Sukses

Daftar 6 Artis yang Pernah Jadi Guru

Rata-rata profesi guru ini dijalani sebelum mereka menjadi seorang artis.

Liputan6.com, Jakarta Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Bagaimana jika profesi guru dijalani oleh beberapa artis tanah air? Jangan salah, ternyata ada beberapa artis kita yang sempat atau bahkan menjalani profesi menjadi guru. Siapa sajakah mereka? Berikut daftarnya.

Baca juga:

Demi Kurus & Cantik, 6 Artis Ini Tak Makan Nasi Putih

5 Artis Cantik Ini Dianggap Melecehkan

6 Chef Cantik nan Seksi, Siapa yang Paling Hot?

5 Artis Cantik Bergaya Selfie Konyol, Mana Favoritmu?

Cerita Artis-artis Cantik yang Dinikahi Polisi

Artis-artis Cantik Ini Anti Rayakan Valentine

Cerita Artis Cantik yang Disukai Sesama Jenis

Cerita 6 Artis Ungkap Rahasia Payudara Indahnya



* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Happy Salma

1. Happy Salma

Siapa sangka sebelum menjadi seorang artis terkenal, Hapy Salma pernah menjadi seorang guru. Happy ternyata sempat menjajal karier sebagai Guru TK. Namun, profesi itu akhirnya ia tinggalkan dan memilih untuk berkarier di dunia seni peran.

"Iya, tapi saya akhirnya memilih meninggalkan dunia pendidikan dan memilih di dunia entertainmen. Memilihnya pasti bingung karena waktu itu kan berpikirnya karena ada jenjang kariernya," ujar Happy.

Dengan keputusan yang dipertimbangkan secara matang, Happy akhirnya memilih  menjadi artis. Keputusan Happy sepertinya tidak salah. Kariernya terus menanjak saat ia memutuskan untuk serius di dunia akting.

3 dari 7 halaman

2. Anji

2. Anji

Mantan vokalis Drive, Anji  mulanya bercita-cita sebagai diplomat. Demi mewujudkan mimpinya tersebut, ia mengambil jurusan Sastra China di salah satu universitas negeri. Tak lama kemudian, pria kelahiran 5 Oktober 1979 ini, mulai merintis karier sebagai Guru Bahasa China.

"Saya dulu kuliah Sastra China di UI. Cita-cita saya ingin menjadi diplomat, karena itu saya merintis menjadi guru Bahasa China di beberapa sekolah tinggi. Tapi saya akhirnya memilih musik untuk masa depan saya," ujar Anji

Hasratnya dalam bermusik membuat pemilik nama lengkap Erdian Aji Prihartanto tersebut memang meninggalkan profesi itu. Ia pun mantap berkarier sebagai seorang musisi dan bahkan kini terjun menjadi produser musik. Dan betul saja kini Anji sukses menjalani karirnya.

4 dari 7 halaman

3. Cinta Laura

3. Cinta Laura

Sejak lama artis Cinta Laura memang peduli dengan dunia pendidikan.  Sejak berumur 9 tahun Cinta memang sudah menunjukkan sikap kepeduliaannya itu. Kala itu Cinta membantu mengajarkan bahasa Inggris kepada anak asuh yayasan Kakeknya, Soekaseno.

"Pas aku masih umur 9 tahun, waktu itu aku cuma bisa bantu mengajar bahasa Inggris," kata Cinta belum lama ini.

Ketertarikan Cinta pada pendidikan karena ia ingin ikut memajukan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan begitu, ia yakin ke depannya Indonesia akan lebih maju lagi.

"Aku ingin semua masyarakat Indonesia itu berpendidikan. Itu motivasi aku. Karena itu jadi kunci supaya Indonesia bisa lebih bagus lagi," pungkasnya.

5 dari 7 halaman

4. Susan Bachtiar

4. Susan Bachtiar

Susan Bachtiar tercatat sebagai salah satu pengajar di taman kanak-kanak St Theresia, Menteng, Jakarta Pusat. Wanita berusia 41 tahun itu mendapat kesempatan untuk mengajar anak-anak berbahasa Inggris.

"Iya, sekarang aku ngajar bahasa Inggris untuk anak-anak TK. Senang ya, karena setiap hari bertemu sama anak-anak kecil," kata Susan saat ditemui belum lama ini.

Susan memang sudah lama bergelut di dunia pendidikan untuk mengajar Bahasa Inggris. Namun baru beberapa tahun terakhir, Susan memutuskan untuk mengajar di TK. "Baru enam sampai tujuh tahun terakhir ya aku ngajar di TK, sebelumnya pernah mengajar juga untuk mata pelajaran yang sama, yaitu Bahasa Inggris," kata bintang film Cinta Dari Wamena ini.

6 dari 7 halaman

5. Dessy Ratnasari

5. Dessy Ratnasari

Dessy Ratnasari kini sudah jarang tampil di hingar-bingar dunia hiburan. Selain karena sibuk di dunia politik dengan partai dan pencalonannya sebagai anggora DPR-RI 2014-2019, wanita berusia 40 tahun itu juga kini memiliki pekerjaan lain.

Sudah 2 tahun terakhir Desy menjadi dosen ilmu psikologi.
"Kebetulan saya mengajar psikologi di Universitas Atmajaya. Sudah 2 tahun," ungkap Desy.

Bagi janda satu anak itu, bekerja sebagai tenaga pengajar di perguruan tinggi memiliki kesenangan sendiri.
Desy yang mengaku senang berbagi itu pun bangga jika ilmu yang dimiliki bisa bermanfaat bagi orang lain.

"Memanfaatkan ilmu yang kita punya. Kita merasa lebih inilah ya buat orang. Terpenting senang bisa berbagi sesuatu yang kita miliki itu lebih baik sehingga kita bisa jauh lebih bermanfaat untuk orang lain," tandasnya.

7 dari 7 halaman

6. Lukman Sardi

6. Lukman Sardi

Sebelum menjadi aktor kawakan di dunia perfilman Indonesia, Lukman Sardi ternyata pernah bekerja sebagai guru playgrup. Pekerjaan itu ia lakukan pada tahun 2000-an. Lukman mengaku sangat menyukai anak kecil, ia bahkan banyak belajar dari mereka.

Baginya, anak kecil mempunyai imajinasi yang sangat liar namun tetap segar tanpa kontaminasi orang dewasa. Oleh karena itu, ketika lelah usai syuting, obat paling mujarab bagi Lukman adalah bertemu dengan anak-anaknya.

"Mereka fresh. Nggak ada beban. Kalau capek energinya balik, suntuk ilang. Paling cepet balikinnya lagi itu ya ketemu anak-anak, jadi berasa dapat anugerah," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.