Sukses

Berhenti Merokok, Indro Warkop Sempat 'Sakau'

Selain memperjuangkan diri sendiri untuk berhenti merokok, Indro Warkop juga berjuang meyakinkan istri untuk ikut berhenti merokok.

Liputan6.com, Jakarta Seperti kebiasaan pria, Indro Warkop juga sempat menjadi pecandu berat rokok. Kebiasaan 'bakar duitnya' itu dilakukan sejak masih remaja. Namun, sejak 16 tahun lalu, pria berkumis tebal itu memutuskan untuk berhenti merokok.

Niat itu tercetus lantaran Indro mendapat sindiran dari sang anak yang melihatnya sedang asyik merokok. Merasa malu, bintang film Comic 8 itu langsung mencoba berhenti sebagai perokok berat.

"Waktu itu saya minta foto pakai kumis pegang rokok. Terus anak saya yang laki itu mau ikutin bilang gini, 'Pah, foto dong kayak papa nih.' Dari situ awal mulanya ingin berenti," kata Indro membuka cerita di Jakarta baru-baru ini.

"Saya sudah 16 tahun berhenti (merokok). Kalau ada yang mau berhenti tapi banyak alasan, menurut saya dia pengecut. Soalnya sudah tahu salah, masih mau berlindung," sambung Indro.

Bersih dari kecanduan rokok rupanya tak semudah yang dibayangkan Indro. Rekan Dono-Kasino dalam grup lawak Warkop DKI itu mengaku sempat mengalami 'sakau' akibat berhenti merokok. Namun berkat tekad yang kuat, Indro mampu melewati hal tersebut.

"Bukannya sulit lagi, tapi saya 'sakau'. Soalnya saya kan dulu perkokok berat. Merk GG empat bungkus sehari, DSS satu bungkus. Setelah berhenti mulai deh menggigil, panas-dingin, dan pusing. Tapi saya tahan itu," terangnya.

Hasilnya pun berbuah manis. Setelah melewati cobaan tersebut, artis 56 tahun itu bisa benar-benar lepas dari jeratan rokok. Namun, cobaan lain datang dari istri dan vonis sakit jantung yang diterimanya.

"Setelah berenti merokok, saya berjuang untuk berhentikan istri saya merokok. Karena dulu dia juga perokok. Saya perjuangkan dia berat juga, tapi akhinya berenti," papar Indro.

"Tujuh tahun setelah berhenti merokok, saya kena jantung. Kemudian saya dioperasi jantungnya, 20 tahun baru bersih. Karena kemarin-kemarin kan banyak asap yang masuk ke tubuh saya," kata Indro. (fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini