Sukses

Cerita Avril Lavigne Terkena Penyakit Lyme

"Saya hanya bisa terbaring di tempat tidur selama lima bulan," kata Avril Lavigne tentang derita terserang penyakit lyme.

Liputan6.com, Jakarta Avril Lavigne buka suara soal penyakit Lyme (lyme desease) yang membuatnya terbaring di tempat tidur selama berbulan-bulan kepada majalah People.

Ceritanya berawal Oktober tahun lalu, saat Avril bertolak ke Las Vegas untuk merayakan ultahnya yang ke-30.

Saat itulah, ketika ia ke Las Vegas bersama teman-teman wanitanya untuk berpesta, gejala penyakit itu datang, lapor People, Rabu (1/4/2015). Sebetulnya, Avril sudah merasa badannya tak enak beberapa bulan terakhir, tapi dokternya tak bisa mendeteksi jenis penyakitnya.

Avril Lavigne.

"Saya tak bisa mengunyah makanan, dan ketika berenang, saya harus buru-buru naik dan berbaring di tempat tidur," katanya pada People. "Teman-teman saya bertanya, 'Apa yang terjadi padamu?' Saya tak tahu."

Setelah kejadian itu, usai berbulan-bulan merasa lesu dan mudah pusing, penyanyi yang biasa tampil energik ini mendapat diagnosis yang membuatnya terhenyak. Avril Lavigne terkena penyakit Lyme.

"Saya tak menyangka gigitan kutu bisa seperti ini," kata pelantun Skater Boy itu. Avril yakin ia mendapat gigitan kutu pembawa bakteri virus lyme di sekitar musim semi tahun lalu.

Akibat penyakit tersebut sungguh membuat Avril Lavigne menderita. "Saya hanya bisa terbaring di tempat tidur selama lima bulan."

Avril Lavigne di konsernya di Brasil tahun 2014.

Ia juga bilang, "Saya merasa tak bisa bernafas, tak bisa bicara dan tak bisa bergerak. Saya seperti mau mati."

Penyanyi asli Kanada itu kemudian menghabiskan waktunya di rumahnya di Ontario. Di sana ia berkumpul dengan keluarga, nonton film dan berkomunikasi dengan penggemar via media sosial.

Ibunya kemudian tinggal di rumah ikut merawat Avril. Sementara itu, suaminya, Chad Kroeger, 40 tahun, sebisa mungkin ikut merawatnya di tengah rehat tur dengan band Nickelback.

"Ada saat saya tak bisa mandi ke kamar mandi karena tak sanggup berdiri," ujarnya.


Avril Lavigne.

Di saat terberat hidupnya, penggemar ikut membangkitkan semangat hidup Avril Lavigne. "Mereka bertanya, kenapa saya menghilang, jadi saya jawab salah satu penggemar kalau saya sedang tak sehat," ceritanya.

Pesan Avril ke penggemar via Twitter itu lalu menjadi heboh di dunia maya bulan Desember lalu. Tagar #Pray4Avril mendunia jadi trending topic.

"Video dan doa yang mereka kirim buat saya sungguh menyentuh hati terdalam," kata wanita yang berulang tahun setiap 27 September itu.

Kini, seperti dikatakannya pada People, Avril Lavigne sudah 80 persen sehat. "(Penyakit lyme) ini adalah sebuah peringatan," katanya. "Dari sekarang saya hanya ingin menikmati hidup." (Ade/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.