Sukses

Judika Bangga Dapat Gelar Bangsawan Jawa

Judika, dianugerahi gelar keraton dengan nama KRH Kencananingrat.

Liputan6.com, Jakarta Judika tak menyangka kalau penampilannya di atas panggung yang kerap membawakan lagu-lagu tradisional diperhatikan oleh Keraton Surakarta.

Penyanyi berdarah Batak itu pun dinilai memiliki peran besar dalam melestarikan budaya Nusantara melalui aktivitasnya bermusik dan dianugerahi gelar bangsawan. Oleh Keraton Surakarta, pelantun Aku Yang Tersakiti ini dianugerahi gelar keraton dengan nama KRH Kencananingrat.

"Ini gelar yang sangat membanggakan. Aku tanya kenapa bisa dapat, karena ini wujud apresiasi anak bangsa yang tidak meninggalkan budaya Indonesia," kata Judika, saat ditemui di Kartika Chandra, Jakarta Selatan, Kamis (26/2/2015).

Judika menyadari kalau gelar bangsawan yang diterimanya punya tanggung jawab sosial yang tinggi. Termasuk salah satunya tetap menjaga dan melestarikan budaya nasional saat berkarya di panggung musik.

"Itu dia, dilihat dari prosesinya saja memperlihatkan budaya yang Indonesia sekali yang penuh sopan santun. Buat aku bebannya satu itu, ke depannya harus jaga sikap. Jangan sampai membuat mereka malu nantinya (dengan gelar yang diterima)," tutup Judika.(Gie/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini