Sukses

5 Artis Non-Muslim yang Ikut Puasa di Bulan Ramadan

Kebanyakan di antara mereka berpuasa karena toleransi beragama. 5 Artis Non-muslim ini pun ikutan berpuasa. Siapa saja mereka?

Liputan6.com, Jakarta Berpuasa menjadi sebuah kewajiban bagi umat Islam. Mereka menjalankannya sebagai ibadah yang memang dilakukan setiap tahunnya. Termasuk salah satunya adalah para artis yang bekerja di dunia entertainmen.

Namun, ternyata ada beberapa artis non muslim juga melakukan ibadah puasa. Mereka melakukannya karena alasan ingin menghormati dan bagian dari toleransi.

Haruka JKT48 (Istimewa)


Liputan6.com mencoba merangkum artis-artis non muslim yang ikut berpuasa. Siapa sajakah mereka, berikut daftarnya:

Baca juga:

Artis-artis Ini Pernah Ditawari Foto Telanjang

Sudah Meninggal, Artis-artis Ini Hidup Kembali

Suka Pamer Foto Telanjang, 7 Seleb Ini Pilih Gaya Spornoseksual

5 Artis yang Rela Lepas Hijab Demi Pekerjaan

5 Pernikahan Artis yang Dihelat Sederhana

Artis-artis Ini Hanya Bisa Gigit Jari Saat Malam Pertama

5 Artis Cantik Ini Rutin Lakukan Perawatan Miss V

Air Susu Ibu Artis-artis Cantik Ini Melimpah

Artis-artis Cantik Ini Ikhlas Dijadikan Istri Kedua




* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Donnie Ada Band


Donnie Ada Band

Vokalis Ada Band, Donnie Sibarani mengaku suka ikut berpuasa meskipun ia bukan seorang muslim. Donnie bahkan memiliki pengalaman tak terlupakan saat berpuasa di bulan Ramadhan tahun 2007.

"Saya suka ikutan puasa pas bulan Ramadan. Sekalian hormatin orang yang lagi puasa, juga biar diet. Pernah yang terberat saat ikutan puasa, barengan sama jadwal manggung. Saya sampai pusing tetapi puasa tetap jalan," ujar Donnie.

Foto: Instagram

Selain itu, Donnie juga kerap menjalankan puasa sambil melakukan aktivitas yang berat seperti nge-gym. Semua itu dilakukan Donnie karena dirinya memang suka tatangan.

"Saya dasarnya suka iseng, suka tantangan," tambahnya.

3 dari 6 halaman

2. Haruka JKT 48


Haruka JKT 48

Salah satu personel JKT 48, Haruka Nakagawa bukanlah pemeluk Islam. Namun, itu tak menghentikannya untuk ikut berpuasa bersama rekan-rekannya yang muslim. Wanita asal Jepang ini mencoba berpuasa sehari penuh.

"Tahun lalu ikut juga. Acara sahur aku ikut juga. Aku ikut aja. Tahun ini, aku juga ikut puasa," kata Haruka saat ditemui baru-baru ini.

Haruka JKT 48

Dia juga menjadikan puasa sebagai diet. "Biar sehat. Kadang ini bisa dijadikan diet juga," ujarnya. Selain itu, puasa yang dilakukannya juga untuk semakin mengeratkan persaudaraan di antara personel JKT 48.

 "Awalnya lapar, tapi jadi suka. Seru-seruan aja sih aku. Iya, puasa full," ujar dia.

4 dari 6 halaman

3. Bertrand Antolin


 Bertrand Antolin

Aktor tampan Bertrand Antolin  juga mengaku bahwa dirinya sering kali harus ikut berpuasa karena kebanyakan temannya adalah muslim. Apalagi, jika sedang syuting, jika ingin makan dirinya pun tidak bisa sembarangan.

"Saya non muslim cuma mayoritas temen saya muslim, kadang saya ikut puasa karena nggak mungkin makan di lokasi syuting," kata Bertrand.

 Bertrand Antolin

Alasannya? "Toleransi aja, kita menghormati lah. Kita nggak mungkin makan di depan orang puasa. Nggak mungkin saya makan di depan mereka," jawabnya.

Bertrand juga mengaku bahwa dirinya sempat beberapa kali ikut puasa, "Hari pertama ikut puasa. Empat atau lima kali lah udah ikut puasa. Kalau pas lagi kerja ya semua pada puasa aku ikut puasa," ujarnya sembari menyatakan bahwa dirinya juga sekalian menguruskan badan ketika berpuasa.

5 dari 6 halaman

4. Angel Pieters


Angel Pieters

Artis penyanyi Angel Pieters mengaku ikut menghormati umat muslim yang sedang menjalani ibadah puasa. Dirinya bahkan mengaku ikut berpuasa.

"Ada beberapa orang keluarga aku puasa. Malah aku kadang-kadang ikutan puasa," ujar Angel Pieters.

Puasa versi Angel memang berbeda dengan puasa umat muslim pada umumnya. Di pagi hari, Angel masih makan, lalu ia makan lagi pada jam enam sore, pada waktu orang-orang berbuka puasa.

Foto: Instagram

"Tapi paginya makan, terus kalau aku pergi aku rasanya kayak puasa," ungkap Angel Pieters.

Toleransi antar umat beragama sangat dikedepankan Angel. Meski non muslim, jebolan Idola Cilik ini tidak akan menjadikan puasa untuk candaan. Oleh karena itu, dirinya memilih untuk tidak makan di depan teman-temannya yang sedang menjalankan ibadah puasa.

"Sangat menghargai, itu kan ibadah ya, nggak aku buat becanda, itu ibadah. Aku juga menjalani puasa walau nonmuslim," tandasnya.

6 dari 6 halaman

5. Olivia Jansen


Olivia Jansen

Artis cantik Olivia Lubis Jansen juga ikut berpuasa ketika masuk bulan Ramadan. Dia melakukan itu demi menghormati temannya yang menjalankan puasa. Meski awalnya terasa berat, namun aktris film "Bukan Cinta Biasa" mengaku senang bisa ikut berkumpul untuk acara buka puasa bersama.
 
"Karena aku nonmuslim, seneng sih aku bisa ikut bergabung sama teman buka puasa bareng, have fun. Aku pun ngerasa seneng banget karena bisa bersosialiasi dengan mereka," ujar Olivia.

Foto: Instagram
 
Olivia mengaku, keinginannya untuk ikut berpuasa datang dari lubuk hati, bukan karena dipaksa teman-temannya.
 
"Pernah batal gara-gara nggak kuat nahan haus, jadi buka deh," kenangnya.
 
Selain karena keinginan sendiri, alasan lain Olivia ikut berpuasa karena hampir 80 persen teman-temannya adalah muslim.(Adt/Des)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini