Sukses

Asal Muasal Nama Green Day, Ada yang Tahu?

Band punk asal California, Green Day ternyata punya cerita unik di balik nama mereka.

Liputan6.com, California, Amerika Serikat Tidak bisa dipungkiri, Green Day merupakan salah satu band yang berjasa mengantarkan semangat punk ke generasi awam.

Lahir pada 1987 silam di California, band yang beranggotakan Billie Joe Armstrong (Vokal, Gitar), Jason White (gitar II), Mike Dirnt (Bass), dan Tre Cool (Drum) tersebut sekarang menjelma menjadi salah satu band punk terbesar dengan jutaan fans serta belasan album yang hampir kesemuanya sukses secara komersil.

Yang menarik, di balik semua kesuksesan serta segala cerita seru soal band ini, ternyata banyak yang belum tahu mengenai asal muasal dari nama Green Day. Apalagi, sebelum pakai nama itu, Billie Joe dan ke-empat temannya juga sempat dikenal melalui nama Sweet Children.

Lalu, apa yang membuat Billie nekat mengganti nama bandnya?

Bagi yang belum tahu, di era perjuangan mereka, Billie Joe, Mike Dirnt, dan Tre Cool sempat kecanduan daun cannabis atau yang biasa dikenal dengan nama ganja.

Meski belakangan sudah sembuh, namun Billie sempat menggambarkan kondisi tersebut lewat nama Green Day yang berarti 'Hari-hari yang hijau'. Ketiganya bahkan mengabadikan momen tersebut lewat sebuah single bertajuk Green Day  yang pada akhirnya diangkat sebagai nama band.

Billie Joe Armstrong dan putranya bermain untuk pertunjukan di 1-2-3-4 Go Records sembari membawakan lagu-lagu Green Day.

Beruntung, meski namanya berasal dari 'dunia haram', bukan berarti kalau band yang punya side project bernama Foxboro Hot Tubs dan The Network itu lantas hanya berkarya di wilayah yang itu-itu saja.

Kalau dilihat secara lirik, Green Day justru terkenal kritis dan punya banyak warna ketika berbicara tentang hidup dan cinta. Album ketujuhnya, American Idiot, bahkan banyak dianggap banyak pendengar musik sebagai salah satu album yang paling berpengaruh di dunia.(Feb/Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini