Sukses

6 Anime yang Pakaian Karakternya Ketinggalan Zaman

Berikut enam anime yang memiliki karakter dengan pakaian sehari-hari kurang modis dan terlihat ketinggalan zaman.

Liputan6.com, Tokyo Kostum menjadi salah satu unsur paling penting bagi kepopuleran sebuah judul animasi. Dikarenakan, tampilan visual di dunia animasi diharapkan bisa menjadi sarana hiburan alternatif bagi yang sudah lelah menyaksikan film atau serial dan drama live-action.

Di dunia animasi Jepang atau anime yang kebanyakan berasal dari manga, terdapat berbagai kostum penting seperti perlengkapan perang, kaos tim, hingga seragam sekolah. Memang banyak tampilan seragam yang keren dan menjadi ikon tersendiri.

Namun terkadang ketika karakter yang memiliki seragam modis tersebut bergaul bersama teman-temannya dengan pakaian sehari-hari, pemilihan kostum mereka malah tidak terlihat begitu modis. Apalagi pihak studio kadang memajangnya sebagai sampul CD serta poster promo.

Berdasarkan wacana itulah, situs Jepang Goo bertanya kepada para pembaca mengenai serial anime apa saja yang memiliki karakter dengan pakaian sehari-hari bergaya kurang modis hingga terlihat ketinggalan zaman. Lalu apa sajakah pilihan pembaca? Berikut enam daftarnya yang dikutip dari laman Anime News Network.

Halaman selanjutnya >>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Dragon Ball

1. Dragon Ball

Sejak awal terbitnya manga Dragon Ball, memang Akira Toriyama kurang mampu membuat karakter-karakternya terlihat modis saat mengenakan pakaian sehari-hari. Padahal, ia sukses merancang desain seragam murid Muten Roshi sedemikian rupa hingga menjadi ikon tersendiri bagi Son Goku dan kawan-kawan.

Setelah cerita memasuki bab pertempuran melawan sisa-sisa prajurit Saiya, kita melihat Vegeta dan anak buahnya memiliki seragam unik tapi masih terlihat keren. Sayangnya, begitu Vegeta mengenakan pakaian sehari-hari, ia malah terlihat sangat ketinggalan zaman. Hal tersebut bisa dilihat melalui gambar dari cuplikan salah satu episode anime di bawah ini.



Melihat desain di atas, tak heran jika banyak penggemar yang memilih Dragon Ball hingga menduduki tempat pertama. Versi anime yang pertama kali mengudara pada 1986 semakin memperparah tampilan pakaian sehari-hari karakter dengan adanya warna yang tak sesuai dengan watak setiap tokoh.

3 dari 7 halaman

Gundam Seed

2. Mobile Suit Gundam Seed

Anime Gundam Seed memang jarang memperlihatkan kehidupan sehari-hari yang normal pada setiap karakternya, dikarenakan banyaknya konflik politik luar angkasa yang melibatkan robot sembari hingga mereka harus mengenakan seragam kubu masing-masing.

Akan tetapi, bukan berarti setiap karakter tidak pernah diperlihatkan memakai pakaian sehari-hari. Justru saat mereka sedang mencuri waktu di luar tugas, beberapa terlihat mengenakan pakaian seperti di bawah ini.



Terlihat ketinggalan zaman? Bisa saja desainer salah satu anime berjenis mecha paling sukses ini, berkilah kalau semua karakternya berada di era masa depan yang sudah berganti mode. Tapi itu rasanya itu bukan alasan yang tepat.

4 dari 7 halaman

Prince of Tennis

3. Prince of Tennis

Seperti judulnya, anime ini mengusung olahraga tenis sebagai tema utama di hampir seluruh episode. Prince of Tennis telah menjadi salah satu manga terlaris dengan anime berjumlah lebih dari 100 episode. Namun, coba perhatikan gaya berbusana setiap karakternya saat tidak bermain tenis.



Padahal, kostum seragam tenis berwarna putih-biru di dalam anime ini kerap menjadi sasaran para cosplayer untuk ditiru. Melihat gaya pakaian karakter pria yang terlalu biasa hingga berkesan cukup kuno dengan corak bertabrakan, tak heran kalau banyak fans memilih anime yang mengudara pertama kali pada 2001 tersebut ke dalam daftar ini.

5 dari 7 halaman

Neon Genesis Evangelion

4. Neon Genesis Evangelion

Unsur keren dalam anime fenomenal Neon Genesis Evangelion bukan cuma desain robot yang ditampilkan sejak awal cerita. Namun juga kostum masing-masing tokoh saat sedang beraksi juga menjadi salah satu acuan para cosplayer. Akan tetapi, fans tak tahan dengan cara mereka menggunakan pakaian sehari-hari.



Menyimak lebih teliti gambar di atas, kita bisa melihat betapa gaya anak-anak pra-remaja masih melekat di setiap tokoh yang rata-rata digambarkan memiliki usia 14 tahun itu.

6 dari 7 halaman

Gundam 00

5. Mobile Suit Gundam 00

Gundam 00 juga dianggap sebagai salah satu manga bertema peperangan antar robot di luar angkasa yang memiliki cerita paling menarik. Kostum seragamnya juga disebut salah satu yang terbaik di sepanjang franchise Gundam. Sayangnya, tak semua fans menyukai kostum sehari-hari mereka seperti di bawah ini.




Untungnya, masing-masing tokoh memiliki watak dan kepribadian yang bisa dibilang tidak tipikal. Ceritanya pun cukup untuk menutupi kekurangan para desainer anime yang dianggap merusak imej sehari-hari karakternya.

7 dari 7 halaman

Bleach

6. Bleach

Sebagai salah satu anime terpanjang di awal abad 21, Bleach memiliki kelebihan dalam hal tema, konsep cerita, serta kostumnya. Aksi setiap karakter yang menjadi sesosok Shinigami saat melakukan pertempuran, dihiasi oleh kostum hitam bergaya hakama yang sempat menjadi tren tersendiri di kalangan cosplayer.



Nah, gambar di atas bukanlah kostum Shinigami mereka, melainkan gaya sehari-hari setiap tokohnya. Coba lihat penampilan tokoh utamanya, Ichigo yang ada di sebelah kiri. Caranya berpakaiannya terlihat seperti anak muda di era 1970-1980-an, ya. (Rul/Feb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.