Sukses

6 Anime Terlupakan yang Pernah Mewarnai TV Indonesia

Anime apa saja yang pernah tayang di Indonesia namun mulai terlupakan di negara asalnya?

Liputan6.com, Tokyo Anime menjadi hiburan paling menarik dari Jepang sebagai alternatif film, serial televisi, dan komik. Tak dipungkiri, Indonesia sempat tertular wabah ini dan sempat marak di pertengahan 1990-an hingga pertengahan 2000-an.

Akan tetapi, tidak semua anime yang masuk ke Indonesia berasal dari judul yang populer di negara asalnya, Jepang. Beberapa judul yang telah tayang, bahkan hingga kini tidak dikembangkan lagi oleh sineas anime asli bahkan pengarangnya sekalipun.

Padahal, beberapa judul itu sempat menjadi penghias layar kaca paling seru. Sayang memang anime-anime tersebut tidak dilanjutkan, tidak dibuatkan film, tidak dijadikan adaptasi, dan tidak dibuat ulang.

Meskipun begitu, tak dapat dipungkiri banyak anime populer yang masuk ke Indonesia dan masih dikembangkan di negara asalnya. Sebut saja Dragon Ball, Saint Seiya, Sailor Moon, hingga, Doraemon.

Namun, patut kita ketahui anime apa saja yang pernah tayang di Indonesia namun mulai terlupakan di negara asalnya. Berikut judul-judul yang mungkin bisa membangkitkan memori kita di masa kanak-kanak.

Baca juga:

6 Karakter Gay Paling Menarik di Dunia Anime

6 Jurus Pamungkas Anime Paling Dikenang

6 Anime Seru yang Jagoannya Cewek

6 Khayalan Dragon Ball yang Dibutuhkan Manusia

6 Anime Berisi Wanita Seksi Pembangkit Fantasi Pria

10 Karakter Wanita Paling Seksi di Dunia Anime

10 Karakter Banci Paling Keren di Anime

4 Hukuman Mati Mencekam di dalam Anime

6 Anime Ini Hadirkan Polisi Paling Korup

10 Anak Berkekuatan Super di Dunia Anime

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Shulato (Tenku Senki Shurato)

Shulato

Kita mengingat anime Shulato dari mantra sang tokoh utama yang mengkaitkan jari-jarinya di sebuah tongkat kecil. Desain kostum yang dijadikan sebagai pemanis adegan pertempuran pun tampak keren di mata kita kala itu.

Shulato atau Tenku Senki Shurato aslinya merupakan manga karya Hiroshi Kawamoto yang terbit sejak 1987 dan hanya terdiri dari enam volume. Versi animeya tayang di TV Tokyo sejak 6 April 1989 hingga 18 Januari 1990 dengan jumlah 38 episode.

Setelah dibuatkan versi OVA atau video rumahan original, berjudul Shurato: Dark Genesis pada 1991 hingga 1992 sebanyak enam episode, anime ini tidak dilanjutkan lagi.

Di Indonesia, anime ini sempat tayang di Indosiar. Bagi yang lupa, ini mantra Shulato saat berubah, "On shura soaka abironken soaka shula mahaken!"

3 dari 7 halaman

Time Quest (Time Travel Tondekeman)

Time Quest

Anime berjudul asli Time Travel Tondekeman ini berkisah mengenai dua orang sahabat yang kembali ke masa lalu dan keliling dunia setelah bertemu dengan teko ajaib bernama Tondekeman yang bisa bicara dan membuat lubang dimensi waktu.

Hampir semua karakter dalam anime ini mampu mengocok perut kita dengan nama yang mudah diingat. Tentu kita tidak lupa dengan Hayato Shindou si jago sepakbola dan Yumi Arama yang ambisius di bidang musik. Selain itu, ada juga dua karakter asal Baghdad yang lucu, yaitu Pangeran Dandarn yang narsis serta Putri Shalala yang polos.

Time Quest aslinya tayang di Fuji TV dan saat tiba di Tanah Air, Indosiar menayangkannya di siang hari. Sayang memang, setelah 39 episode berlalu, pihak Ashi dan Tatsunoko tak berniat melanjutkan kisahnya.

Satu hal yang mungkin kita ingat di anime ini adalah kalimat terjemahan dari Tondekeman saat hendak emmbuat lubang waktu, "Bip bidip bidip terbang, terbang, bidip bidip terbang, teko ajaib!"

4 dari 7 halaman

Ronin Warriors (Yoroiden Samurai Troopers)

Ronin Warriors

Tayang pertama kali di Jepang sejak 30 April 1988 hingga 4 Maret 1989 sebanyak 39 episode, anime berjudul asli Yoroiden Samurai Troopers ini menyajikan beberapa hal yang mirip dengan superhero Jepang berjenis Super Sentai.

Terdapat lima orang pendekar dalam anime Ronin Warriors yang mengenakan kostum zirah berbeda warna dan memiliki kekuatan alam berbeda-beda. Anime besutan Sunrise ini juga memiliki manga sebanyak 2 volume.

Setelah kisah lanjutan serial televisi dirilis dalam tiga judul OVA sejak 1989 hingga 1991 serta satu volume manga pada 1992, Ronin Warriors tidak lagi memiliki lanjutan. Di Tanah Air anime ini juga tayang di Indosiar.

5 dari 7 halaman

Mojacko

Mojacko

Bagi para penggemar Doraemon dan Pokemon, tentunya sosok Mojacko tidak mudah dilupakan oleh kita semua. Sejak penayangannya di Indonesia, anak-anak di era 1990-an selalu mengingat aksi alien ajaib nan lucu ini bersama seorang anak manusia biasa.

Mojacko merupakan buah karangan Fujiko F. Fujio yang pertama kali muncul di manga pada tahun 1969 hingga 1970. Pada tahun 1995, manga ini kembali diterbitkan hingga 1997 dalam dua versi yang berbeda.

Anime yang sempat tayang di salah satu stasiun TV Indonesia ini, pertama kali mengudara di Jepang sejak 3 Oktober 1995 hingga 31 Maret 1997 sebanyak 74 episode. Setelah itu, tak ada lagi pengembangannya.

6 dari 7 halaman

Born to Cook (Mister Ajikko)

Born to Cook

Judul Mister Ajikko memang cukup asing di telinga kita, akan tetapi saat kita mendengar Born to Cook, tentunya yang ada di dalam kepala adalah sosok Youichi Ajiyoshi, anak laki-laki muda yang memiliki bakat memasak luar biasa.

Born to Cook juga sempat ditayangkan di Indosiar setiap Minggu pagi. Dalam terjemahannya, sang tokoh utama memiliki nama gelar 'Yoichi si Citarasa'. Banyak adegan seru yang melibatkan ekspresi berlebihan pada karakternya setiap kali mencicipi makanan yang telah dimasak.

Anime yang memiliki tema persaingan di dunia kuliner ini, berasal dari manga Mister Ajikko karangan Daisuke Terasawa yang terbit pertama kali pada 1986 sebanyak 19 volume. Lanjutannya, Mister Ajikko II terbit sejak 2003 sebanyak 13 volume. Versi anime memiliki 99 episode yang mengudara sejak 1987 hingga 1989 dan tak ada lanjutannya.

7 dari 7 halaman

Kickers (Ganbare, Kickers!)

Kickers

Sekilas, anime berjudul asli Ganbare, Kickers! ini mirip dengan Captain Tsubasa yang juga mengusung tema olahraga sepakbola anak-anak SD. Sempat tayang sore hari di Indosiar, anime ini bercerita tentang tim sepak bola SD Kitahara yang pemainnya hanya memiliki 11 orang.

Setelah Kakeru Daichi datang, perubahan di tubuh Kitahara pun sedikit demi sedikit mulai membaik. Mereka bersaing ketat dengan SD Nanyo yang memiliki kiper handal bernama Uesugi dan selalu berusaha supaya lebih baik dari tim manapun.

Jurus-jurus fiksi dari kaki anak-anak SD yang keluar di setiap episode dan pertandingan, barangkali sempat menginspirasi kita untuk bisa menjadi ahli dalam bermain sepakbola.

Manga asli Kickers terbit sejak 1985 hingga 1989 sebanyak 20 volume. Untuk versi anime, Kickers menayangkan 26 episode sejak 1986 hingga 1987 dan setelah itu tak diipoles sama sekali oleh Studio Pierrot. (Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini