Sukses

Artis-artis Ini Syuting Sekaligus Berdakwah

Artis-artis Ini Syuting Sekaligus Berdakwah

Liputan6.com, Jakarta Berdakwah  tidak musti dilakukan oleh para dai atau ahli agama. Beberapa artis tanah air diketahui juga kerap melakukan aktifitas dakwah. Tentunya pekerjaan itu yang dilakukan sambil menjalani profesinya di dunia keartisan.

Hidayah datang tanpa kita tahu. Artis-artis ini menemukan hidayahnya. Kini, meski tetap menjalani profesi keartisannya, mereka juga sekaligus berdakwah.

Dari segi penampilan, mereka pun kini berubah. Yang perempuan menutup auratnya dengan berhijab. Tak hanya itu, tutur kata pun sudah dijaga.

Sementara yang pria juga ikut merubah penampilannya. Sebagian tampil dengan jenggot, namun tetap ada yang tampil klimis. Tutur kata pun terlihat semakin matang dan penuh makna.

Siapa sajakah mereka? Berikut daftar nama-namanya.

Baca juga:

Artis-artis Ini Bersahabat dengan Hantu

10 Artis Hollywood Tercantik di Dunia 2015 versi People

Artis-artis Ini Sindir Syahrini

Seksinya 6 Artis Ini Bikin Jantung Pria Berdegup Kencang

Daftar 6 Artis yang Jadi Impian Pria

Artis-artis Cantik Ini Dinikahi Brondong

Artis-artis Cantik Ini Berbohong demi Popularitas


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sunu Mata Ban

1. Sunu Mata Band

Vokalis band Mata, Sunu memiliki kegiatan baru selain ngeband. Sunu kini juga aktif di dunia dakwah. Penampilannya tak lagi seperti anak band. Sejak 2010, Sunu mengaku sudah mengkuti pengajian Jama'ah Tabligh, sama dengan Reza dan Sakti. Bedanya, dia memilih untuk tidak meninggalkan posisinya di band.

"Masih, masih ngeband. Sebentar lagi mau rilis single," ujar Sunu saat ditemui baru-baru ini.

Dengan tetap berada di industri hiburan, Sunu merasa lebih mudah untuk melakukan dakwahnya. "Saya bisa dakwah di kalangan artis. Khususnya pemain band. Pemain band tahu sendiri kan, orang lihatnya pasti negatif aja," ujarnya.

Sempat menimba ilmu hingga Pakistan, pengetahuan agama Suni kini sudah cukup mumpuni. Tapi menolak keras jika dipanggil dengan sebutan ustadz. "Saya bukan ustadz, saya pemain band," pungkasnya sambil tersenyum.

3 dari 6 halaman

2. Dude Harlino



2. Dude Harlino

Suami artis Alyssa Soebandono, Dude Harlino, sesekali memiliki kegiatan dakwah. Namun meski begitu, dirinya tidak serta merta mangkir dari panggung hiburan. Sebaliknya, ia menjadikan kiprahnya bertaut dengan syiar kebajikan.

Bukan bermaksud menyombongkan diri, Dude pun berencana menggulirkan dakwah lewat film, sinetron atau buku.

"Di bidang saya juga bisa berdakwah, misalkan membuat film atau sineteron yang bernuansa dakwah atau juga menulis buku. Bagi saya berdakwah itu merupakan suatu kewajiban dan bisa di mana saja," ujar Dude.

Jalan Dude berdakwah sepertinya bakal mulus. Meski bukan berstatus ustad atau da'i, namun pria kalem ini memiliki potensi itu.

Dengan alasan, ia bisa menjadi panutan lantaran jarang tersambar gosip murahan. Baik dalam kisah cintanya sebelum menikah, juga ketika Dude mengarungi pernikahan dengan Alyssa Subandono.

4 dari 6 halaman

3. Teuku Wisnu


3. Teuku Wisnu

Semenjak menikah dengan Shireen Sungkar, Teuku Wisnu banyak mendalami ilmu agama. Bahkan Shireen mengaku tak keberatan jika sang suami tercinta kerap bepergian, untuk berdakwah dari satu tempat ke tempat lain.

"Nggak masalah sih ya. Itu (dakwah) hal baik dan positif, aku dukung. Dia Alhamdulillah sudah hijrah. Sekarang dia mulai sharing soal hijrahnya, mau keluar kota silakan, asalkan positif, selama masih ada waktu untuk keluarga, ya, nggak apa-apa," ucap Shireen.

Memilih untuk mendalami agama, Wisnu tidak sama sekali meninggalkan dunia hiburan tanah air yang telah membesarkan namanya.

"Kata siapa (saya berhenti jadi artis, Red.)?  Pekerjaan saya masih jalan kok, walaupun memang saya juga lebih sibuk di bisnis. Tapi Alhamdulillah mengisi acara-acara religi di televisi," kata Wisnu saat ditemui di kawasan Matraman, Jakarta, Minggu (15/2/2015).

5 dari 6 halaman

4. Peggy Melati Sukma



4. Peggy Melati Sukma

 Artis Peggy Melati Sukma sepanjang 18 bulan terakhir sibuk berdakwah dan keliling ke seluruh Indonesia, termasuk Banda Aceh. Hal itu dilakukannya tidak lain adalah untuk berdakwah.

 "Untuk memotivasi masyarakat, menyampaikan kebaikan dan syiar Islam," kata dia. "Dalam Alquran, tidak kurang dari 160 ayat menyatakan perlu dakwah, bahkan sebagan ulama mewajibkan berdakwah untuk kebaikan."

Saat ini. lambat laun sepertinya Peggy memang ingin meninggalkan dunia keartisan yang membesarkannya. Peggy menjelaskan dia saat ini tengah mempersiapkan rangkaian perjalanan safari dakwah ke luar negeri mulai April hingga jelang Lebaran 2015 akhir Juli mendatang dengan berdakwah ke Singapura, Malaysia, Qatar, Dubai, Marokko, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Saudi Arabia, Mesir, Palestina.

"Buat saya dakwah itu bersyiar, itu kan ada di hidup kita selama ini. Nggak ada perbedaan, saat saya jadi artis, penggiat sosial, saya juga berdakwah. Tapi memang kontennya lebih ke duniawi, kalau sekarang kontennya berbeda," terang mantan pacar aktor Teuku Zacky ini.

6 dari 6 halaman

5. Oki Setiana Dewi


5. Oki Setiana Dewi

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk berdakwah, salah satunya lewat bisnis pakaian. Ya, hal itu yang sedang diterapkan oleh Oki Setiana Dewi. Bintang film Ketika Cinta Bertasbih ini baru saja membuka sebuah toko pakaian muslim bertepatan ulang tahunnya yang ke-26.

Toko ini, kata Oki, bukan sekedar menjual kebutuhan pakaian masyarakat. Melainkan juga, sebagai lahan dakwah Oki memberi pengetahuan lewat baju yang dijual.

"Ini bukan sekedar bisnis, tapi ada nilai untuk disebarkan. Kalau kita membicarakan kaidah (berpakaian), di Al Quran disebutkan, jilbab untuk pelindung bukan penghias. Baju-baju ini tidak boleh tipis dan ketat," ujar Oki Setiana Dewi di Thamrin City, Jakarta Pusat, Selasa (13/1/2015).

Diakui Oki, dirinya selalu berdiskusi dengan suami, Ory Vitrio dalam memilih bahan atau model baju yang akan dikenakan. Dari situ, Oki sepakat membuat brand OSD dengan model khusus yang syar'i namun tetap elegan.

"Kami saling berdiskusi mau yang mana modelnya atau bahannya apa. Ini termasuk menyenangkan ya usaha dengan suami. Baju-bajunya juga tidak boleh yang mencolok atau menunjukkan kesombongan. Boleh cantik tapi tidak boleh berlebihan. Dari situ kita mengembangkan baju yang syar'i dan elegan dipakainya," ungkap penulis buku Hijab I'm In Love ini.

Saat mulai terjun sebagai artis, Oki Setiana Dewi memang sudah mengenakan hijab. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.