Sukses

Jane Shalimar: Tak Masalah Ucapkan Selamat Natal

Terlepas halal haram, Jane Shalimar biasa mengucapkan selamat Natal kepada teman-teman Kristiani.

Liputan6.com, Jakarta Jelang perayaan Natal pada 25 Desember 2014, di media sosial sedang heboh mengenai hukum mengucapkan Natal bagi seorang Muslim. Ada ulama yang menghalalkan, namun tak sedikit yang mengharamkannya.

Hal itu pun menjadi perhatian tersendiri bagi Jane Shalimar. Menanggapi polemik tersebut, pesinetron 34 tahun ini menuturkan pandangannya.

"Terlepas dari haram atau halal, aku sebagai manusia menjalin pertemanan dengan banyak orang yang kebetulan berbeda kepercayaan dengan aku. Tapi aku menghargai arti toleransi antarumat beragama," urai Jane Shalimar kepada Liputan6.com, Rabu (24/12/2014).

"Dan buat aku, nggak ada masalah mengucapkan selamat Natal kepada mereka yang merayakan. Toh hanya sekedar ucapan kan?" lanjutnya.

Menurut Jane, perbedaan agama telah dijadikan oleh Tuhan supaya manusia bisa saling menghargai. Makanya, wanita yang mengaku pernah menikah siri dengan Didi Soekarno itu berharap semua pihak tidak terprovokasi dengan isu yang sensitif tersebut.

"Allah nggak mungkin menciptakan manusia dengan agama yang berbeda-beda, jika manusia itu nggak bisa toleran antara satu dengan lainnya. Tetap menjaga hablumminannas (hubungan antarmanusia) tanpa terpengaruh dengan hal yang berbau provokasi," kata Jane Shalimar.

"Pokoknya bawa santai saja, jangan terlalu sensitif. Yang penting nggak kelewatan batas. Zaman semakin maju, masa kualitas pikiran semakin mundur?" imbuh pesinetron Istri Pilihan tersebut. (fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.