Sukses

Ussy Sulistiawaty Grogi Ajari Anak Jalanan

Anak-anak Ussy Sulistiawaty juga ikut-ikutan mengajar anak jalanan.

Liputan6.com, Jakarta Ussy Sulistiawaty ikut terlibat dalam kegiatan Yayasan Tri Kusuma Bangsa dengan memberi pendidikan anak jalanan. Ussy pun mengaku jika dirinya banyak mendapatkan pengalaman baru dalam kegiatannya ini.

"Awalnya sih memang agak grogi. Apalagi mereka kan anak-anak jalanan," ujar Ussy Sulistioway di Gandaria City, Jakarta Selatan, Jumat (10/4/2015)

Istri Andhika Pratama tersebut bergabung dengan Yayasan Tri Kusuma Bangsa. Bersama sejumlah voulenter lainnya, setiap akhir pekan ia mencoba untuk meluangkan waktunya mengajar anak kurang beruntung tersebut.

"Biasanya Sabtu dan Minggu, tetapi nggak setiap minggu juga. Ya, tergantung waktunya," ujar ibu dari Syafa Al Zahra, Nur Amalia Putri dan Shakeela Eleanor Ameera itu.

Ussy pun kerap mengajak anak-anak untuk ikut bergabung menjadi siswanya. Terkadang anak pertamanya pun mengajari mereka cara berhitung. Seakan ketagihan dengan kegiatan tersebut, anak pertamanya pun selalu ingin ikut. "Kalau aku nggak ngajar mereka pada tanya, 'Ma kapan mengajar lagi, aku ikut ya'," ujar Ussy menirukan perkataan anaknya itu.

Artis yang memulai karirnya dari ajang Abang None Jakarta Utara 1999 tersebut mengajar tiga mata pelajaran, yakni pendidikan bahasa indonesia, bahasa inggris dan matematika. Meski tidak memiliki pengalaman sebagai guru, Ussy menikmati tugas barunya itu. Apalagi di rumah, ia pun tidak hanya menjadi ibu bagi anak-anaknya, ia pun guru. Karenanya sampai saat ini ia masih betah dan tergabung dalam Yayasan Tri Kusuma Bangsa.

"Bayangkan, ada sekitar 300 lebih anak-anak lebih yang putus sekolah, kalau tidak kita siapa lagi," tutur pelantun Klik tersebut.

Beragam kegiatan menginspirasi lainya pun akan dilakukan Ussy bersama Yayasan Tri Kusuma Bangsa untuk menyambung pendidikan mereka. Yang terbaru, mereka akan menggelar Malam Peduli Anak Indonesia II (MPAI II). Kegiatan penggalangan dana yang digagas oleh Tri Kusuma Bangsa  ini mengandeng Himpunan Pengusahan Indonesia (HIPMI) Jaya.

Rencananya, kegiatan tersebut dilakukan pada Kamis, 23 April 2015 di Gandaria City, Jakarta Selatan. "Kegiatan ini beragam, ada fesyen, lelang lukisan, bahkan lelang musik, aku nanti pun akan nyanyi," jelasnya.

Selain dia, akan ada beberapa penyanyi lainya, di antaranya Bebi Romeo, Vina Panduwinata, Andhika Pratama dan Kalina. "Kami pun berharap hadirnya bapak Anies Baswedan di acara nanti. Kehadiran beliau bisa memberikan suntikan moral buat kita semua, khususnya anak-anak," kata Ussy. (fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini