Sukses

Tak Hanya Sekali, Artis-artis Ini Beberapa Kali Alami Keguguran

Bahkan di antara mereka ada yang mengalami lebih dari dua kali keguguran.

Liputan6.com, Jakarta Mengalami keguguran sudah pasti menyisakan kesedihan bagi ibu yang sedang mengandung calon bayi. Namun, bagaimana jika keguguran yang dialami terjadi lebih dari sekali. Beberapa artis tanah air ini sempat mengalami dua kali keguguran bahkan ada yang lebih.

Berikut daftar artis yang megalami keguguran lebih dari sekali.

Baca juga:

Daftar 6 Artis yang Jadi Impian Pria

Artis-artis Cantik Ini Dinikahi Brondong

Artis-artis Cantik Ini Berbohong demi Popularitas

Artis-artis Cantik Ini Incar Pria Bule

Artis-artis Ini Paling Banyak Memiliki `Haters`

Usai Cerai, Artis-artis Ini Tak Tahan Untuk Menikah Lagi

Artis-artis Ini Juga Pernah Bikin Sayembara Berhadiah

5 Alasan Olga Syahputra Pantas Disebut Legenda



* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Sarwendah


1. Sarwendah

Sejak menikah dengan Ruben Onsu di tahun 2013, artis Sarwendah sempat mengalami dua kali keguguran. Hal tersebut diduga karena kondisi tubuhnya yang memang terlalu kurus.

"Masa kritis sudah kami lewati. Kondisi Wenda sudah jauh membaik. Keguguran kemarin karena berat badan Wenda yang terlalu kurus. Wenda tuh kalau sudah berat badannya 38 kg sudah parno duluan," ujar Ruben Onsu.

Wenda mengalami keguguran tak lama setelah keduanya menikah. Di awal 2014 Sarwendah kembali mengalami keguguran.  Kini di kehamilan ketiganya, Sarwendah sempat melakukan konsultasi ke Tiongkok. Usia kandungan Sarwendah pun saat ini sudah menginjak 8 bulan.


3 dari 7 halaman

2. Ashanty


2. Ashanty

Penyanyi Ashanty mengaku sangat sedih setelah beberapa kali diberi kehamilan, tapi berulang kali pula mengalami keguguran. "Kalau dibilang sedih, sedih banget. Sedih karena aku kan berkali-kali ya (mengalami keguguran). Allah kasih (kehamilan) terus, tapi kok gagal lagi gagal lagi," ujar Ashanty di tahun 2013.

Penasaran masalah apa yang sebenarnya menimpa dirinya, istri Anang Hermansyah itu lalu memeriksakan diri ke dokter. Dari situlah kemudian diketahui penyebab keguguran yang dialaminya selama ini.

"Ternyata ada pengentalan darah. Jadi meski si ibu makan, tapi nggak sampai ke janin, terhalang oleh darah ini," ujarnya. Solusi agar kehamilannya selamat, jika hamil lagi, wanita lulusan Universitas Paramadina ini dianjurkan melakukan suntik pengental darah.

"Dokter lalu ngasih solusi kalau hamil lagi harus disuntik pengencer darah di perut, dan itu dilakukan oleh suami," tuturnya.

Akhirnya Ashanty berhasil hamil dan melahirkan seorang bayi perempuan dalam kondisi sehat.

4 dari 7 halaman

3. Angelina Sondakh


3. Angelina Sondakh

Saat menjalin rumah tangga dengan almarhum Adjie Massaid artis sekaligus politisi Angelina Sondakh pernah mengungkapkan jika dirinya sedang menjalankan program anak kedua sebelum sang suami meninggal. Namun Angie mengalami keguguran dua kali.

Angie dan Adjie memang sudah berencana untuk memberikan adik pada anak pertama mereka, Keanu. Namun karena terlalu sibuk bekerja dan kuliah, kondisi kehamilan Angie memburuk sehingga mengalami keguguran.

Puteri Indonesia 2001 itu kemudian kembali menjalankan program anak, dan hamil kembali. Namun karena terlalu letih dan kondisinya nge-drop saat sang suami meninggal, Angie kembali mengalami keguguran.

"Gugurnya pada saat 3 hari setelah mas Adjie meninggal. Jadi 3 hari setelah itu ya pendarahan lah ya. Sebenernya udah dua kali keguguran. Yang pertama saya keguguran karena sibuk kuliah dan kerja," ujar Angie kala itu.

5 dari 7 halaman

4. Rieke Diah Pitaloka


4. Rieke Diah Pitaloka

Keguguran dan kehilangan jabang bayi saat masih dalam kandungan, memang meninggalkan kesedihan mendalam bagi wanita yang mengalaminya. Tak terkecuali juga artis yang juga politisi Rieke Dyah Pitaloka.

Saat masih bersuamikan Donny Gahral Ahdian, Rike mengalami keguguran sebanyak dua kali.  Maka itulah trauma masih menghantuinya. "Saya terus terang sangat sedih, karena sudah dua kali ini mengalami keguguran. Padahal, saya sudah berharap bisa memiliki anak dari kehamilan yang kedua itu," kenang Rieke, yang mengaku keguguran kedua terjadi pada Desember 2006 lalu.

Namun Rieke tak kenal kata putus asa dan membiarkan kesedihan menyelimuti hidupnya.

6 dari 7 halaman

5. Shireen Sungkar


5. Shireen Sungkar

Artis Shireen Sungkar sempat dirawat di rumah sakit karena mengalami pendarahan saat usia kandungannya masih sangat muda. Shireen yang berumur 22 tahun mengalami pendarahan lagi saat usia kandungannya tiga bulan. Namun menurut pihak keluarga Shireen, pendarahan itu tidak mengganggu kehamilan Shireen.

Ternyata pendarahan yang dialami oleh Shireen ini bukanlah pendarahan yang pertama kalinya karena menurut ibunda Shireen, putrinya tersebut sudah empat kali mengalami pendarahan.

“Dari bulan pertama sudah pernah pendarahan. Sudah empat kali pendarahan (dengan yang kali ini). Bulan pertama, sekali. Ini bulan ketiga, dua hari berturut-turut pendarahan, dibawa ke rumah sakit,” katanya.

7 dari 7 halaman

6. Mayangsari


6. Mayangsari

Di usia ke-43, Mayangsari masih ngebet tambah momongan. Mayang sepertinya ingin memberikan adik bagi buah hatinya, Khirani Siti Hartina Trihatmodjo.

"Mau banget (tambah anak). Tapi ya begitulah. Saya sampai bosan. Biar saya yang tahu, mungkin Tuhan belum berikan rezeki anak lagi. Saya cuma bisa sabar dan berdoa," kata Mayangsari saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (18/4/2015).

Beberapa kali usahanya nyaris berhasil. Namun, istri Bambang Trihatmojo itu selalu keguguran. Makanya sekarang pelantun  Tiada Lagi ini hanya bisa memasrahkan kepada Tuhan.

"Mau cowok atau cewek sih terserah, yang penting anak. Pas Khiran tiga tahun, saya pernah hamil adik Khiran, tapi nggak jadi. Pas dia enam tahun juga hamil, nggak jadi lagi. Sekarang sudah tinggal pasrah saja," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.