Sukses

10 Make Up Artist di Balik Karakter Film Hollywood Terbaik

Di Balik kesuksesan karakter film, terdapat para make up artist yang berhasil membuat tokoh tersebut terlihat lebih dramatis.

Liputan6.com, Jakarta Film-film Hollywood tak hanya dilihat dari unsur jalan cerita serta pengambilan gambar yang bagus. Tetapi semua hal meliputi tata cahaya, tata rias, serta banyak sesuatu lainnya juga menjadi bagian penting yang harus diperhatikan.

Setiap film akan menjadi sukses lantaran akting pemeran karakter. Namun dibalik kesuksesan tokoh film tersebut terdapat hasil kreasi para make-up artist yang berhasil membuat sang aktor nampak terlihat dramatis.

Bahkan ajang penghargaan bergengsi Academy Awards 2015 membuat kategori khusus untuk tata rias terbaik dalam film. Jadi tak heran jika para make-up artist selalu memberikan hasil terbaik. 

Dilansir dari laman Fun Cage, Kamis (22/1/2015), Liputan6.com mencoba merangkum 10 make-up artist yang sukses membuat karakter di film Hollywood. Siapa sajakah mereka? Mari kita simak.

Baca juga:

Ini Dia 10 Cewek Metal Terseksi Sedunia

6 Musisi Cantik Ini Sepertinya Suka Sesama Jenis

10 Film Berbiaya Termahal Sepanjang Masa

5 Selebriti Indonesia Ini Mirip dengan Artis Luar Negeri (Part 2)

10 Aktor Ternama Hollywood yang Belum Dapat Piala Oscar

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1

1. John Caglione, Jr

Dari beberapa hasil kreasi John Caglione, mungkin karakter Joker dalam film Batman menjadi salah satu karyanya yang paling populer. Hasil make-up Caglione tersebut menjadinya masuk dalam nominasi Academy Awards kategori best makeup. Ia memulai kariernya sebagai sang perias wajah yakni pada 1970.

3 dari 11 halaman

2

2. Greg Cannom

Make up artist yang satu ini sukses mengubah wajah Robin Williams nampak seperti wanita dalam Mrs Doubtfire. Tangan dingin Greg Cannom juga pernah menangani banyak artis dalam videoklip Michael Jackson berjudul Thriller.

Selain itu, ia juga adalah orang dibalik kesuksesan karakter Francis Ford Coppola Dracula. Greg sudah masuk dalam enam nominasi untuk kategori make up artis terbaik untuk film A Beautiful Mind dan juga Titanic.

4 dari 11 halaman

3

3. Michele Burke

Make-up artist berbakat ini sukses membuat namanya dikenal saat turut andil dalam film Quest for Fire pada 1981. Saat itu umur Michele Burke masih 20 tahun. Burke juga masuk sebagai nominee dalam kategori best makeup ajang Academy Awards.

Hasil karya riasan wajah Burke juga bisa dilihat dalam film Austin Powers: The Spy Who Shagged Me dan Cage. Ia kabarnya bisa bekerja nonstop meskipun dengan biaya rendah sekalipun, namun tetap berhasil mempersembahkan make-up terbaiknya.

5 dari 11 halaman

4

4. Jack Pierce

Jack Pierce membuat kita bisa melihat banyak monster-monster terkenal di film Hollywood. Hasil kreasi tangannya sukses menjadikan seseorang begitu mirip dengan monster yang ingin ditampilkan dalam film tersebut. Jack beberapa kali menangani project merias wajah sang tokoh untuk film di bawah naungan Universal Pictures. Sebut saja The Wolf Man dan Dracula.

 

 

6 dari 11 halaman

5

5. William Tuttle

William Tuttle pernah ditunjuk sebagai sang penata rias untuk film Hollywood terbaik berjudul The Wizard of Oz. Film yang rilis pada 1939 ini menampilkan banyak karakter di dalamnya dan Tuttle berjasil membuat film ini sukses.

Sayangnya seiring dengan kesuksesan The Wizard of Oz, Tuttle juga mengakhiri kariernya di waktu yang bersamaan. Meski begitu ia tetap selalu diingat sebagai salah satu makeup artis terbaik untuk film-film klasik seperti North by Northwest dan juga Singin' in the Rain.

7 dari 11 halaman

6

6. Rick Baker

Rick Baker bisa dikatakan sebagai pengikut Jack Pierce. Baker menjadi terkenal sebagai make up artis lantaran sukses merias wajah salah satu tokoh di film An American Werewolf in London dan juga The Wolf Man.

Baker juga ikut berkecimpung dalam film How the Grinch Stole Christmas. Berkat tangan dinginnya tersebut, ia sudah 10 kali masuk dalam kategori best make up untuk ajang penghargaan Academy Award. Baker pun berhasil membawa pulang tujuh piala Oscar.

8 dari 11 halaman

7

7. Mandy Hall

Mandy Hall berada di balik karakter-karakter berwajah aneh di film Star Trek karya J.J. Abrams. Kerja kerasnya sebagai make-up artist terbayar sudah di film ini dengan berhasil membawa pulang piala Oscar. Mandy mengawali kariernya sebagai make-up artist di film Hollywood sejak awal 1990-an.

9 dari 11 halaman

8

8. Chris Walas

Jika pernah menonton film The Fly yang menampilkan karakternya begitu seram, orang yang sukses membuat riasan wajah berdarah-darah adalah Chris Wallas. Ia mengkhususkan dirinya sebagai make-up artist film horor Hollywood. Berkat karyanya itu ia berhasil menerima piala Oscar untuk make-up terbaik. Wallas juga pernah menjadi make-up artist untuk film Gremlins dan Indiana Jones and the Raiders of the Lost Ark.

10 dari 11 halaman

9

9. Richard Taylor

Bagi penggemar film trilogi The Lord of the Rings, Anda harus tahu kalau Richard Taylor adalah orang yang bertanggungjawab untuk membuat riasan wajah para tokoh begitu berkesan. Richard Taylor pantas berbangga hati lantaran hasil kreasinya itu membawanya masuk sebagai nominasi Academy Awards dan berhasil pulang membawa piala Oscar.

11 dari 11 halaman

10

10. Stan Winston

Stan Winston telah bekerja sebagai make-up artist di berbagai film fenomenal seperti Edward Scissorhands, Batman Returns, Big Fish, Terminator 2, dan Jurassic Park. Mungkin saja Johnny Depp adalah faktor kunci kesuskesan film-film Tim Burton, tapi tak dipungkiri riasan make-up buah karya Stan Winston juga ikut berperan penting.

 

Bonus: simak video perbincangan dengan beberapa para make up artis karakter film Hollywood:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini