Sukses

Sejak Kecil, Kunto Aji Tak Pernah Batal Puasa

Penyanyi yang terkenal dengan lagu 'Terlalu Lama Sendiri' ini mengaku tidak pernah bolong saat puasa Ramadan.

Liputan6.com, Yogyakarta Penyanyi asal Jogja yang tengah naik daun Kunto Aji ternyata punya pengalaman sendiri dengan bulan puasa. Penyanyi yang terkenal dengan lagu 'Terlalu Lama Sendiri' ini mengaku tidak pernah bolong saat puasa Ramadan. Sebulan penuh dirinya tidak pernah putus puasa yang dilakukannya sejak menginjak SD. Namun dirinya juga tidak pernah merasa dipaksa saat puasa.

"Nggak pernah bolong, Alhamdulilah belum pernah dari SD belum pernah, diajarin orang tua tapi nggak dipaksa. Puasa bukan suatu yang berat dan sehat juga kan," ujarnya Rabu (15/7/2015).

Aji yang sejak kecil hingga kuliah di Yogyakarta ini tidak mempunyai tips apapun jika puasanya tidak pernah bolong. Pasalnya puasa diawali niat maka semunya akan berjalan seperti biasanya.

"Nggak tahu ya biasa aja kebiasaan sejak kecil harusnya kalau sudah niat pasti biasa aja. SMA sampai kuliah sering puasa Senin Kamis jadi biasa dengan puasa," ujar.

Walaupun tidak pernah bolong puasanya namun ia sering mendapat cobaan yang cukup berat. Walaupun begitu dirinya tidak pernah meninggalkan ibadah puasa.

"Puasa visit radio di Bandung dari pagi sampai malam capek banget sebelum adzan masih nyanyi sampai tenggorokan kering ya tetap dinikmati," ujarnya.

Aji mengatakan saat Lebaran nanti keluarganya akan menjalani tradisi yang berbeda. Pasalnya tahun ini seluruh keluarga besarnya tidak berkumpul merayakan bersama Idhul Fitri. Hal ini baru pertama kali dirayakan secara terpisah dalam tradisi di keluarganya. Bahkan dirinya akan berlebaran jauh dengan orang tua yang ada di Jakarta sementara dirinya dan adik bungsunya di Jogjakarta.

"Harusnya di sini tapi eyang dan pakde sudah ga ada. Jadi ini pertama kali Nyebar Idhul Fitri sendiri sendiri. Saya disini saja. Bapak ibu di Jakarta. Adik paling kecil masih di Jogja masih kelas tiga SMA. Adik kedua di Abu Dhabi jadi juru masak," ujarnya.(Adt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.