Sukses

PSY Ikut Andil Sebarkan Virus K-Pop di Dunia

PSY dengan karyanya Gangnam Style ikut andil dalam sebarkan virus K-Pop di dunia. Seperti apa ceritanya?

Liputan6.com, Seoul: PSY merupakan penyanyi solo asal Korea Selatan yang dianggap sebagai salah satu orang penting yang menyebarkan virus K-Pop di dunia. Dengan lagu Gangnam Style yang rilis 2012 silam.

Secara implisit videoklip Gangnam Style mengkritik gaya hidup glamor di Gangnam sebagai wilayah elit di Korea Selatan. Gangnam adalah tempat para berkumpulnya anak muda tajir dengan sejuta gaya.

Videoklip Gangnam Style hingga saat ini ditonton lebih dari 2 miliar orang di situs berbagi video YouTube. Akibatnya, Gangnam Styles dianggap sebagai pemicu ledakan K-Pop, mengantar karya lainnya dari negeri ginseng ikut mendunia.



"Pengaruh Gangnam Style tak bisa hanya ditentukan oleh jumlah penonton dan waktunya, serta jumlah orang yang membagikan video itu. Tapi, Gangnam Style jauh lebih dari itu karena berhasil mengenalkan karya K-Pop lainnya ke dunia," tulis editor YouTube, dilansir dari KPopstarz, Selasa (19/5/2015).

Menurut YouTube, setelah sukses Gangnam Styles, video K-Pop lainnya mengalami lonjakan hingga 30 juta penonton atau skeitar 95 persen. Penikmat video K-Pop pun tak hanya dari Asia saja, tapi juga berbagai negara di dunia.



Salah satunya, videoklip Fantastic Baby milik Big Bang yang rilis di tahun yang sama dengan Gangnam Style. Sebelum lagu milik PSY meledak, Fantastic Baby memang sudah terkenal. Namun hanya di kalangan Asia saja.

Kini, Fantastic Baby telah dianggap sebagai lagu yang menjadi ciri khas Big Bang, dintonton 149.032.940 orang di YouTube. Bahkan, Fantastic Baby dilirik menjadi lagu yang mengiringi trailer film Hollywood Pitch 2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini