Sukses

6 Film Musikal Anak-anak Terbaik

Apa saja judul film musikal terbaik yang melibatkan pemain anak-anak di dalamnya?

Liputan6.com, Jakarta Dilibatkannya anak-anak ke dalam sebuah film, biasanya memberikan bumbu segar tersendiri bagi cerita yang dihadirkan. Malahan, beberapa bintang cilik ditunjuk untuk memerankan tokoh utama anak kecil dalam judul yang mereka mainkan.

Salah satu jenis film yang sangat menarik dalam menghadirkan anak-anak di dalamnya adalah genre musikal. Selain memperlihatkan kualitas musik dan vokal bintang ciliknya, beberapa judul tersebut pun menjadi acuan sekaligus inspirasi bagi anak-anak yang menontonnya.

Dari sekian film drama musikal yang melibatkan anak-anak, terdapat beberapa yang dianggap terbaik dari segi kualitas musik maupun alur cerita. Bintang cilik yang bermain di dalamnya pun mampu menghidupkan film menjadi lebih baik, terutama saat mereka bernyanyi dan melakukan koreografi tarian.

Belakangan, bioskop dunia tengah menayangkan daur ulang film Annie, sebuah remake film drama musikal yang versi aslinya rilis 1982 lalu. Akan tetapi selain Annie, ada juga judul film musikal lain yang lebih baik dengan bintang cilik di dalamnya.

Lantas, apa saja judul film-film musikal terbaik yang melibatkan pemain anak-anak di dalamnya? Berikut kami tampilkan daftar tersebut di halaman selanjutnya.

5 Penampakan 'Tak Sengaja' di Film Hollywood

5 Kesalahan Lucu di Film Hollywood

10 Pernikahan Artis Hollywood Termahal Sepanjang Masa

10 Wajah Culun Artis Hollywood Ini Berubah Drastis Ketika Dewasa

Ini Dia 10 Cewek Metal Terseksi Sedunia

6 Musisi Cantik Ini Sepertinya Suka Sesama Jenis

10 Film Berbiaya Termahal Sepanjang Masa

5 Selebriti Indonesia Ini Mirip dengan Artis Luar Negeri (Part 2)

10 Aktor Ternama Hollywood yang Belum Dapat Piala Oscar

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

The Sound of Music

1. The Sound of Music

Film yang dirilis pada 1965 ini, menghadirkan banyak pemain anak-anak dengan kualitas suara yang luar biasa. Bahkan, banyak lagu di dalam The Sound of Music yang menjadi ikon tersendiri di kalangan pecinta film dan musik. Salah satunya adalah Do-Re-Mi.

Selain bintang-bintang cilik berbakat di kala itu, kesuksesan film berlatar Perang Dunia II ini, tak lepas dari peran aktris utamanya, Julie Andrews. Sutradara Robert Wise juga sempat menjadi acuan bagi sineas lain yang ingin menggarap film musikal.

3 dari 7 halaman

The Wizard of Oz

2. The Wizard of Oz

Tayang pertama kali pada 1939, The Wizard of Oz menjadi film musikal fantasi yang masuk sebagai salah satu judul terbaik sepanjang masa. Banyak hal-hal unik dan lucu yang tak terpikirkan oleh sineas lain, tertuang di dalam film ini.

Bahkan, lagu Over the Rainbow dijadikan sebagai salah satu soundtrack film terbaik sepanjang masa. Mendiang aktris Judy Garland yang kala itu masih berusia 16 tahun, menunjukkan bakat luar biasanya saat bernyanyi untuk film ini.

4 dari 7 halaman

School of Rock

3. School of Rock

Diusung oleh sutradara Richard Linklater, film School of Rock menghadirkan musisi rock jenius Jack Black sebagai tokoh utamanya. Meskipun Jack kala itu sudah berusia dewasa, namun ia mendapat dukungan luar biasa dari bintang-bintang cilik yang tampil bersamanya.

Jika di film-film musikal lain pemain anak-anaknya hanya bernyanyi dan menari, di film yang rilis pada 2003 ini, justru bintang-bintang ciliknya tampil dengan memainkan alat musik modern.

Instrumen drum, keyboard, bas, dan gitar dari masing-masing anak mengiringi suara enerjik Jack Black. Bahkan, lagu-lagu yang mereka mainkan pun merupakan gubahan musisi rock legendaris seperti AC/DC, Led Zeppelin, hingga Black Sabbath.

5 dari 7 halaman

Willy Wonka and the Chocolate Factory

4. Willy Wonka and the Chocolate Factory

Dirilis pada 1971, Willy Wonka and the Chocolate Factory menjadi salah satu film musikal fantasi yang menggunakan efek khusus di beberapa adegan tertentu. Bahkan dunianya pun terlihat unik seperti yang disajikan dalam The Wizard of Oz.

Karakter anak-anak dalam film ini ditampilkan oleh bintang-bintang cilik berbakat yang mampu menyatu di beberapa bagian musikal. Akting mereka pun bisa dibilang sangat luar biasa pada masanya.

6 dari 7 halaman

Mary Poppins

5. Mary Poppins

Dalam Mary Poppins, karakter utamanya memang seorang wanita penyihir yang ingin membantu anak-anak. Akan tetapi, dalam film ini kita bisa melihat anak-anak berbakat yang ikut bernyanyi di beberapa bagian musikal.

Terlepas dari bintang-bintang cilik yang ada, akting Julie Andrews di sini memang telihat sangat kuat dan mudah dikenang oleh para pecinta film di masa itu. Film ini dirilis satu tahun sebelum The Sound of Music, yaitu pada 1964.

7 dari 7 halaman

Petualangan Sherina

6. Petualangan Sherina

Siapapun yang tinggal di Indonesia dan mengalami masa kanak-kanak di awal abad 21, tentunya sangat mengenal sosok Sherina melalui film satu ini. Petualangan Sherina sering disebut sebagai film drama musikal terbaik sepanjang masa di Tanah Air.

Dalam film ini, duet Sherina Munaf dan Derby Romero ditampilkan secara apik di beberapa bagian musikal. Lirik-liriknya yang mudah ditangkap dengan komposisi musik dan notasi yang indah, tentu tidak akan mudah dilupakan bagi siapapun yang mendengarkannya.(Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.