Sukses

Ini yang Dikangeni Waljinah Saat Lebaran

Sebagai Ratu keroncong, Waljinah tak bisa merayakan lebaran di tanah kelahirannya setiap tahun.

Liputan6.com, Solo Hari Raya Idul Fitri disambut gembira oleh ratu keroncong, Waljinah. Lantaran lebaran tahun ini ia bisa merayakannya di tanah kelahirannya Solo. Ia pun senang bisa menjalankan ibadah salat Id di masjid dekat rumah.

"Saya senang bisa salat Id di masjid dekat rumah, itu yang saya kangenin. Karena sebelumnya saya tidak merayakan lebaran di sini, tapi di Suriname, kebetulan saya dapat undangan pentas di sana," ungkap Waljinah, di temui di kediamannya, baru-baru ini.

Meski harus menggunakan kursi roda, pelantun Walang Kekek tak kendur semangat menyambut datangnya hari kemenangan. Bersama anak-anaknya mereka berjalan menuju masjid yang berjarak 300 meter dari rumahnya.

Waljinah senang bisa berkumpul dengan anak dan cucu (liputan6.com/Reza Kuncoro)

"Saya salat Id diantar sama anak-anak dan saudara lainnya. Tapi karena nggak kuat berdiri lama, makanya saya pakai kursi roda. Duduk juga kalau kelamaan nggak kuat, harus ada sandarannya," tambah wanita berusia 69 tahun ini.

Merayakan Hari Raya Idul Fitri, Waljinah mengaku tak melakukan persiapan khusus. Makanan khas pun tak beda dengan yang lainnya. Hanya ia dan keluarga menjalankan rutinitas di hari lebaran.

"Persiapan khusus, dan makanan khusus nggak ada ya. Seperti yang lainnya masak opor ayam saja. Hanya kita punya rutinitas, setelah semua berkumpul, dan sungkem, kami ziarah ke makam kerabat yang sudah meninggal," tandas Waljinah.(Rez/Mer) 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini