Sukses

Review Album: Foo Fighters - Sonic Highways

Meski mungkin bukan album terbaik Foo Fighters, Sonic Highways adalah sebuah album rock 'tradisional' yang nendang. Kenapa begitu?

Liputan6.com, Jakarta Foo Fighters telah 20 tahun berkarya di blantika musik dunia, dan album terbaru mereka Sonic Highways adalah penanda perjalanan mereka tersebut. Album yang yang digarap di delapan kota berbeda di Amerika ini disebut oleh sang vokalis Dave Grohl sebagai surat cinta perjalanan musik Amerika. Album ini juga mengajak para local legends dari setiap kota yang mereka singgahi tersebut untuk terlibat di dalamnya.

Sonic Highways menghadirkan nuansa rock 'tradisional' yang sederhana namun sophisticated ala Foo Fighters. Dengan mengoptimalkan permainan gitar yang meraung, dentuman bass yang berat, gebukan drum bertenaga, dan suara Dave yang kasar khas musik rock, album ini adalah album yang wajib masuk ke dalam koleksi penggemar musik rock.



Something From Nothing, lagu pembuka sekaligus single pertama, menampilkan gitaris Cheap Trick, Rick Nielsen. Direkam di Chicago, bertempo sedang, dan memiliki melodi ala film James Bond di awal lagu, seperti yang pernah kita dengar pada lagu milik Garbage The World is Not Enough, namun berubah menjadi sedikit funk di pertengahan lagu, dan menjadi kasar di akhir lagu.

Congregation, direkam di Nashiville yang merupakan 'ibukota' musik country, menampilkan musisi country ternama Zac Brown, adalah salah satu highlight dalam album ini. Permainan gitar yang solid dan keras oleh gitaris Pat Smear dan Chris Shiflett terpadu apik dengan Dave dan Zac.



Outside, lagu yang digarap bersama gitaris The Eagles Joe Walsh ini adalah satu lagu yang patut mendapat sorotan. Diproduseri oleh Butch Vig yang pernah bekerja dengan Smashing Pumpkins dan Nirvana, lagu ini benar-benar mengeksplorasi skill bermusik musik Foo Fighters. Dalam lagu ini kita bisa mendengar dengan jelas permainan gitar, gebukan drum, dan bass dengan jelas dan dominan.

Masih banyak lagu yang patut didengar dari album kedelapan Foo Fighters ini seperti In The Clear, I Am A River, dan The Feast and the Famine. Sudah mendengarkan lagu-lagu dari album Sonic Highways milik Foo Fighters ini? Bila sudah, bagaimana menurut anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini