Sukses

Benarkah Film `Hijab` Lecehkan Nilai-Nilai Islam?

Celetukan Hanum Salsabiela Rais tentang film `Hijab` bagaikan bola salju, menggunung. Itu Disesali Zaskia Adya Mecca.

Liputan6.com, Jakarta Semua bermula ketika Hanum Salsabiela Rais memposting tulisan di akun Facebooknya pada 18 Januari 2015 lalu. Di postingan itu, putri Amien Rais ini berbagi pengalaman soal film Hijab yang baru ia tonton dengan sang suami, Rangga Almahendra. Hanum menilai, film yang disutradarai Hanung Bramantyo itu nyeleneh dan mengaburkan nilai-nilai fundamental Islam, terutama arti hijab itu sendiri.

Hanum mengkritisi mengapa film `Hijab` mengangkat keterpaksaan kaum hawa untuk menutup aurat lantaran permintaan suami. Lalu, kebutuhan akan hijab juga dijadikan layaknya tren mode hingga menghilangkan sisi religius.
 
Celetukan Hanum Salsabiela Rais di akun Facebook-nya tersebut bagaikan bola salju, menggunung sampai jadi pembicaraan banyak orang. Tak cuma di Facebook, perdebatan juga muncul di media sosial lainnya macam Twitter. Belakangan, Hanum memilih menghapus postingan itu tanpa menyebut alasannya.
 
Apa daya, tulisan Hanum tadi terlanjur singgah ke telinga Zaskia Adya Mecca. Wanita berkerudung ini bukan cuma istri Hanung Bramantyo, tapi Zaskia pula yang punya ide membuat film `Hijab` itu. Bahkan, Zaskia dan Hanung lah yang menjadi penyokong dana utama film.
 
Lantas, apa kata Zaskia soal tuduhan kalau `Hijab` mengaburkan nilai-nilai agama? 
 
Zaskia menjawab dengan menggelar jumpa media di CityWalk Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (27/1/2015). "Makin ke sini, banyak yang menghakimi kalau film `Hijab` menjelekkan Islam. Itu sangat menyudutkan kami," kata Zaskia Mecca membuka obrolan.
 
Zaskia Mecca kecewa dengan Hanum Salsabiela Rais. Seharusnya, penulis novel 99 Cahaya di Langit Eropa itu lebih peka dan duduk bareng ketika merasa ada yang salah dari film `Hijab`, ketimbang koar-koar di akun Facebook.
 
"Kalau ada yang tidak setuju, sebaiknya diskusi dan duduk bareng. Kami membuka diri kok. Sayangnya ada yang tidak mau diskusi dan justru bilang dan menilai negatif," tandas Zaskia Mecca.
 
Sebagai pembanding, Zaskia dan Hanung sowan ke Din Syamsuddin, tokoh senior PP Muhamaddiyah yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kepada Din, suami istri ini memberi undangan nonton bareng film `Hijab`. Usai nonton, Din memberi penilaian.
 
"Secara keseluruhan, film ini punya pesan dakwah walaupun kemudian bermain pada realitas yang dipotret apa adanya. Kreasi seni itu sangat relatif, selalu ada dimensi positif dan negatif. Jadi tergantung penilainya yang memiliki subjektivitas tertentu," urai Din Syamsuddin.
 
Terlepas dari kontroversi ini, Hijab masih diputar di bioskop. Sejak pemutaran perdana pada 15 Januari lalu, film ini sudah menembus 100ribu penonton. (Jul/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini