Sukses

Zainal Abidin Domba Sempat Jalani Kemoterapi 17 Kali

Dari 27 kali kemoterapi yang disarankan dokter, Zainal Abidin Domba baru melaksanakan 17 kali kemoterapi.

Liputan6.com, Jakarta Sebelum meninggal dunia, aktor Zainal Abidin Domba sempat melakukan perawatan intensif setahun terakhir. Sejak divonis menderita kanker usus stadium IV, pesinetron Kipas-Kipas Asmara itu diwajibkan untuk melakukan kemoterapi dan sinar.

Dari 27 kali kemoterapi yang disarankan dokter, Zainal Abidin Domba baru melaksanakan 17 kali kemoterapi. Aktor 57 tahun itu sempat menolak dikemoterapi lagi, akibat berat badannya terus menyusut.

"Alhamdulillah operasi sempat berhasil. Lanjut kemoterapi dan sinar. Harusnya 27 kali, kita sudah coba, ayah kayaknya makin drop. Dia hanya kuat 17 kali, karena badan sudah menyusut, kita tarik ke rumah," kata anak kedua Zainal, Fauzan, di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Selasa (27/1/2015).

"Soalnya itu kan menghabiskan darah, badannya jadi kurus makanya dibawa ke rumah. Kalau ngedrop baru ke rumah sakit lagi untuk kembalikan kondisi," lanjutnya.

Selain pengobatan medis, Zainal juga sempat menjajal pengobatan alternatif. Namun, kondisi pemain film Issue itu masih tidak stabil.

"Coba pengobatan alternatif juga, hasilnya yang medis ada baiknya, alternatif juga ada baiknya. Ada plus-minus lah. Kadang kondisinya bagus, tiba-tiba menurun. Belum stabil," ungkap Fauzan.

Selama sakit, Zainal Abidin Domba meminta kepada keluarga untuk tidak mengekspose soal kesehatan. Hal itulah yang membuat kebanyakan rekan Zainal sesama artis tak datang menjenguknya.

"Ayah memang kurang pengin diekspose. Dari awal sakit sudah diingatkan jangan sampai diekspose. Ya, tanpa perlu orang-orang tahu katanya," tutup Fauzan. (Ras/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini