Sukses

6 Khayalan Dragon Ball yang Dibutuhkan Manusia

Apa saja enam khayalan serta fantasi Dragon Ball yang kita butuhkan di dunia nyata? Simak daftar lengkapnya.

Liputan6.com, Tokyo Dragon Ball ciptaan Akira Toriyama telah menjadi salah satu judul paling berpengaruh bagi para pencinta manga dan anime. Karya ini juga mempengaruhi mangaka lain. Sebut saja One Piece karangan Eiichiro Oda yang telah jadi judul yang legendaris.

Salah satu faktor yang membuat Dragon Ball laris di pasaran adalah imajinasi atau khayalan Toriyama yang menghadirkan kemampuan khusus maupun alat-alat canggih yang beberapa di antaranya belum terpikirkan oleh judul-judul lain kala itu.

Beberapa kemampuan dan alat yang ada di dalam kisah Dragon Ball pun terkadang membuat kita berkhayal andaikan semuanya bisa hadir di kehidupan nyata ini. Sayangnya, hingga kini masih banyak fantasi-fantasi yang mampu diwujudkan dari cerita tersebut.

Padahal, kita sebagai manusia sangat membutuhkannya. Lantas, apa saja khayalan serta fantasi Dragon Ball yang dibutuhkan oleh manusia di dunia nyata? Simak daftar lengkapnya di halaman berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Terbang

1. Ilmu Terbang di Udara

Sejak lama, manusia memang sudah mengkhayal agar bisa terbang melawan gravitasi bumi. Sehingga, kita bisa bebas bepergian ke mana sambil melewati jalanan berliku sabil berlari atau memijak dataran yang menghabiskan waktu.

Di kisah Dragon Ball, ilmu atau teknik terbang di udara, menjadi hal yang umum bagi para pendekar tingkat tinggi. Para petarung tangguh memanipulasi energi ki mereka hingga bisa melayang dan terbang di udara. Awalnya, karakter Puar, Tien Shinhan, dan Chiaotzu memilikinya. Namun akhirnya Son Goku dan kawan-kawan pun menguasainya.

Karakter bernama Master Shen atau Tsuru Sen'nin diceritakan menjadi sosok yang pertama kali mengajarkan teknik satu ini di atas bumi melalui Perguruan Bangau asuhannya.

3 dari 8 halaman

Ruang Waktu dan Jiwa

2. Ruang Waktu dan Jiwa (Hyperbolic Time Chamber)

Ruang Waktu dan Jiwa atau Hyperbolic Time Chamber (Seishin to Toki no Heya atau The Room of Spirit and Time) adalah sebuah tempat latihan khusus yang berlokasi di Pulau Dewa. Satu tahun di sana sama dengan satu hari di Bumi. Yang artinya, enam jam di sana sama seperti satu menit di sini (dasarnya satu detik di sini sama seperti enam menit di sana).

Sekali melangkah di atas ambang pintu area latihan, kita langsung bisa merasakan sepuluh kali gravitasi bumi  dengan udara yang semakin padat, dan suhu yang berfluktuasi. Di dalam area pelatihan, semuanya terasa semakin berat.

Melihat betapa menggiurkannya benda ini untuk memanfaatkan waktu kita dalam hal pekerjaan maupun belajar, benda ini sangat layak untuk direalisasikan jika manusia mampu membuatnya.

Kita juga bisa memanfaatkan alat ini untuk menonton film, mendengarkan musik, membaca buku, atau mengerjakan hal-hal menyenangkan lainnya tanpa terpengaruh waktu di Bumi. Tentunya, tanpa adanya gravitasi dan tekanan udara tambahan.

4 dari 8 halaman

Kapsul Barang

3. Kapsul Barang (Hoi-Poi Capsules)

Alat ciptaan Capsule Corporation ini menjadi salah satu benda ajaib yang pertama kali diperlihatkan dalam kisah Dragon Ball. Hoi-Poi Capsules atau yang kerap disebut DynoCaps, adalah alat ciptaan Dr. Brief, ayah dari karakter Bulma.

Tujuan dibuatnya kapsul ajaib ini adalah untuk membuat benda-benda sebesar apapun jadi seukuran kapsul hingga mudah dibawa ke mana-mana. Kita tidak perlu repot membawa barang-barang saat bepergian.

Salah satu alasan dibutuhkannya alat ini adalah diperlihatkannya adegan ketika Bulma membawa kapsul berisi kendaraan hingga sebuah rumah. Tentu sangat membantu umat manusia jika benda ini ditemukan.

5 dari 8 halaman

Kacang Ajaib

4. Kacang Ajaib (Senzu Beans)

Kacang Ajaib atau Senzu Beans adalah makanan mistis yang memiliki khasiat untuk memulihkan tubuh secara luar biasa. Bayangkan, sekali kita memakannya, maka tubuh kita yang kelelahan atau terluka menjadi bugar kembali.

Bahkan, kacang ini mampu membuat siapapun yang telah memakannya sama seperti kekenyangan selama sepuluh hari ke depan. Tentu sangat berguna bagi kita saat hendak bepergian ke tempat terpencil. Tapi awas, makan terlalu banyak bisa berbahaya bagi tubuh, karena perut akan mengembung dengan sangat cepat.

6 dari 8 halaman

Pulau Dewa

5. Pulau Dewa

Pulau Dewa atau Kami's Lookout (secara harafiah Tempat Observasi Dewa), adalah sebuah tempat kuno di atas langit yang mengorbit bumi layaknya sebuah geostasioner. Lokasinya tepat berada di atas Menara Korin.

Pulau mengapung ini juga tersambung dengan Menara Korin yang dihubungkan oleh tongkat ajaib milik Son Goku. Peristiwa yang terjadi di Bumi dapat diamati dari Pulau Dewa dan sang Dewa (Kami) yang menghuni tempat ini dapat merasakan pertempuran di alam semesta. Belakangan, siapapun yang menguasai tempat ini juga mampu menguasai hal yang sama.

Tempat ini tentu bisa menjadi impian manusia sebagai tahap awal pengembangan koloni luar angkasa. Bahkan di salah satu cerita, Pulau Dewa menjadi tempat pengungsian dan persembunyian bagi para tokoh utama dari musuh-musuh kuat yang membuat bumi dilanda kekacauan.

7 dari 8 halaman

Dragon Ball

6. Dragon Ball

Pertama kali diperkenalkan, Dragon Ball disebut sebagai tujuh buah bola ajaib yang mampu mengabulkan satu permohonan apapun bagi siapa saja yang mengumpulkannya secara lengkap.

Awalnya, Dragon Ball mengabulkan permohonan karakter bernama Oolong yang meminta celana dalam demi mencegah karakter antagonis yang meminta untuk menguasai dunia. Permohonan terkabul setelah sang naga raksasa yang menghuni Dragon Ball muncul dan berkomunikasi dengan orang yang memanggilnya.

Seiring berkembangnya cerita, kita melihat Dragon Ball juga bisa digunakan untuk menghidupkan kembali orang-orang yang sudah meninggal serta mampu membuat siapapun yang sudah tua kembali menjadi muda.

Uniknya, Dragon Ball juga ada di Planet Namek, tempat asal sang Dewa serta karakter bernama Piccolo. Dragon Ball versi Namek lebih besar dan sanggup mengabulkan tiga permohonan sekaligus. Tentu kalau alat ini ada di dunia nyata, kita bisa memenuhi impian yang selama ini terpendam. Tentunya di luar hal-hal yang negatif.

8 dari 8 halaman

Bonus

7. Bonus

Selain keenam hal tersebut, kita juga membutuhkan beberapa tempat lain untuk menghilangkan penat. Sebut saja Kame House milik Master Roshi yang bertempat di sebuah pulau terpencil serta Planet Kaioo yang bertempat di dunia lain.

Tak hanya itu, kita juga butuh benda-benda seperti Awan Kintoun untuk berkendara secara cepat sambil mengukur kadar kesucian seseorang. Bahkan, Mesin Waktu yang dikendarai karakter bernama Trunks pun menjadi impian klasik setiap manusia sejak lama. (Rul/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini