Sukses

Alasan Cyclops dan Gambit Layak Difilmkan Setelah Wolverine

Banyak penggemar komik dan film Marvel mengharapkan Gambit dan Cyclops sebagai karakter X-Men yang difilmkan setelah Wolverine.

Liputan6.com, Jakarta Franchise X-Men telah menjadi fenomena tersendiri di kalangan para pecinta komik dan film superhero, khususnya Marvel Comics. Bahkan, seri layar lebar kisah para mutan itu telah mencapai tujuh judul, termasuk dua film dari karakter Wolverine.

Kehadiran film-film bertema Wolverine seperti X-Men Origins: Wolverine dan The Wolverine pun memicu banyak fans agar studio 20th Century Fox bisa menggarap beberapa proyek film solo yang diambil dari karakter lain dari cerita X-Men.

Baik di Amerika, hingga seluruh dunia temasuk Indonesia, beberapa tokoh pun menjadi favorit tersendiri. Di antara nama-nama karakter yang ada, bisa dibilang kebanyakan fans X-Men di seluruh dunia termasuk Indonesia mengharapkan agar Gambit dan Cyclops menjadi tokoh pertama yang difilmkan selain Wolverine.



Hal itu bisa dilihat dari postingan bertema `STOP WOLVERINE!!` yang dimuat dalam situs Kaskus. Di situ, kedua karakter X-Men tersebut bisa dibilang layak untuk dibuat film sendiri. Bahkan, penulis artikel ini juga mencoba membuat polling sendiri di salah satu jejaring sosial yang melibatkan penonton awam dari kalangan kerabat. Terbukti Gambit dan Cyclops paling banyak disebut.

Para penggemar Gambit boleh gembira dengan disiapkannya film bertema sang pencuri yang rencananya bakal dimainkan Channing Tatum, sebagai pengganti Taylor Kitsch yang memerankan Gambit di X-Men Origins: Wolverine.

Namun para penggemar Cyclops harus gigit jari dan bersabar, karena pada kenyataannya pihak studio malah terlebih dahulu ingin menggarap film bertema Deadpool, karakter yang dijadikan tokoh antagonis di X-Men Origins: Wolverine.



Kepopuleran Cyclops memang harus diakui secara luas karena watak sang tokoh selalu terlihat kharismatik sebagai seorang pemimpin. Bahkan, situs Marvel.com menaruh Cyclops di urutan kelima dalam artikel The 50 Greatest X-Men of All-Time (25/10/2013). Uniknya, Wolverine pun berada di urutan yang sama hingga posisi keenam dihapus.

Tak disangka, dalam artikel tersebut posisi Gambit hanya berada di urutan 15, kalah oleh popularitas Profesor X, Cable, Iceman, maupun Psylocke. Sementara posisi tertinggi diduduki oleh Kitty Pryde, dan menyusul Nightcrawler, Beast, dan Storm.

Selain Gambit dan Cyclops, karakter protagonis lain yang dianggap layak untuk memiliki film sendiri adalah Storm dan Jean Grey. Salah satu penulis film di Liputan6.com, menganggap Jean Grey tepat untuk membangkitkan nuansa drama di film X-Men. "Jean Grey bisa menghadirkan unsur drama yang lebih memukau. Apalagi kalau melihat masa lalunya," ujar salah satu penulis film kami itu.

Sementara, salah satu penulis kami yang masih awam di dunia film, menganggap Storm sebagai pilihan yang tepat untuk dijadikan film superhero wanita pertama dari franchise X-Men. "Storm itu seksi dan sosoknya menyeramkan. Saya yakin dia bisa menyajikan nuansa gelap yang keren," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengenal Gambit dan Cyclops

Menyimak Gambit, ia adalah anggota X-Men yang diciptakan oleh Chris Claremont, Jim Lee, dan Mike Collins. Sosok bernama asli Remy LeBeau itu pertama kali muncul dalam komik Uncanny X-Men nomor 266 (Agustus 1990). Gambit juga kerap tampil dalam komik lain seperti X-Force dan Gambit & the X-Ternals.

Kemampuan Gambit sebagai seorang mutan adalah memanipulasi listrik yang dipadu dengan kemampuannya melempar kartu hingga meledak. Ia juga ahli dalam pertarungan tangan kosong dan memiliki tongkat besi sebagai senjatanya.

Profesi Gambit sebelum bergabung dengan X-Men adalah menjadi pencuri. Hal itu membuatnya sempat ditolak beberapa anggota X-Men. Setelah menjadi bagian dari murid Profesor X, ia berpacaran dengan Rogue.



Cyclops yang memiliki nama asli Scott Summers adalah pemimpin tim X-Men di dunia Marvel Comics. Cyclops adalah mutan yang mampu memancarkan sinar energi yang kuat dari matanya hingga terjadi sebuah ledakan optik. Seragamnya terdiri dari baju tempur dengan lensa tunggal berjenis ruby-kuarsa yang terpasang dari mata ke mata. Diyakini, penampilan bergaya mata satunya itu yang membuatnya diberi julukan Cyclops.

Stan Lee dan Jack Kirby merupakan pencipta Cyclops yang pertama kali dimunculkan dalam The X-Men nomor 1 (September 1963). Awalnya ia disebut bernama Slim Summers pada komik X-Men nomor 3, namun namanya berubah menjadi Scott, sedangkan Slim hanya menjadi nama panggilannya. Scott adalah anggota X-Men pertama yang direkrut oleh Profesor Charles Xavier. Xavier memilih Scott untuk memimpin X-Men untuk melanjutkan warisan cita-citanya agar terjalin keharmonisan antara mutan dan manusia.

Xavier memandang Scott sebagai salah satu muridnya yang paling berharga. Hubungan mereka sudah seperti ayah dan anak. Dari waktu ke waktu, Scott sangat loyal kepada Xavier dan menyayanginya lebih dari orang lain. Namun di sepanjang sejarah karakternya selama dipublikasikan, ia akhirnya muncul dari bayang-bayang Xavier sebagai pemimpin X-Men yang tak terbantahkan.



Selain karakter yang telah disebut, mutan bersayap bernama Angel juga dianggap memiliki emosi yang bisa menghidupkan irama film. Bahkan, ada juga yang berharap karakter antagonis Juggernaut memiliki film sendiri. Namun, alasan yang disebutkan untuk film Juggernaut masih kurang kuat.

Film Deadpool rencananya hadir pada 12 Februari 2016, menyusul X-Men: Apocalypse yang bakal dirilis di bioskop AS pada 27 Mei 2016. Selain itu, film ketiga `Wolverine` akan diluncurkan pada 3 Maret 2017. Hingga kini, belum ada jadwal tayang untuk film `Gambit` serta proyek `X-Force` yang tengah dikembangkan. (Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini