Sukses

Istri George Clooney Terancam Dibui di Mesir

Sejak menikah dengan George Clooney bulan September lalu, Amal Alamuddin, kembali sibuk bekerja sebagai pengacara.

Liputan6.com, London Biasanya George Clooney yang mendapat ancaman negara lain karena film yang dibintanginya menyinggung suatu negara, namun yang terjadi kali ini pada sang istri, Amal Alamuddin atau kini bernama Amal Clooney, yang terancam dipenjara pemerintah Mesir.

Pangkal soalnya adalah kritikan Amal Clooney pada sistem peradilan Mesir. Dilansir People, Sabtu (3/1/2015), Amal menulis laporan untuk lembaga International Bar Association, LSM internasional yang mengadvokasi kasus hukum pelanggaran HAM, bulan Februari silam. Dalam laporan itu, ia mengkritik sistem peradilan di Mesir. Akibat sistem hukum yang lemah di sana, kliennya dijatuhi vonis hukuman penjara.

"Saat saya ingin merilis laporan itu, mereka melarang kami melakukannya di Kairo (ibukota Mesir)," kata Amal Clooney, pengacara HAM yang berbasis di Inggris, dalam sebuah wawancara dengan koran The Guardian. "Mereka memperingatkan, `Apa laporannya mengkritik militer, pengadilan, atau pemerintah?` Saya jawab, `Iya.` Dan mereka bilang: `Kalau begitu kau bisa ditangkap.`"

Dalam laporannya, Amal Clooney mengatakan sejumlah pejabat pemerintah terlalu berkuasa atas hakim dan jaksa. Dia mengusulkan, petugas hukum bekerja independen, treutama dalam kasus-kasus bernuansa politis.

Sayangnya, usulan Amal Clooney tak diikuti pemerintah Mesir. Kliennya divonis bersalah lewat proses peradilan yang tak adil.

Amal Clooney saat ini menjadi pengacara Mohamed Fahmyone, satu dari tiga wartawan Al Jazeera yang dituduh membantu kelompok Ihkwanul Muslimin di Mesir. Organisasi ini sudah dinyatakan terlarang di neheri itu. Fahmy, bersama yang lain, divonis 7 sampai 10 tahun penjara.

Saat ini kasusnya ditinjau ulang untuk dilakukan persidangan peninjauan kembali. Namun, Amal Clooney tak berharap banyak. "Ada kesalahan, dan sekarang akan ada sidang lagi. Namun sidang ini masih berlangsung dalam proses sebuah sistem pengadilan yang sama. Ini tak banyak berarti," katanya.

Sejak menikah dengan George Clooney bulan September lalu, Amal Alamuddin, yang kini memakai nama Amal Clooney, kembali sibuk bekerja sebagai pengacara internasional. (Ade)

Baca juga: 

Amal Alamuddin Masuk Daftar Orang Paling Berpengaruh di London

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.