Sukses

Artis-artis Ini Menderita Penyakit Asma

Deretan artis ini menderita penyakit asma.

Liputan6.com, Jakarta Komedian Mpok Nori meninggal karena penyakit Asma yang sudah lama dideritanya. Penyakit asma memang tidak bisa dianggap remeh. Beberapa artis tanah air diketahui menderita penyakit sesak nafas itu. Namun penyakit asma juga diketahui masih bisa disembuhkan.

Berikut beberapa artis yang diketahui pernah menderita asma.

Baca juga:

Usai Melahirkan, Artis-artis Cantik Ini Langsung Kejar Setoran

Artis-artis Ini Juga Jadi Korban Bully Farhat Abbas

5 Alasan Olga Syahputra Pantas Disebut Legenda

5 Hal yang Selalu Dikenang dari Olga Syahputra

Mengenang Olga Syahputra yang Misterius Soal Kehidupan Pribadinya

Artis-artis Cantik Ini Bertahun-tahun Menjanda

7 Artis Indonesia Ini Tetap Cantik dan Seksi di Usia 40

6 Artis Ini Memiliki Dada Berukuran Jumbo





* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1.Luna Maya


1.Luna Maya

Artis cantik Luna Maya mengaku mengidap penyakit asma. Penyakit tersebut merupakan keturunan dari sang ayah. Luna yang menderita asma sejak tahun 2004 juga diharuskan pantang makan kacang, ayam, susu, dan cokelat. la mengaku menderita asma karena faktor genetik dari ayahnya.

"Iya memang. Penyakit ini beberapa tahun yang lalu saya derita, sekitar dua tahun lalu. Saya suka sesak napas kalau di tempat-tempat yang dingin. Makanya sekarang jarang banget ke tempat-tempat dugem," kata Luna Maya.

Karena itulah, di tahun 2007 Luna Maya dipercaya menjadi duta Yayasan Asma Indonesia. Untunglah hingga saat ini Luna tidak lagi menderita akibat penyakit asma.

3 dari 6 halaman

2. Kevin Aprilio


2. Kevin Aprilio
 
Pendiri band Vierra, Kevin Aprilio terkena asma lantaran jadwal Vierra yang padat saat mereka banyak menerima tawaran manggung. Sejak kecil, Kevin memang sudah menderita asma.

"Aku ini asma, memang ada asma, gampang capek dan nggak boleh kena debu, kalau kecapekan ini suka kambuh," kata Kevin.

Namun putra komposer Addie MS tak menjadikan asma sebagai alasan untuk menunda jadwal manggung.

"Mungkin belum terbiasa kerja padat makanya suka capek," kata Kevin Aprilio.

4 dari 6 halaman

3. Icha Jikustik


3. Icha Jikustik

Aji Mohammad Mizra Ferdinand Hakim atau yang lebih dikenal sebagai Icha bassis grup musik Jikustik, menderita penyakit asma yang sampai kini masih sering kambuh. Icha mengaku jika dirinya masih sempat mengalami sesak nafas ketika berada di atas panggung.

Jika sudah terjadi, Icha mengaku jika dirinya tidak bisa berkutik selain hanya berdoa. Itu bukan sekali atau dua kali dialaminya. Karena itu, Icha selalu membawa obat asma berupa semprotan. Kendati terganggu, satu hal yang pasti adalah menghibur para penggemarnya menjadi obat paling manjur.

"Saya nggak tahu obatnya apa. Tapi pada saat itu saat tampil di panggung biasanya berkurang. Ya sembuh aja, " tandas artis kelahiran Samarinda, 11 Oktober 1976 ini.

5 dari 6 halaman

4. Ardina Rasti


4. Ardina Rasti

Artis cantik Ardina Rasti mengaku menderita penyakit asma sejak usia 3 tahun. Dirinya pun mengaku masih tetap bisa menjalani aktifitas syuting seperti biasa.

"Aku terkena asma sejak umur 3 tahun dan ini penyakit turunan, tapi aku tetap menjalankan kegiatan biasa walau tetap memakai obat asma (spray-red )," ungkap Ardina Rasti.

Namun Ardina Rasti sempat bingung ketika menjalankan ibadah puasa dengan kondisi mengidap penyakit asma. Pasalnya, soal hukum dalam menjalankan ibadah puasa ketika memakai spray yang diarahkan ke mulut waktu asma menyerang di saat puasa, namun gadis manis kelahiran 6 Januari 1986 silam ini tetap mantap menjalankan ibadah puasa tanpa ragu.

"Aku bingung, makruh nggak? Ada yang bilang nggak apa-apa tapi juga ada yang bilang sebaliknya, aku tetap saja menjalankan puasa dan mengenai hukumnya aku pasrahkan sama yang di Atas," terang putri aktris senior Erna Santoso.

6 dari 6 halaman

5. Jojon


5. Jojon

Pelawak Jojon Jojon mengembuskan napas terakhirnya di RS Premier Jakarta karena asma dan serangan jantung. Menurut sang istri, Henny, penyakit yang diderita Jojon sudah diidapnya sejak lama.

"Penyakit asmanya memang sudah lama dan rutin periksa ke rumah sakit," kata Henny.

Hal yang sama juga dikatakan oleh sahabatnya Cahyono. Bahkan, Cahyono sempat kaget ketika sahabatnya itu dikabarkan meninggal karena penyakit jantung.

"Saya tahunya Jojon itu punya asma, bukan jantung," kata Cahyono ditemui di rumah sakit Ramsey Premier Jatinegara beberapa waktu yang lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.