Sukses

Kenapa Nama Charlotte Elizabeth Diana yang Akhirnya Dipilih?

Nama Charlotte Elizabeth Diana merupakan gabungan nama dari sang kakek, buyut, dan mendiang neneknya.

Liputan6.com, London Rasa penasaran publik terjawab. Akhirnya Pangeran William dan Kate Middleton memberi nama putri kedua mereka Charlotte Elizabeth Diana.

Nama itu diumumkan lewat pernyataan resmi yang dikeluarkan pihak Istana Kensington --kediaman resmi William dan Kate yang bergelar resmi Duke and Duchess of Cambridge-- Senin (4/5/2015), dua hari setelah hari kelahirannya.

"Duke and Duchess of Cambridge dengan bahagia mengumumkan mereka telah menamakan putri mereka, Charlotte Elizabeth Diana. Bayi ini akan dikenal sebagai Her Royal Highness Princess Charlotte of Cambridge," demikian pengumuman resmi pihak istana.

Pertanyaannya kemudian, kenapa nama itu yang akhirnya dipilih Pangeran William dan Kate Middleton?

justjared.com

Nama itu merupakan gabungan nama dari sang kakek, buyut, dan mendiang neneknya.

Charlotte yang berasal dari Bahasa Perancis merupakan versi feminin dari nama sang kakek, Charles. Pangeran Charles atau Prince of Wales, merupakan ayah dari Pangeran William. Tak hanya itu, Charlotte juga merupakan nama tengah dari adik Kate Middleton, Pippa Middleton.

Kate Middleton dan Pangeran William memperkenalkan si kecil di hadapan Warga Inggris.

Elizabeth tentu saja yang diambil dari nenek buyutnya, Ratu Elizabeth II yang saat ini masih bertahta sebagai Ratu Inggris.

Sementara itu, Diana diambil dari mendiang ibunda Pangeran William, Putri Diana.

Diwartakan BBC, Selasa (5/5/2015), nama Charlotte populer di abad ke-18 karena merupakan nama permaisuri Raja George III yang bertahta di Inggris waktu itu.

Wajah cantik anak kedua Kate Middleton dan Pangeran William sebelum meninggalkan RS St Mary, London, Inggris, Sabtu (2/5/2015). (REUTERS/John Stillwell/pool)

Pada 1761, sang raja menghadiahi rumah besar bernama Buckingham untuk Ratu Charlotte. Rumah itu diniatkan sebagai kediaman keluarga karena jaraknya dekat dengan Istana St. James. Kediaman ratu itu kini beralih rupa jadi Istana Buckingham.

Kata BBC pula, mengutip data Badan Statustik Nasional Inggris, Charlotte adalah nama ke-21 paling populer di Inggris dan Wales. Tahun 2013 lalu, sebanyak 2.242 bayi yang lahir dinamai Charlotte.

Sedangkan Elizabeth adalah nama terpopuler ke-39 di Inggris dan Wales. Namun, Diana tak masuk 100 besar nama terpopuler.

Charlotte Elizabeth Diana lahir, Sabtu (2/5/2015) pukul 08.34 pagi waktu setempat, di St. Mary's Hospital London. Ia menempati urutan keempat tahta kerajaan Inggris setelah Pangeran Charles, Pangeran William dan Pangeran George. (Ade/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini