Sukses

Damien Dematra Beri Penghargaan pada Leonardo DiCaprio

Festival Film Lingkungan Hidup akan memberi penghargaan khusus untuk Leonardo DiCaprio untuk dedikasinya dalam bidang lingkungan hidup.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 657 sineas yang berasal dari 60 negara ikut berkompetisi dalam ajang Internasional Film Festival For Environment, Health and Culture (IFFEHC). Acara tersebut digelar oleh Dewan Kreatif Rakyat (DKR) bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Menurut founder dan director IFFEHC Damien Dematra, ada 657 film dari 60 negara yang bersaing untuk meraih predikat film terbaik dalam festival yang berlangsung mulai 4 Juni hingga 19 Juni 2015.

"Sebanyak 64 film diantaranya terpilih untuk ditayangkan dalam festival ini," jelas Damien Dematra saat ditemui di Kantor Kemenpora, Jakarta Pusat, Selasa (9/6/2015) malam.

Sutradara film "OBAMA Anak Menteng", Damian Dematra, menunjukkan foto pemeran Obama, Hasan Faruq Ali, saat jumpa pers di SDN Menteng 01 Besuki, Jakarta Pusat. (Antara)

Menurut dia, festival IFFEHC tahun ini juga memberi penghargaan khusus untuk kategori Asia Pacific Jury Award kepada aktor legendaris Hollywood, Phillip Seymour Hoffman, yang belum lama ini telah berpulang.

Pihak festival, masih kata Damien Dematra, juga akan memberi penghargaan khusus International Special Jury Award kepada aktor Leonardo DiCaprio untuk dedikasinya dalam bidang lingkungan hidup.

newsmosh.com

"Seharusnya beliau akan hadir dan menerima langsung penghargaan tersebut, namun karena di saat yang bersamaan ia akan menerima penghargaan lingkungan hidup di California, maka kehadirannya di Indonesia ditunda ke waktu lain," papar Damien Dematra.

Bersamaan dengan pelaksanaan festival ini, Kemenpora dan DKR juga mengadakan pelatihan nasional untuk pemuda Indonesia menjadi sineas yang diikuti oleh 120 pemuda dari seluruh Indonesia.

"Pelatihan ini adalah bagian dari pemberdayaan masyarakat untuk melahirkan 5.000 sineas muda dalam kurun satu tahun ke depan," kata Damien Dematra. (Gie/fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.