Sukses

Salman Khan Dipenjara 5 Tahun, Bollywood Rugi Rp409 Miliar

Sebelum dipenjara, Salman Khan tengah syuting untuk dua film sekaligus, Prem Ratan Dhan Payo dan Bajrangi Bhaijan.

Liputan6.com, Jakarta Pengadilan India, Rabu (6/5/2015) memutuskan Salman Khan bersalah dalam kasus tabrak lari yang menewaskan satu orang pada 2002 lalu. Atas kasus tersebut, hakim memvonis Salman harus mendekam di penjara selama lima tahun.

Kasus tersebut memang menjadi perhatian serius masyarakat India. Selain nama besar Salman Khan sebagai bintang Bollywood, dengan dipenjaranya Salman Khan juga diyakini bakal merugikan perfilman Bollywood. Berikut bukti-buktinya.

Sebelum Salman Khan divonis penjara, aktor 49 tahun itu tengah syuting untuk dua film, Prem Ratan Dhan Payo dan Bajrangi Bhaijan. Dengan ditangkapnya Salman Khan, tentu saja jadwal syuting dua film tersebut menjadi berantakan karena kedua film tersebut belum selesai 100 persen digarap.

Salman Khan keluar dari pengadilan setelah divonis penjara selama 5 tahun. Foto: Bollywoodlife.com

Memang, hakim memutuskan untuk memberi waktu tenggat dua hari bagi Salman untuk mempersiapkan diri dan baru pada Jumat (8/5/2015) sang aktor masuk sel. Namun waktu dua hari sepertinya agak mustahil untuk menyelesaikan dua film yang tersisa.

"Ada sekitar 10-15 hari syuting yang tertunda. Namun kesehatan Salman lebih penting bagi kami sekarang. Soal film Bajrangi Bhaijan akan dibahas kemudian dengan timnya. Doa kami bersama keluarganya," ujar Krishika Lulla dari Eros International, rumah produksi film Bajrangi Bhaijan, seperti dikutip NDTV.

Sementara pejabat senior dari Rajshri Productions yang memproduksi film Prem Ratan Dhan Payo mengatakan pengerjaan film masih sekitar 30-40 persen. "Hampir 60 persen syuting sudah dikerjakan, sisanya sekitar 30-40 persen. Syuting rencananya berlangsung di Mumbai. Kami berharap yang terbaik dari semua ini," terang Rajshri.

Analisis perdaganan Komal Nahta memaparkan, jika dua film Salman Khan tersebut sampai gagal tayang, maka Bollywood diperkirakan akan mengalami kerugian hingga Rs200 crore atau senilai Rp409 miliar. "Hitung-hitungannya, jika masing-masing film mendapat Rs75 crore, maka untuk dua film menjadi Rs 150 crore. Ditambah Rs50 crore untuk beberapa film yang sudah ditandatanganinya, maka jumlahnya menjadi Rs200 crore," terang Komal Nahta.

Hitung-hitungan Komal Nahta memang masuk akal. Dalam beberapa tahun terakhir, Salman Khan telah menghasilkan film-film box office seperti Wanted, Dabangg, Ready, Bodyguard, Ek Tha Tiger, Dabangg 2, Jai Ho dan Kick yang totalnya mencapai Rs1.000 crore.

Terlepas dari Bajrangi Bhaijan dan Prem Ratan Dhan Payo, Salman Khan juga dikabarkan sudah setuju dan menandatangani kontrak untuk empat proyek film lainnya, Dabangg 3, Entry Mein No Entry, Sultan dan Shuddhi. Selain beberapa kontrak untuk film, jangan lupa juga kalau Salman Khan merupakan host untuk beberapa acara reality show televisi terkenal seperti Bigg Boss.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.