Sukses

3 Fakta Unik Seputar Pernikahan Putra Jokowi, Gibran-Selvi Ananda

Ada yang unik dan berbeda dari pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Dalam beberapa hari, jutaan pasang mata dari Sabang sampai Merauke akan mengarahkan pandangannya ke Kota Solo, Jawa Tengah. Pasalnya, 11 Juni 2015 nanti akan digelar "The Royal Wedding", pernikahan antara putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming dengan Putri Solo 2009 Selvi Ananda.

Baca juga: Tanda-tanda Gaib saat Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda Menikah

Segenap masyarakat Indonesia khususnya warga Solo pun sudah tak sabar merayakan hari berbahagia tersebut. Layaknya pernikahan Pangeran William dari Kerajaan Inggris dengan Kate Middleton beberapa waktu lalu, event bersejarah ini akan menjadi sesuatu yang terkenang abadi bagi banyak orang di negeri ini.

Undangan pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. (Istimewa)

Namun ada yang berbeda dari penyatuan kedua insan muda dan mudi ini. Selain karena Gibran Rakabuming Raka adalah putra sulung dari orang paling berkuasa di republik ini, beberapa fakta unik juga menghiasi calon suami-istri tersebut. Apa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta Pertama

1. Dibalik Tanggal 11 Juni 2015

Mungkin tak ada yang tahu persis alasan dibalik pemilihan tanggal 11 Juni sebagai hari pernikahan Gibran dan Selvi. Namun, sudah menjadi kebiasaan umum bagi masyarakat Jawa untuk memilih hari baik untuk segala sesuatu, apalagi untuk peristiwa sebesar hari pernikahan.

Baca juga: Fakta Tentang Gibran Rakabuming Raka, Putra Sulung Jokowi

Salah satu persiapan yang dilakukan Gibran Rakabuming Raka jelang pernikahannya adalah mempersiapkan media center.

Bila ditelisik, 11 Juni 2015 ternyata jatuh pada hari Kamis Wage dalam tanggalan Jawa. Kamis Wage juga merupakan weton kelahiran dari Gibran Rakabuming Raka yang lahir 1 Oktober 1987. Weton adalah sesuatu yang penting dalam budaya masyarakat Jawa.

Baca juga: Fakta Tentang Selvi Ananda, Calon Menantu Jokowi

Akan seperti apa ya proses pernikahan Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda nanti?

3 dari 4 halaman

Fakta Kedua

2. Jokowi dan Tukang Becak

Dari urusan weton sekarang kita beralih ke tukang becak. Ada apa gerangan dengan tukang becak? Seperti kita tahu, Presiden Jokowi yang merupakan Presiden RI pertama yang berasal dari luar kalangan `elit` dan militer ini sangat dicintai oleh wong cilik. Tukang-tukang becak di Kota Solo pun diundang dalam pernikahan putranya. Keren kan?

Baca juga: Terawangan Suhu Naga Soal Putra Jokowi, Gibran-Selvi Ananda

Presiden Jokowi mengundang penarik becak dalam resepsi Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. (Liputan6.com/Reza Kuncoro)

Bahkan jauh-jauh hari, belasan tukang becak sudah melakukan pawai keliling kota Solo menarik penumpang Putra dan Putri Solo. Aksi ini sebagai bentuk rasa bahagia menyambut pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, Putri Solo 2009.

Putra dan Putri Solo berkonvoi dengan becak memeriahkan pernikahan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dengan Putri Solo 2009, Selvi Ananda. (Liputan6.com/Reza Kuncoro)

4 dari 4 halaman

Fakta Ketiga

3. Larangan untuk Tamu

Selain dua hal tadi, masih ada lagi hal menarik seputar pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. Berbeda dari masyarakat kebanyakan yang mengharapkan kado dari tamu undangan, dalam pernikahan mereka nanti, para tamu justru dilarang untuk membawa kado. Hal tersebut tertulis dalam undangan.

Satu lagi, seperti ingin memberi suri tauladan yang baik sebagai seorang pemimpin bangsa, Jokowi ternyata tidak mengambil cuti di hari pernikahan anaknya. Ia tetap menjalankan roda pemerintahan dari Solo, Jawa Tengah.

Gedung Graha Sabha mulai didekorasi jelang pernikahan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, dan Putri Solo 2009 Selvi Ananda. (Liputan6.com/Reza Kuncoro)

Pernikahan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming dengan Selvi Ananda akan berlangsung 11 Juni 2015 mendatang di Graha Sabha Buana, Solo, Jawa Tengah. Namun prosesi pernikahan yang beradat Jawa tersebut sudah dimulai sejak 9 juni, seperti proses siraman dan midodareni, hingga puncaknya acara resepsi.

Batik bermotif parang dan berwarna cokelat wajib dikenakan para wartawan saat meliput resepsi pernikahan Gibran-Selvi. (Liputan6.com/Reza Kuncoro)

Jadi bagaimana menurut Anda tentang "The Royal Wedding" putra Jokowi Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini