Sukses

Jadi Duta Desa, Iwan Fals Siap Terjun ke Pelosok

Pemilihan Iwan Fals sendiri diakui oleh Marwan Jafar karena musisi senior itu dianggap bisa memberikan inspirasi.

Liputan6.com, Jakarta Musisi Iwan Fals didaulat menjadi Duta Desa Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Iwan pun mengaku dirinya tidak bisa menolak tawaran dari sang Menteri, Marwan Jafar. Dirinya berharap dari desa ekonomi Indonesia akan semakin maju.

"Saya 15 tahun tinggal di desa. Saya suka dengan kesepian itu, banyak karya yang saya hasilkan. Saya bayangkan teman-teman di desa jika mudah dalam ekonomi akan mudah berkarya. Saya masih membayangkan Indonesia adalah desa. Saya nggak tahu peran saya, tapi saya akan membantu Marwan dan saya nggak bisa menolak," kata Iwan di sela-sela acara Rapat Koordinasi Nasional dan Peresmian Pendampingan Desa "Desa Membangun Indonesia" di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (31/3/2015).

Pemilihan Iwan Fals sendiri diakui oleh Marwan Jafar karena musisi senior itu dianggap bisa memberikan inspirasi. Marwan mengaku jika lagu-lagu Iwan Fals sangat sesuai dengan programnya yang membangun desa.  

"Bang Iwan menginspirasi kita, lagu-lagu awal yang tadi dinyanyikan akan menjadi lagu wajib di Kementerian kita. Lagu itu menjadi spirit dan penyemangat kita. Nantinya, sebagai Duta Desa, Bang Iwan nggak akan ikut keliling semua desa, tetapi beberapa saja bisa. Nanti dia akan nyanyi di pelosok-pelosok desa. Berkolaborasi dengan musik lokal," ujar Marwan.

Bak gayung bersambut, Iwan Fals pun mengaku senang dengan pekerjaan barunya ini. Dirinya memang sudah sejak lama menginginkan bisa ikut terlibat dalam membangun desa.

"Ini kerinduan yang terjawab, surprise buat saya karena ada yang mengurus desa. Seperti panggilan dari gunung. Semoga keberadaan saya menjadi manfaat. Saya juga akan belajar dan memaknai sungguh. Karena masih banyak yang tertinggal," kata Iwan Fals.

"Semoga dana Rp 1, 4 miliar untuk desa bisa menjadi jawaban persoalan kita bersama. Karena kalian dari rakyat, sudah sewajarnya kalian berbakti untuk rakyat. Ditunggu kabar baiknya, saya ingin kolaborasi dengan seniman asli daerahnya. Menjadi jendela musik," pungkas Iwan Fals.

Dalam acara tersebut, Iwan Fals menyanyikan beberapa lagu andalannya seperti Orang Pinggiran, Bongkar, Sarjana Muda, Isi Rimba Tak Ada Tempat Berpijak Lagi, dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.