mengakhiri kisah dalam manga Naruto. Di situ pula ia turut mengaku bahwa dirinya menyadari popularitas Naruto di seluruh dunia melalui surat penggemar.

Buka halaman selanjutnya >>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masashi Kishimoto dan Surat Penggemar

Kishimoto mengutarakan, "Sejak karya saya itu diserialisasikan pertama kali, saya telah bertekad untuk mengakhiri seri manga dengan pertempuran antara protagonis Naruto dan Sasuke, yang telah bersaing sejak awal cerita. Saya kemudian membuat rinciannya, sedikit demi sedikit, seperti apakah mereka akan bertarung satu sama lain sebagai teman atau musuh, perasaan dan dialog mereka, sementara saya sedang menggambar serialnya. Sekitar dua tahun yang lalu, saya mulai merasa cerita itu mendekati bagian final."

Dilanjutkannya, "Ketika serial dimulai, editor yang bertanggung jawab untuk karya saya mengatakan kepada saya, 'Lanjutkan serial paling tidak selama lima tahun.' Sulitnya pekerjaan dengan terus menggambar Naruto untuk majalah mingguan, terkadang membuat saya berpikir bahwa saya ingin menyelesaikan serialnya. Saya tidak berpikir Naruto akan berjalan selama 15 tahun."

"Cerita berlangsung untuk jangka waktu lama seperti itu karena karakternya `tetap bertahan`. Ketika saya mencoba untuk menawarkan jawabannya secara cepat (untuk masalah yang diangkat ke dalam cerita), seluruh karakter tidak memungkinkan saya untuk melakukannya. Jika saya membuat mereka beraksi sesuai harapan saya, kenyataan yang ada pasti telah hilang," ujarnya.



Mengenai kesadaran akan popularitas manga ciptaannya itu, Kishimoto mengatakan, "Karena seniman manga selalu bekerja di dalam ruangan, sulit bagi kami untuk melihat secara langsung apakah karya kami benar-benar populer. Saya tak tahu sampai menerima banyak surat dari penggemar di luar negeri yang membuat saya sadar kalau Naruto populer di luar Jepang."

"Beberapa surat ditulis dalam bahasa yang tidak saya ketahui, jadi saya mengerti bahwa karya saya dibaca oleh orang-orang di berbagai negara. Salah satu surat penggemar berisi foto seorang anak kecil berpakaian seperti Naruto dengan pose mencolok. Foto tersebut membuat saya bahagia," tandasnya.

Tak hanya manga film animasi Naruto pun akan ditutup oleh The Last -Naruto the Movie- yang bakal tayang di bioskop Jepang pada 6 Desember 2014. Masashi Kishimoto didaulat sebagai penulis naskah, desain karakter, dan juga kepala pengawas cerita film terbaru itu.

Manga Naruto berakhir pada 10 November 2014 di majalah Shonen Jump edisi ke-50 tahun 2014. Pengumuman berakhirnya manga bertema ninja itu, sebelumnya pernah dikemukakan oleh Masashi Kishimoto sendiri pada 2012. (Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini