Sukses

Cita Citata Dilaporkan Mahasiswa Papua ke Polda Jabar

Mahasiswa Papua di Jawa Barat merasa telah terhina dengan ucapan Cita Citata.

Liputan6.com, Jakarta Meski telah meminta maaf dan sempat terjadi perdamaian dengan salah satu kepala suku Papua, kasus Cita Citata menghina orang Papua belum berakhir.

Kini giliran mahasiwa Papua yang berdomisili di Jawa Barat, melaporkan Cita Citata ke Polda Jabar. Perwakilan mahasiswa Papua di Jabar, Lete Lesta Tabuni mengatakan pelaporan sendiri karena Cita Citata menjelekan nama baik dan martabat warga Papua

"Dia sudah menjelek-jelekan nama baik kami (warga Papua). Kami sebagai warga Papua tidak terima karena sudah menjatuhkan martabat kami sebagai warga Papua dengan kata-kata yang seharusnya tidak diucapkan," kata Lete saat ditemui di Mapolda Jabar, Senin (23/2/2015).

"Dia menyatakan, 'saya cantik tidak kaya Papua', itu sudah menghina ras kami," tambahnya.



Lete menambahkan, dirinya mewakili 500 mahasiswa Papua yang berada di Jawa Barat akan terus memproses kasus ini. "Ini proses melalui hukum jadi melalui jalur hukum kami akan memproses perkara ini," ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus Cita Citata menghina warga Papua bermula ketika Cita diwawancarai oleh sebuah tayangan infotainmen. Dalam tayangan tersebut, Cita mengenakan pakaian Papua sambil berucap, "Cantik sih memang cantik, tapi saya harus dirias dulu biar cantik, nggak seperti Papua." Ucapan Cita tersebut dianggap telah menghina warga Papua.

Namun Cita lansung meminta maaf melalui akun Instagramnya. Selain itu, pelantun Goyang Dumang itu juga sempat mendatangi gedung DPR/MPR untuk meminta maaf kepada perwakilan warga Papua.

Namun masalah tersebut ternyata belum selesai. Lien Maloali, Sekretaris Eksekutif Foker LSM Papua melaporkan Cita ke Lembaga Bantuan Hukum. Dan yang terbau, mahasiswa Papua yang berdomisili di Jawa Barat melaporkan Cita ke Polda Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.