Sukses

Guntur Bumi, antara Dakwah, Ramadan dan Farhat Abbas

Nama baik Guntur Bumi memang tak sepenuhnya tumbuh seiring dengan pembebasan dari hukuman akibat dari kasus penipuan.

Liputan6.com, Jakarta Muhammad Susilo Wibowo atau dikenal dengan Ustad Guntur Bumi sempat tersandung masalah. Suami Puput Melati itu pun mendekam di balik jeruji besi. Kini, Guntur Bumi sudah bebas dan mulai menekuni aktifitasnya sebagai pendakwah.

"Sekarang sibuk dakwah dari penjara ke penjara memberi motivasi kepada tahanan," kata Guntur Bumi kepada wartawan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (18/6/2015).

Nama baik Guntur Bumi memang tak sepenuhnya tumbuh seiring dengan pembebasan dari hukuman akibat dari kasus penipuan. Oleh sebab itu, dirinya menggandeng beberapa musisi untuk ikut berdakwah.

"Saya dakwah bersama Charly Setia Band. Dakwah penjara ke penjara. Memberi motivasi kepada tahanan. Karena saya pernah mengalami masa tersebut," ujarnya.

Keinginan Puput Melati dan Susilo Wibowo alias Guntur Bumi untuk kembali rujuk, sepertinya bakal menemui ganjalan.


Diakui UGB, kegiatan itu dilakukan sejak dua bulan terakhir. Ia sengaja menggandeng beberapa publik figur untuk menarik minat penghuni lapas. "Sudah hampir dua bulan ini sama ayah Oong, ayah angkat saya, Ustad uje, Charly dan Opick," ujar suami Puput Melati.

Bicara soal kegiatannya ini, Guntur Bumi memang bersyukur bisa kembali menghirup udara kebebasan. Saat bulan Ramadan ini, dirinya pun menikmati anugerah bisa berpuasa bareng dengan keluarganya.

"Bisa makan kolak pisang yang dihidangkan istri. Sama seperti dihidangkan bidadari. Buat saya, kolak pisang itu memang sering setiap bulan puasa, wajib ain, setiap hari nggak pernah bosan," ujar Guntur Bumi.

Sebagai seorang ayah, Guntur Bumi juga mengajarkan anak-anaknya untuk berpuasa. Apalagi, putra sulungnya juga sudah dikhitan. Suami Puput Melati ini pun mulai membiasakannya berpuasa.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) akhirnya memberi keputusan tentang praktik pengobatan yang dilakukan oleh Ustad Guntur Bumi (UGB).


"Anak sudah empat. Yang kecil tujuh bulan, yang besar 10 tahun. Yang dewasa sudah wajib puasa penuh karena sudah khitan juga. Jadi bareng sama anak buka puasanya," kata Guntur Bumi.

Untuk menambah semangat puasa anak-anaknya, Guntur Bumi langsung mengobral janji. Terdakwa kasus penipuan klinik pengobatan ini memberi iming-iming hadiah jika anak-anak mampu melaksanakan puasa Ramadan. Metode ini dianggap paling tepat oleh Guntur Bumi agar anak dapat bersemangat.

"Saya bilang 'Kalau bisa full puasanya, abi kasih hadiah, kayak sepeda.' Itu nggak apa-apa biar termotivasi. Dulu saya juga begitu kok sama orangtua, kalau genap puasa dapat hadiah. Pada akhirnya dia juga sadar sendiri sebagai umat muslim beriman, karena itu kewajiban," katanya.

Bersama dengan istrinya Puput Melati, Guntur Bumi memang ingin anak-anak mereka bisa mendapatkan pendidikan agama yang baik. Oleh sebab itu, pendidikan sejak dini dianggap sebagai awalnya.

Liputan6.com


Guntur Bumi yang sudah memiliki empat anak ini pun mengaku masih ingin menambah anak. Bagi Guntur Bumi, anak adalah bagian rezeki yang dititipkan oleh Allah SWT.

"Yang namanya mati, ridho rezeki yang mengatur Allah. Kan anak juga rezeki, tahu-tahu hamil aja, eh keceplosan," ujarnya.

Dikritik Farhat Abbas

Kemunculan Guntur Bumi langsung dikritik oleh pengacara Farhat Abbas. Pengacara yang kerap melontarkan sindiran kepada para artis itu tak peduli dengan bulan Ramadan.  Ia juga mengaku terkejut dengan sebagian masyarakat yang dianggap begitu mudahnya memaafkan Guntur Bumi.

Liputan6.com


"Ya ampun ! Cepat banget tuh Ustadz UGB nongol di TV ANTVE,cepat banget ya agama islam mengampuni orang2 ini,,,?? Buruan masuk islam deh.." protes Farhat melalui akun @Farhatabbaslaw, Kamis (19/6/2015).

"Bagi gue, ustadz tipu & cabul itu ibarat kondom aja, sekali pakai, setelah itu buang ! Titik. #lsmhajarindonesia." lanjutnya menambahkan.

Terakhir, Farhat berharap agar masyarakat lebih berhati-hati dalam memilih ustad. Ia pun berkelakar agar UGB mengganti namanya menjadi Ustad Tobat.

"#tolakUGB ! Kecuali kalo udah ganti nama jadi #ustadztobat," tegas Farhat.(Adt/Des)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.