Sukses

Foto Bareng Orangutan Dikecam, Raline Shah Beri Penjelasan

Meski sempat bungkam lantaran mendapat kecaman, kini Raline Shah memberikan tanggapan agar pro dan kontra yang terjadi bisa diluruskan.

Liputan6.com, Jakarta Raline Shah beberapa hari belakangan terlihat begitu asyik mengurusi bayi orangutan yang diberi nama Steve. Aktris cantik ini pun memperlihatkan aktivitasnya mengasuh Steve dengan mengunggah foto di akun Instagram pribadinya. Namun, tak berlangsung lama, Raline justru mendapat kecaman.

Meski sempat bungkam, Raline Shah akhirnya memberikan penjelasan atas pro dan kontra foto-fotonya bersama bayi orangutan tersebut. Lewat akun Instagram, Senin (2/2/2/105), Raline menceritakan kalau ia hanya berusaha merawat Steve yang hidup tanpa orangtuanya di hutan.

Wanita berusia 29 tahun tersebut membagi kisahnya tentang bayi orangutan itu. Raline Shah mengatakan selama tiga tahun orang-orang di sekitar hutan Sumatera Utara juga memperlakukan Steve layaknya bayi manusia dengan memakaikan popok. Semua hal dilakukan hanya untuk membuat Steve bahagia.

"Selamat pagi semuanya! Bayi orangutan kecil ini berasal dari hutan Sumatera Utara, dia yatim. Umurnya tiga tahun, kedua orangtuanya dibunuh karena masuk kebun kelapa sawit dan makan buahnya. Pasangan yang punya warung dekat hutan memperlakukannya seperti manusia, mereka tidak tahu bagaimana cara lain untuk merawatnya," ujar Raline Shah.

"Mereka juga tidak mengerti bagaimana caranya merawat hewan jinak seperti Steve sehingga mereka memperlakukannya dengan buruk. Seseorang melihat tindak kejahatan itu, hingga akhirnya membawa Steve keluar dari warung itu ke tempat yang aman di Kebun Binatang Siantar, milik ayahku dan dikelola olehnya," lanjutnya.

Raline juga menambahkan bayi orangutan itu sangat akrab dengan manusia serta belum bisa beradaptasi dengan orangutan liar lainnya. Pemeran Riana dalam film 5 cm tersebut menuturkan Steve mengalami trauma dan itu membuatnya sangat sedih. Raline hanya ingin membantu Steve agar bisa mencari keluarga baru.

"Kami di Kebun Binatang Siatar punya dokter hewan dan pengasuh yang selalu memantau perkembangannya hingga dia bisa kembali bergabung dengan sesamanya di hutan. Dan mulai melepas popok (serta pakaian!). Kami akan melepasnya ke alam bebas, tetapi semua itu perlu waktu," tutur Raline.

Raline menegaskan sama sekali tak punya niat untuk menjadikan bayi orangutan itu sebagai hewan peliharaannya. Ia mengaku sangat menyayangi serta menikmati waktu selama beberapa hari terakhir ini. Raline pun telah melepas Steve untuk kembali ke habitat aslinya.

Bintang 99 Cahaya di Langit Eropa itu mengucapkan selamat tinggal kepada Steve. Sebelum berpisah, Raline mohon izin agar dibiarkan untuk selfie bersama bayi orangutan tersebut. 

(Fir/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.