Sukses

Permainan Gitar Abdee Negara Sangat Kuat di 6 Lagu Slank Ini

Abdee Slank terkenal dengan teknik permainan slide gitarnya dan kental dengan musik blues.

Liputan6.com, Jakarta Hengkangnya Abdee Negara dari Slank tentunya disayangkan banyak pihak. Baik itu dari Slankers mau pun para musisi lainnya. Karena bagaimana pun juga, dengan permainan gitarnya yang khas, Abdee telah memberi warna tersendiri dalam lagu-lagu Slank sejak trio Pay, Bongky dan Indra hengkang dari Gang Potlot.

Abdee yang terkenal dengan teknik slidenya membuat musik Slank kental dengan warna blues, selain musik rock n roll yang memang diusung oleh Bimbim cs.

Meski Slank memakai format dua gitaris, Ridho dan Abdee, namun permainan Abdee bisa dibilang sangat menonjol di beberapa lagu Slank. Sejak album 7 pada 1997 hingga terakhir Slank Nggak Ada Matinya (2013), ada beberapa lagu Slank yang sangat kental dengan permainan pria kelahiran Donggala, 28 Juni 1968 itu.

Liputan6.com coba merangkum enam buah lagu Slank yang sangat kental dengan permainan gitar Abdee. Berikuta keenam lagu tersebut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

6. High Phobia

6. High Phobia

High Phobia merupakan lagu yang ada di album Slank bertajuk 999+09 yang dirilis pada 1999. Dibalut dengan musik rock dan blues, lagu High Phobia terdengar sangat kelam. Ini adalah lagu tentang bagaiaman para personel Slank tengah ketergantungan narkoba dan ingin lepas dari barang laknat tersebut.

Simak penggalan liriknya:

Lagi-lagi kutinggi sampai menembus awan
Tapi hatiku sedih di atas sini gemetar kedinginan
--
Aku bosan di sini tapi nyangkut ga bisa turun lagi
Tapi tetap aku harus lari dari tempat tinggi dan sunyi

Dalam lagu ini permainan gitar Abdee sangat dominan dan begitu kuat terdengar. Nada-nada sayatan dari gitar Abdee membuat pendengar lagu High Phobia merinding.

3 dari 7 halaman

5. Balikin

5. Balikin

Lagu Balikin merupakan penanda era baru Slank setelah ditinggal Pay, Indra dan Bongky. Lewat lagu Balikin, yang merupakan single hits album 7 (1997), Slank kembali berkibar dan menjadi salah satu band rock yang disegani.

Selain itu, kehilangan Pay, Indra dan Bongky seolah terobati dengan lagu Balikin. Untuk Abdee, ia seolah ingin memperkenalkan kepada Slankers bahwa dirinya layak menggantikan Pay. Dengan teknik slide gitar yang sangat terasa di lagu Balikin yang tersaji dengan nuansa blues akustik, Abdee langsung mencuri perhatian.

4 dari 7 halaman

4. Ku Tak Bisa

4. Ku Tak Bisa

Lagu Ku Tak Bisa merupakan lagu romance yang dihadirkan Slank dalam album PLUR (2004). Lagu ini dibuka dengan permainan piano dari Ridho dengan tempo sedang.

Cabikan gitar Abdee sangat terasa di album ini ketika lagu masuk pertengahan. Bahkan ada yang bilang, permaianan gitar Abdee di lagu Ku Tak Bisa mengingatkan orang akan aksi Slash ketika memainkan lagu November Rain dari Guns N Roses.

Ku Tak Bisa menjadi salah satu lagu terpopuler di 2014 dan nama Slank tetap berkibar menjadi salah satu band rock n roll ternama di Tanah Air.

5 dari 7 halaman

3. Virus

3. Virus

Yang teringat dari lagu Virus milik Slank pasti permainan slide gitar dari Abdee. Hampir sepanjang lagu, Abdee memainkan teknik gitar andalannya tersebut.

Virus merupakan single hits dari album berjudul Virus yang dirilis pada 2001. Lagu tersebut cukup meledak dan hingga kini Virus menjadi semacam lagu wajib yang selalu dimainkan Slank setiap tampil.

6 dari 7 halaman

2. I Miss U But I Hate U

2. I Miss U But I Hate U

I Miss U But I Hate U merupakan lagu bonus di album Slank berjudul Virus Road Show yang dirilis pada 2002. Namun hadiah lagu tersebut ternyata sangat meledak saat itu.

Lagu I Miss U But I Hate U dibuka dengan intro permainan gitar dari Abdee. Meski yang unik dari lagu I Miss U But I Hate U adalah kolaborasi dengan seorang DJ, namun permainan gitar Abdee juga sangat berpengaruh di lagu ini.

7 dari 7 halaman

1. Full Moon Blues

1. Full Moon Blues

Salah satu syarat Abdee mau bergabung dengan Slank, Slank harus memainkan lagu-lagu blues. Permintaan Abdee tentu tak menjadi soal bagi Slank karena selama ini, mereka beberapa kali menciptakan lagu-lagu blues yang 'gila'. Simak saja beberapa lagu blues dari Slank seperti Blues Males, Reaksi, Teng Teng Blues dll.

Saat Abdee bergabung, nuansa blues di lagu-lagu Slank semakin kental. Salah satu lagu blues terbaik yang dihasilkan Slank setelah era Pay adalah Full Moon Blues.

Blues yang nakal, liar dan khas Slank tersaji dengan indah pada lagu Full Moon Blues. Di lagu Full Moon Blues, teknik permainan gitar Abdee patut diacungi jempol. Ia memainkan petikan gitar yang sepertinya akan sangat sulit diikuti oleh para pemula yang baru belajar bermain gitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini