Sukses

Palsukan Data Nikah, Begini Suami Bella Shofie Menurut Hukum

Suami Bella Shofie, Suryono bisa dipenjara lima tahun bila benar-benar memalsukan identitas saat mendaftarkan pernikahan.

Liputan6.com, Jakarta Pengakuan mengejutkan diungkap Tata Liem tentang pernikahan artis asuhannya, Bella Shofie dengan Suryono. Diakui Tata Liem kalau Bella menjadi istri kedua lantaran Suryono yang menikahi Bella pada 10 Mei lalu telah memiliki istri dan anak.

Namun yang janggal, status Suryono yang masih beristri dan memiliki anak berbeda dengan data ketika ia mendaftarkan pernikahan di KUA Kebon Jeruk. Saat mendaftarkan pernikahan, Suryono mengaku masih perjaka dan soal statusnya itu ditulis di atas materai Rp6.000.

Mengenai hal itu, Tata Liem hanya menanggapinya dengan santai. "Mungkin salah ketik aja kali," kata Tata Liem beberapa waktu lalu.

Namun jika Suryono memang sengaja memalsukan data diri di pernikahannya, pengusaha kaya asal Papua tersebut telah melanggar hukum. Menurut pengacara Firman Chandra, apa yang dilakukan Suryono bisa dipidanakan.

Baca juga: Siapa Sih Suryono, Suami Bella Shofie?

"Dalam KUHAP sudah jelas. Kalau dia (Suryono) memalsukan data di pernikahannya, itu sudah masuk ranah pidana. Hukumannya pun lumayan, penjara lima tahun," kata Firman Chandra, saat dihubungi via telpon, Kamis (28/5/2015).

Namun menurut Firman Chandra kasus tersebut masuk dalam ranah aduan. Artinya, Suryono bisa saja dipolisikan jika ada yang mengadu kasus tersebut. "Yang bisa melaporkan tentu saja Bella Shofie atau keluarganya. Atau istri pertama Suryono atau keluarga istri Suryono. Tapi kalau tidak ada yang melaporkan, Suryono bisa melenggang bebas," lanjut Firman Chandra.

Namun anehnya, baik Bella Shofie mau pun istri pertama Suryono diam saja dengan hal tersebut. Kalau pun istri pertama Suryono tak masalah dimadu, mengapa Suryono sampai memalsukan identitas.

"Padahal nikah untuk memiliki istri kedua itu syaratnya nggak susah kok. Cuma ada surat pernyataan dari istri pertama kalau dia ikhlas sang suami menikah lagi," jelas Firman.

Baca juga: Muncul Foto Mirip Suami Bella Shofie Bersama Istri dan Anak

"Itu yang menjadi pertanyaan besar, mengapa dia (Suryono) membuat identitas baru, itu yang tidak kita tahu tujuannya. Mengapa istri pertama tidak mengadu, padahal ada proses yang salah," tutup Firman Chandra. (fei)

Baca juga: 

Ini Alasan Bella Shofie Mau Jadi Istri Kedua Suryono

Bella Shofie Tinggal Seatap dengan Istri Pertama Suryono?

Tata Liem Benarkan Suami Bella Shofie Mantan Sopir

Pernikahan Bella Shofie Dianggap Setingan, Ini Kata Penghulu

Daftar Nikah, Status Suami Bella Shofie Masih Bujangan

Suryono Diisukan Telah Beristri, Bella Shofie Syok?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini