Sukses

Tinju Mayweather Vs Pacquiao Pengaruhi Box Office Avengers 2

Studio Disney, pemilik Marvel Studio, memperkirakan Avengers: Age of Ultron mengumpulkan di atas USD 200 juta di akhir pekan pertama.

Liputan6.com, Los Angeles Film kedua Avengers yang berjudul resmi Avengers: Age of Ultron rilis di Amerika Serikat Jumat, 1 Mei lalu. Hingga akhir pekan kemarin, seperti dicatat Variety, Minggu (3/5/2015), film tersebut mengumpulkan pemasukan USD 187,7 juta atau setara Rp 2,4 triliun.

Meski angka tersebut terbilang sangat besar, namun masih di bawah perkiraan semula. Para analis dan pihak studio Disney (pemilik Marvel Studio) sendiri tadinya memperkirakan Avengers: Age of Ultron mengumpulkan uang di atas USD 200 juta di akhir pekan pertamanya. Angka USD 187,7 juta dari film kedua masih belum mampu mengalahkan rekor film Avengers pertama tahun 2012 yang meraih USD 207,4 juta.

Petinju asal Filipina, Manny Pacquiao bertarung dengan lawannya asal Amerika Serikat. Floyd Mayweather saat pertandingan kelas welterweight di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Nevada, Minggu (3/5/2015). (Joe Camporeale-USA TODAY)

Variety menengarai, acara olahraga akbar yang disiarkan stasiun TV di Amerika membuat orang tak beranjak dari rumah untuk ke bioskop. Sabtu (3/5/2015) kemarin waktu AS (atau Minggu waktu sini) berlangsung pertandingan tinju antara Floyd Mayweather Jr. lawan Manny Pacquiao. Pertandingan tinju akbar itu disebut "fight of the century--duel abad ini" dan begitu menyita perhatian penonton.

Selain pertandingan tinju dunia, akhir pekan kemarin juga berlangsung banyak pertandingan seru dari cabang olahraga lain di AS. Di cabang balap kuda, ada kuda jagoan American Pharoah menang balapan Kentucky Derby. Di liga baseball ada tim unggulan New York Yankees menghempaskan Boston Red Sox, sedang di liga hoki New York Rangers mengalahkan Washington Capitals dan tinggal selangkah lagi jawara Stanley Cup, sedang di liga basket NBA Los Angeles Clippers mengalahkan San Antonio Spurs di babak playoff.

Akhirnya, Avengers: Age of Ultron tiba di seluruh bioskop Indonesia sejak 22 April 2015. Bagaimana filmnya?

Dari angka yang dilaporkan Variety kelihatan kalau berbagai pertandingan seru di akhir pekan mempengaruhi jumlah penonton Avengers: Age of Ultron.

Di hari pertama edar, Jumat, Age of Ultron meraih pemasukan USD 84,5 juta, lebih tinggi dari Avengers pertama: USD 80,8 juta. Namun, di hari kedua rilis, Sabtu, Age of Ultron meraih USD 57,2 juta, lebih sedikit dibanding Avengers pertama yang meraih USD 69,6 juta.

"Pengaruh (berbagai pertandingan) itu terasa sekali," kata Phil Contrino, analis kepala Boxoffice.com. "Sabtu biasanya hari yang besar dan banyak orang ke bioskop di hari itu."

Yang tetap patut dicatat, Avengers: Age of Ultron tetap meraup pendapatan tinggi. Film ini menjadi yang pada akhir pekan pertamanya meraih pendapatan tertinggi nomor dua sepanjang sejarah. (Ade/Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.