Sukses

6 Artis yang Dicalonkan Jadi Bupati Hingga Gubernur

Artis-artis Ini Dicalonkan jadi Walikota atau Bupati

Liputan6.com, Jakarta Seorang artis tentunya memiliki nama besar. Maklum, wajah dan tampang mereka sudah wara-wiri di televisi dan layar lebar. Tak salah jika akhirnya para selebritis akhirnya tergoda untuk terjun ke panggung politik dengan menjadi calon pemimpin sebuah daerah.

Beberapa nama di bawah ini pernah mencalonkan diri menjadi calon Bupati dan Walikota. Namun ada juga yang baru memulai jalan panjang ini. Siapa sajakah mereka?

Baca juga:

5 Selebritis Ini Ingin dan Pilih Keluar dari Indonesia

5 Bayi Artis Indonesia Ini Punya

5 Selebriti Ini Sempat Diberitakan Terlilit Utang

10 Artis Paling Seksi yang Tak Lekang Waktu

Video Buka Baju Artis-artis Cantik Ini Sempat Menghebohkan


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Julia Perez


1. Julia Perez
 
Nama Julia Perez sempat disebut-sebut akan mencalonkan diri menjadi Bupati Pacitan. Dirinya pun sempat bangga akan pencalonan menjadi orang nomer satu di Pacitan.

Jupe juga sangat bersemangat dan menggebu-gebu saat mengetahui dirinya dicalonkan oleh 8 partai untuk menjadi salah satu kandidat wakil bupati Pacitan. Namun, secara mengejutkan tiba-tiba saja Jupe ingin mengundurkan diri dari kampanye pencalonan dirinya.

"Dengan mundurnya saya ini pasti banyak pihak yang kecewa, tapi pasti juga banyak yang senang. Bila seandainya masyarakat Pacitan kecewa, saya minta maaf sebesar-besarnya," kata  di tahun 2010 lalu.

Jupe mengaku juga sudah berkonsultasi dengan guru spritualnya Habib Abdurrahman Asegaf. Merasa mendapat dukungan dan pencerahan atas keputusannya, Jupe mengaku legawa.

3 dari 7 halaman

2. Pasha Ungu


2. Pasha Ungu

Vokalis band Ungu sangat antusias saat namanya dicalonkan menjadi Wali Kota Palu. Pasha bahkan sudah mengambil ancang-ancang untuk mengikuti proses administrasi dan juga meninggalkan dunia artis.

Pemilik nama asli Sigit Purnomo Syamsuddin Said itu akan mengikuti proses pendaftaran pada Februari 2015 kemarin. "Insya Allah kalau dikasih jalan," kata Pasha.

Sayangnya, suami dari Adelia Wilhelmina itu tidak ingin memberitahukan partai apa saja yang akan mengusungnya kelak. Sebab, sejauh ini proses yang ada masih sedang berjalan.

"Sejauh ini lagi on the way. Nanti, kalian-kalian juga tahu dan lebih tahu dari gue," ungkapnya mengelak.

4 dari 7 halaman

3. Ahmad Dhani


3. Ahmad Dhani

Musisi Ahmad Dhani juga akan dicalonkan menjadi Wali Kota Surabaya 2015-2020. Musisi yang sering bikin heboh lewat ucapan maupun perbuatannya itu bakal diusung Partai Gerindra dalam pesta demokrasi Pemilihan Wali Kota 2015 ini.

Suami dari Mulan Jameela ini pun tak membantah bahwa dia dan manajemennya sudah diminta oleh Gerindra Surabaya.

"Namun saya harus meminta dan mendapatkan izin dari PKB, Cak Imin (Muhaimin Iskandar). Mereka kan keluarga saya," kata Dhani, Sabtu (7/3/2-15) lalu.

Dhani menggambarkan, jika pada akhirnya kepercayaan Gerindra ini ditekankan lagi oleh dedengkot Gerindra Hashim Djojohadikusumo hingga Prabowo Subianto, pentolan grup musik Dewa ini mengaku tak akan pikir panjang lagi.

"Kalau Pak Hashim atau Mas Prabowo yang menginstruksikan, saya siap. Prabowo kan bos saya," tegas Dhani.

5 dari 7 halaman

4. Andre Taulany


4. Andre Taulany

Lain halnya dengan beberapa selebritas sebelumnya, komedian dan musisi Andre Taulany pernah menjajal keberuntungan maju di pemilihan wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan 2010. Kala itu Andre mendampingi Arsid.

Dalam Pilkada yang digelar Sabtu 13 November 2010 lalu, pasangan Arsid-Andre didukung Partai Gerindra, Hanura, PPP, dan PBB.

Mantan vokalis grup band Stinky ini akhirnya kalah dari pasangan lawan, Airin Rachmi Diany-Benjamin Davni.

6 dari 7 halaman

5. Rieke Dyah Pitaloka


5. Rieke Dyah Pitaloka

Nama Rieke Diah Pitaloka pernah mencoba mengadu nasib dengan ikut Pilgub Jawa Barat 2013. Kala itu, Rieke berpasangan dengan pegiat anti-korupsi Teten Masduki.

Meski bukan orang baru di dunia politik, nyatanya hal itu belum bisa mengantarkan Rieke menjadi pemenang. Dia kalah dari pasangan incumbent Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar.

Kini Rieke kembali terpilih menjadi anggota DPR periode 2014-2019. Sedangkan Teten kini diangkat menjadi Staf Khusus Seskab.

7 dari 7 halaman

6. Farhat Abbas


6. Farhat Abbas

Artis kontroversi ini juga pernah terjun ke politik dan maju di Pilkada Kolaka, Sulawesi Tenggara. Saat itu, Farhat berpasangan dengan Sabaruddin Lamamba, mengantongi nomor urut 3.

Tetapi keberuntungan Farhat tidak terbukti, dia kalah di Pilkada yang digelar tahun 2013 tersebut. Tak puas, dia lantas mengajukan gugatan ke MK.

Sayangnya, setelah melewati proses di internal MK, gugatan Farhat ditolak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini