Sukses

Slamet Rahardjo Berhasrat Majukan Kesenian Indonesia

Aktor senior Slamet Rahardjo berharap bisa memajukan kesenian yang akan berdampak terhadap bangsa Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka ulang tahun ke 45 Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Ketua Yayasan IKJ yang juga aktor senior Tanah Air, Slamet Rahardjo akan membuat sebuah gebrakan baru untuk memajukan kesenian Indonesia. Slamet Rahardjo juga berharap tindakan yang dilakukannya akan berdampak terhadap bangsa Indonesia, termasuk memajukan perekonomian bangsa Indonesia.

"Di ulang tahun IKJ ke 45, Sesuai dengan misinya, IKJ harus bisa membuat bangsa ini lebih produktif. Selama ini negara kita terlalu konsumtif," kata Slamet Rahardjo, ditemui ruang Rektorat IKJ, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Slamet Rahardjo memiliki cita-cita yang tinggi terhadap keberhasilan bangsa Indonesia. "Saya mau mengembalikan bangsa yang produktif," tambahnya singkat.

Masalah pendidikan seni pun, Slamet Rahardjo juga memiliki harapan tersendiri. Slamet Rahardjo tak mau ada lagi sekat yang membatasi seni. Menurutnya, dalam sebuah seni semua saling berkaitan.

"Dalam seni semua berkesinambungan. Teater butuh musik, tari, audio visual dan hal lainnya," ujar Slamet.

Slamet Rahardjo pun memberikan analogi sederhana terhadap seni dan bangsa Indonesia. Menurut Slamet Rahardjo, agar bangsa Indonesia lebih kreatif lagi, harus dimulai dari generasi muda sekarang yang lebih aktif dalam segala bidang terutama seni.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik (dua kanan) bersama Deddy Mizwar, Slamet Rahardjo, Chand Parwez berbincang usai memberi keterangan tentang pajak film impor di Jakarta. (ANTARA)

"Perlu sebuah seni dalam kehidupan kita. Apalagi dengan seni bisa memajukan bangsa. Dengan dunia pertunjukan dan audio visual yang ada. Bagaimana membuat event yang bagus," katanya.

Dalam ulang tahun ke 45, IkJ juga akan melakukan open house pada tanggal 5 sampai 6 Juni. Pengunjung dapat mengetahui kelas dan studio dalam setiap fakultas di IKJ. Pesta kemeriahan ulang tahun IKJ sendiri, akan diadakan mulai 25 sampai 27 Juni 2015, menghadirkan pameran seni, bazzar, talkshow, lomba dan pertunjukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini