Sukses

PPFI Ingin Film Diurus Kemenpar, Bukan Kemendikbud

Sejak nomenklatur kementerian berubah menjadi Kemenpar, masih menimbulkan kegelisahan bagi pelaku industri film.

Liputan6.com, Jakarta Persatuan Produser Film Indonesia (PPFI) dan Kementerian Pariwisata bersepakat untuk terus menjaga eksistensi film nasional, baik di dalam maupun luar negeri.

Menurut Ketua PPFI, Firman Bintang, sejauh ini promosi film Indonesia di pasar film sejak kementerian budaya dan pariwisata, dan kemudian berubah menjadi kemenparekraf sudah berjalan dengan baik.

Meski saat ini, sejak nomenklatur kementerian berubah menjadi Kemenpar, masih menimbulkan kegelisahan bagi pelaku industri film.

"Karena sampai detik ini belum ada kabar menggembirakan tentang kebijakan pemerintah pada industri film," ucap Firman Bintang melalui keterangan pers yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Selasa (27/1/2015).

Oleh karena itu, lanjut Firman Bintang, pembangunan citra film di dalam negeri dan tingkat global, yang telah dirintis oleh PPFI dan para stake holder lain sejak 10 tahun lalu diharapkan tetap berjalan di kementerian Pariwisata di era Arief Yahya.

"Karena mengurai dan membangun citra perfilman indonesia di dunia internasional bukan pekerjaan mudah," imbuh produser rumah produksi film BIC Pictures itu.

Selain itu PPFI juga mengusulkan agar urusan perfilman tetap berada di bawah kementrian Pariwisata alih-alih di bawah Kemendikbud, "Karena menurut kami, film bisa lebih berkembang di bawah kementerian Pariwisata. Karena selama ini, kementerian pariwisatalah yang selalu mendorong kemajuan industri perfilman nasional secara serius dan konsisten secara terus menerus," papar dia.

Baru-baru ini PPFI juga sudah menanda tangani MoU dengan Pemprov Jabar, untuk melakukan kerjasama mengangkat potensi pariwisata di Jawa Barat via medium film, dengan memaksimalkan lokasi syuting. (Gie/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.