Sukses

Olga Syahputra, Dari Orang Biasa sampai Jadi Artis Terkenal

Siapakah Olga Syahputra? Bagaimana sampai akhirnya dirinya bisa se-fenomenal saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Olga Syahputra diberitakan meninggal dunia, Jumat (27/3/2015) setelah sebelumnya dirawat di Singapura. Kondisi kesehatan Olga memang belum jelas benar semenjak dinyatakan sakit. Ada yang bilang dirinya semakin parah, bahkan ada yang menyebut dirinya sedang mengalami koma atau kehilangan kesadaran.

Liputan6.com mencoba untuk mengulik kembali kehidupan pribadi Olga Syahputra sejak dirinya memulai karier di dunia entertainment hingga akhirnya bisa sukses seperti sekarang.

Baca juga:

Olga Syahputra Meninggal Dunia di Singapura

Manajer Minta Maaf Atas Kesalahan Olga Syahputra

Olga Syahputra Meninggal, Ini Kata Farhat Abbas

Riwayat Penyakit Olga Syahputra

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awalnya Olga Cuma Penggemar Artis

Awalnya Olga Cuma Penggemar Artis


Olga Syahputra memiliki nama asli Yoga Saputra. Dahulu, Olga Syahputra awalnya cuma orang biasa kebanyakan. Olga ABG saat itu cuma seorang penggemar artis-artis yang sedang ngetop. Jadilah Olga sering mendatangi lokasi syuting hanya sekadar meminta tanda tangan serta foto bareng idolanya yang sedang syuting kala itu.
 
Lahir dari keluarga tidak mampu, Olga memang tertarik dengan dunia seni. Putra sulung pasangan Nur Rachman dan Nurhida ini ditawari untuk main di film Lenong Bocah. Namun syaratnya, Olga harus terlebih dulu berlatih di sanggar Ananda atau Teater Kawula Muda.

"Waktu itu, ada yang nawarin aku main di film Lenong Bocah. Tapi katanya, aku harus ikut latihan dulu di Sanggar Ananda,” kata Olga.

3 dari 4 halaman

Olga Jual Kulkas Demi Berlatih Akting


Olga Jual Kulkas Demi Berlatih Akting

Bergabung dengan Sanggar Ananda pimpinan Aditya Gumay tak semudah yang Olga bayangkan. Karena tak punya uang, Olga bahkan sampai harus menjual kulkas orangtuanya untuk biaya pendidikan di sanggar Ananda. Untung saja, Olga memiliki sahabat Betrand Antolin yang memberikannya kulkas baru sebagai pengganti kulkas yang lama.

"Tapi, kan Olga nggak punya uang. Terpaksa Olga jual kulkas untuk bayar kursus di Sanggar Ananda,” ungkapnya.

Tergabung di sanggar Ananda, beberapa kali Olga sempat ikut syuting beberapa program meski hanya sesekali kemunculannya alias figuran.

Tak hanya berakting, Olga juga pernah menjadi asisten penyanyi dangdut Rita Sugiarto. Sampai akhirnya ketekunan dan ketelatenan Olga menjalani awal kariernya berbuah manis.

Setelah sempat berperan di sinetron Kawin Gantung dan Si Yoyo, Olga menjadi presenter Ngidam di SCTV berpasangan dengan Jeremy Thomas. Selain itu, Olga juga bermain di acara komedi 'Jangan Cium Gue' dan disusul Extravanganza ABG.

Pada tahun 2004, Lenong Bocah diangkat ke layar lebar dengan judul 'Tina Toon & Lenong Bocah The Movie', yang disutradarai oleh Aditya Gumay. Para artis pendukung film ini adalah Tina Toon, Alifia, Ruben Onsu, Olga Syahputra, Pretty Asmara, Dedi Sharoenk, Ingrid Widjanarko, Aswin Fabanyo, Alicia Djohar, Adenin Adlan, dll.

Kemunculan Olga di film ini semakin mengangkat nama pria kelahiran 8 Februari 1983 itu. Akibat rajin mengikuti casting di sana-sini, Olga pun kebagian beberapa peran kecil di sinetron 'Senandung Masa Puber' (2003), 'Si Yoyo' (2003) dan 'Kawin Gantung' (2004).

4 dari 4 halaman

Nama Olga Syahputra Akhirnya Melejit


Nama Olga Syahputra Akhirnya Melejit


Nama Olga baru melejit ketika ia menjadi peresenter variety show, 'Ceriwis' (2007), bersama Indy Barends dan Indra Bekti. Setahun kemudian, Olga semakin dikenal melalui acara musik yang dipandunya, 'Dahsyat' (2008). Ia membawakan acara itu bersama Raffi Ahmad dan Luna Maya. Terhitung, lima tahun sudah Olga menjadi presenter tetap acara 'Dahsyat'.

Berkat eksistensinya tersebut, Olga berhasil membawa pulang piala penghargaan 'Presenter Musik Variety Show Terfavorit' dan 'Pelawak Terfavorit' di ajang 'Panasonic Awards 2009' dan 'Panasonic Gobel Awards 2010' serta 'Pembawa Acara Favorit' versi 'Indonesia Kids Choice Awards 2009'.

Selain menjadi presenter, ia juga membintangi beberapa layar lebar, di antaranya 'Skandal Cinta Babi Ngepet' dan 'Mau Lagi'. Film 'Mau Lagi' sebelumnya dicekal dan tidak dapat beredar. Namun setelah berganti nama menjadi Cintaku Selamanya, film ini diberi izin untuk diedarkan.

Tak puas hanya manjadi presenter dan bintang film, Olga mulai merambah dunia tarik suara. Saat ini, Olga telah merilis dua lagu single-nya, yaitu 'Hancur Hatiku' dan 'Jangan Ganggu Aku Lagi' yang keduanya merupakan lagu ciptaan Charly Van Houten dengan label Nagaswara.

Olga juga sempat menjadi rebutan stasiun TV. Penyebabnya tentu saja karena Olga adalah sosok yang bisa membuat rating program TV meroket. Gaya bicaranya yang spontan, ceplas-ceplos, serta ketidakbisaan Olga dalam melafalkan alfabet secara urut dan berbahasa Inggris malah menjadi daya tarik tersendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.