Sukses

Ini Para Pemenang Festival Film Cannes 2015

Film tentang korban perang saudara di Sri Lanka, Dheepan meraih piala utama Palme d'Or. Siapa juara lainnya?

Liputan6.com, Cannes Malam puncak Festival Film Cannes 2015 berlangsung Minggu (24/5/2015) malam di Palais des Festivals.

Diwartakan Hollywood Reporter, Senin (25/5/2015), piala utama, Palme d'Or atau Palem Emas diberikan pada film Dheepan karya sutradara Jacques Audiard. Film tersebut berkisah tentang kelurga yang terdiri dari seorang mantan tentara, seorang wanita muda, dam seorang gadis kecil saat berjuang lari dari perang saudara di Sri Lanka. Audiard mendapat penghomaratan berupa standing ovation saat menrerima piala di panggung.

Dheepan menyingkirkan 18 film yang ikut dilombakan dalam kompetisi utama. Seluruh film dipertontonkan sepanjang festival yang berlangsung seminggu lebih itu.

Adegan film Son Off Saul di Festival Film Cannes 2015.

Piala Grand Prize atau runner-up diraih film Son of Saul karya Laszlo Nemes. Drama berlatar Holocaust atau pembasmian etnis Yahudi zaman Nazi itu sebelumnya sudah memenangi piala Fipresci Prize.

Gelar Aktris Terbaik diarih Rooney Mara untuk aktingnya sebagai lesbian di Carol serta Emmanuelle Bercot untuk Mon Roi. Todd Haynes, sutradara Carol, menerima piala mewakili Mara.

Adegan film Carol di Festival Film Cannes 2015.

Gelar Aktor Terbaik diraih Vincent Lindon untuk aktingnya di The Measure of a Man. Film itu dibesut Stephanie Brize. Lindon berakting sebagai pengangguran yang mulai bekerja lagi tapi kemudian harus berhadapan dengan dilema moral.

Hao Hsiao-Hsien menang gelar Sutradara Terbaik untuk filmnya, The Assassin. Film kungfu itu dibintangi Shu Qi sebagai pembunuh bayaran.

Piala dewan juri diberikan pada The Lobster, sebuah film drama sureal karya Yargos Lanthimos dan dibintangi Colin Farrell. Film itu bersetting di sebuah dunia yang penduduknya hanya punya 45 hari untuk mencari pasangan atau ia bisa berubah jadi binatang.

Dewan juri Festival Film Cannes 2015.

Skenario Terbaik diberikan pada Michel Franco yang menulis Chronic. Film debutnya berbahasa Inggris itu dibintangi Tim Roth sebagai perawat di rumah pasien yang tinggal menunggu maut.

Piala Camera d'Or yang memberi penghargaan bagi film debut penyutradaraan diberikan pada Land and Shade (La Tierra y La Sombra) karya Cesar Augusto Acevado. Sementara itu, piala Film Pendek Terbaik diraih Waves '98 karya Ely Dager.

Dewan juri tahun ini diketuai sutradara Joel dan Ethan Coen, yang anggotanya antara lain Jake Gyllenhaal, Guillermo Del Toro, Sophie Marceau dan Sienna Miller. Festival Film Cannes 2015, yang berlangsung ke-68 kalinya, dimulai sejak 13 Mei lalu. (Ade/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.