Sukses

Ini Alasan Cita Citata Tetap Dilaporkan Ke Polisi

Masyarakat Papua ingin memberi efek jera bagi siapa saja yang menghina kebudayaan Papua.

Liputan6.com, Jakarta Cita Citata secara tak sengaja membuat statemen yang dianggap menyinggung dan melecehkan rakyat Papua. Meski sudah minta maaf secara terbuka, rakyat Papua tetap memperkarakan pedangdut berusia 22 tahun tersebut.

Komunitas Papua Mandiri yang merupakan pelapor Cita Citata ke kepolisian, bersikukuh untuk membawa pernyataan bernada negatif tersebut ke ranah hukum demi pembelajaran bagi setiap orang di masa depan.



"Bahwa Cita Citata datangi anggota DPR pewakilan Papua itu adalah itikad baik, kita apresiasi. Tetapi itu semua tidak menghilangkan proses pemanggilan yang sedang dijalankan di Polda Metro Jaya," ucap Dedi Junaedi, selaku pengacara pelapor Cita Citata saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (2/4/2015).

"Saya yakinkan kepada klien saya bahwa mereka (masyarakat Papua) ingin memberikan efek jera kepada siapapun, dalam hal ini Cita Citata. Supaya ke depannya tidak diulangi lagi," papar dia.



Masyarakat Papua, diakuinya, mengapresiasi Cita Citata yang mau mengenakan busana tradisional rakyat Papua. Namun sayangnya, hal itu tercoreng dengan kata-katanya yang tidak menunjukkan rasa hormat terhadap suku dan kebudayaan di Indonesia.

"Masyarakat Papua ini punya keleluhuran yang harus dihormati. Siapapun dia, siapapun orangnya. Mereka senang sekali Cita Citata gunakan busana etnis Papua, tapi endingnya itu nggak enak lho, soal ucapan itu," tutup dia.(Gie/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini