Sukses

EKSKLUSIF Neill Blomkamp Tentang Ide Awal Chappie

Neill Blomkamp mengatakan mendapat ide film Chappie pada suatu saat di tengah malam.

Liputan6.com, Singapura Neill Blomkamp adalah sutradara yang kariernya tengah bersinar di Hollywood. Baru membuat tiga film panjang--termasuk yang teranyar Chappie--Neill telah bekerjasama dengan nama-nama besar seperti Matt Damon, Jodie Foster, Hugh Jackman, dan Sigourney Weaver.

Chappie, yang saat ini sedang diputar di bioskop, berkisah tentang polisi robot yang diprogram ulang oleh penemunya (diperankan Dev Patel) hingga membuatnya memiliki kesadaran, bisa berpikir, dan membedakan baik dan buruk seperti manusia.

Namun, benarkah ide awalnya seperti itu? Liputan6.com bersama beberapa wartawan lain dari Singapura,dan Malaysia mendapat kesempatan istimewa bertanya langsung perihal itu pada Neil Blomkamp di Singapura via Skype belum lama ini.

Neill Blomkamp saat wawancara khusus dengan wartawan di Singapura. (dok. Sony Pictures)

"Saya sebetulnya tak tahu apa yang menginspirasi saya membuat Chappie," ujar sutradara District 9 dan Elysium itu, "Saya hanya punya ide cerita aneh tentang rapper Afrika Selatan yang membesarkan sebuah robot, tepatnya robot anak-anak, dari bayi."

Neill Blomkamp mengatakan mendapat ide itu pada suatu saat di tengah malam. "Saya pikir idenya keren dan lalu saya buat skenarionya," katanya.

Yang diajak main Neill Blomkamp kemudian adalah rapper asli dari kampung halamannya, duo nyentrik Ninja dan Yolandi dari grup Die Antwoord (yang di film dibolehkan memakai nama panggung mereka).

Namun, tidakkah berisiko memakai musisi tak dikenal di Amerika dan tak punya pengalaman akting di Hollywood?

Ninja dan Yolandi di Chappie.

"Buat saya tak berisiko. Saya yakin pada dua hal (tentang Ninja dan Yolandi). Pertama, mereka punya daya tarik seperti magnet. Saat orang nonton, orang takkan berhenti melihat mereka, karena mereka begitu unik," urai Neill yang akan menggarap film Alien kelima ini.

Neill melanjutkan, "Saya juga tahu, bakal ada pertentangan dari studio untuk mereka bisa main film. Karena mereka tak biasa, aneh, dan lainnya. Tapi saya bangga atas pilihan itu. Saya tak bisa membayangkan orang lain berperan sebagai mereka."

Ya, aksi unik Ninja dan Yolandi bisa disaksikan di bioskop saat ini di Chappie. (Ade/Rul)

Baca juga:

RESENSI Chappie

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.