Sukses

Tokoh Nasional dan Sejarawan Dorong Pembuatan Film Bung Hatta

Lewat film, para sejarawan dan tokoh nasional berharap bisa kembali memperkenalkan Muhammad Hatta kepada generasi muda.

Liputan6.com, Jakarta Para sejarawan dan tokoh nasional amat mendukung dibuatnya film biografi tentang sosok proklamator Indonesia, Muhammad Hatta. Dukungan itu diantaranya datang dari‎ Prof.Dr. Emil Salim yang merupakan Menteri Negara Lingkungan Hidup era Orde Baru.

Emil menjadi pembicara dalam‎ 'Return to the Spirit of Bung Hatta The Netherlands Indonesia’s Heritage' di Erasmus Huis Auditorium, Jalan Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. Kata Emil, Bung Hatta memiliki empat nilai semangat.

“Empat spirit dari Bung Hatta yang harus dilestarikan dan masih relevan hingga kini adalah kepemimpinan yang patriot, nasionalis, intelektual dan religius,” ucap Emil.

Tak hanya Emil, turut tampil pula sejarawan Bonnie Triyana. Ia mengharapkan dibuatnya film Bung Hatta bisa kembali memperkenalkan sang pendiri bangsa kepada generasi muda Indonesia.

"Saya pernah melakukan riset sejauh mana anak sekarang mengenal Bung Hatta, dan hasilnya sungguh mengejutkan, mereka tidak tahu banyak tentang Bung Hatta. Bahkan ada yang menyangka Soekarno Hatta adalah satu orang, jelas ini memprihatinkan,” tandas Bonnie.

Film Bung Hatta produksi Dante Sinema tengah digarap dengan arahan Erwin Arnada. Untuk menguatkan cerita, riset juga dilakukan di Belanda, tempat Hatta sempat menghabiskan hari-harinya.(Jul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini