Sukses

Love & Faith, Kisah Kegigihan Tokoh Perbankan

Karmaka Surjaudaja, merupakan tokoh perbankan yang terkenal gigih perjuangan usaha keluarga dan cinta.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin banyak yang tidak mengenal siapa sosok Kwee Tjie Hoei. Namun bagi sebagaian orang Bandung, Jawa Barat, nama Kwee Tjie Hoei atau yang akrab disapa Karmaka Surjaudaja sudah tidak asing lagi di telinga mereka.

Bahkan di tangannya, bank tersebut mampu melewati masa sulit di tahun 1960-an ketika pada masa itu terjadi krisis sehingga pemerintah mengambil kebijakan sanering. Kebijakan itu membuat mata uang rupiah dipotong dari Rp 1.000,- menjadi Rp 1,- saja.

Karmaka dipercaya menjadi direktur Operasional Bank pada tahun 1963 dan mampu membangkitkan keterpurukan pada saat krisis ekonomi tersebut. Namun konsekuensi tidak dapat terhindarkan, beberapa cabang harus ditutup akibat krisis tersebut.

Pada tahun 1990, Karmaka menjadi Presiden Direktur dari bank yang didirikan oleh mertuanya tersebut. Dan pada era itu, Karmaka memulai ekspansi bank dengan membuka 22 cabang baru di seluruh Indonesia.

Peliknya kisah hidup Karmaka dan dedikasinya terhadap usaha dan cinta, membuat mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan, tersentuh hatinya membuat novel tentang pria kelahiran Hokja, Provinsi Fujian, Tiongkok, 1934 silam dengan judul 'Tidak Ada yang Tidak Bisa'.

 

Kisah singkat Love & Faith >> Klik 'Selanjutnya'

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dan kini, novel tersebut telah difilmkan dengan Rio Dewanto sebagai pemeran dari Karmaka, berjudul Love & Faith. Dalam film tersebut, Rio Dewanto menikah dengan seorang gadis cantik bernama Lim Kwee Ing yang diperankan oleh Laura Basuki.

Dalam film itu, Ing yang merupakan guru dari Hoei akhirnya dipersunting oleh Hoei. Hoei pun mendapat amanat dari sang mertua agar menyelamatkan bank yang dimiliki oleh orangtua Ing tersebut.

Bank tersebut tengah bermasalah karena adanya "permainan" orang dalam yang membuat kekayaan bank semakin digerogoti. Hoei pun akhirnya berhadapan dengan pejabat senior bank tersebut, dan ketegangan pun tidak terelakan.

Konflik yang terjadi antara Hoei dengan pejabat senior bank tersebut diolah secara apik. Pergolakan emosi serta menonjolnya peran Ing sebagai istri, sangat kental dalam menguatkan sang suami.

Proses syuting film Love & Faith dimulai sejak 21 Juni tahun lalu. Film berdurasi 98 menit ini merupakan garapan tangan dingin Benny Setiawan, yang pernah menyabet Piala Citra sebagai sutradara terbaik FFI 2010 dan AFI 2014 lalu.

Selain diperankan oleh Rio Dewanto dan Laura Basuki, tidak ketinggalan aktor aktris papan atas lainnya menghiasi film ini seperti Ferry Salim, Dion Wiyoko, Iszur Muchtar, dan masih banyak yang lainnya. Bagaimana kisah cinta dan usaha seorang Karmaka dalam wujud Rio Dewanto? Saksikan di bioskop kesayangan anda!

">

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.