Sukses

Artis-artis Ini Ikut Pilkada Serentak Desember Mendatang

Mereka rela meninggalkan dunia keartisan yang sudah membesarkannya selama ini.

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan di dunia keartisan sepertinya membosankan bagi sebagian pelaku dunia entertainment. Sampai-sampai beberapa di antaranya memilih untuk banting setir dan mencoba peruntungan dengan ikut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Menjadi calon Kepala Daerah atau pemimpin suatu daerah memang memiliki gengsi yang tinggi. Nama dan kedudukan akan didapat dan tentunya segala pujian saat mereka berhasil memimpin sebuah daerah.

Namun, jangan salah. Menjadi seorang pemimpin tentu saja rentan akan godaan dalam melakukan korupsi. Apakah mereka bisa menahan godaan materi harta yang mereka kelola sendiri?

Istri Zumi Zola, Sherrin Tharia mendapat anugerah Upakarti Utama. Penghargaan langsung diberikan oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

Liputan6.com mencoba merangkum beberapa artis yang telah resmi mengikuti ajang pemilihan Kepala Daerah yang akan digelar serentak pada 9 Desember 2015 mendatang. Siapa sajakah mereka, berikut di antaranya:

Baca juga:

Artis-Artis Ini Kembali Rayakan Lebaran Bersama Pasangan Baru

Daftar Selebritis yang Lebaran di Dalam Penjara

Lebaran 2015, Artis-artis ini Pakai Baju Bekas

4 Artis Ini Bagikan THR, dari Puluhan Juta Hingga Miliaran Rupiah


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pasha Ungu


Vokalis band Ungu, Sigit Purnomo atau lebih dikenal dengan Pasha Ungu resmi menjadi calon wakil Walikota Palu, Sulawesi Tengah. Dengan dikawal pendukungnya, Pasha berpasangandengan Hidayat mendaftar ke kantor KPU Palu.

"Dengan bahagia kami mendaftar di KPU Kota Palu dan alhamdulilah semuanya tadi lancar. Pun ada kekurangan yang harus kita perbaiki akan kita bereskan," kata Pasha.

"Setelah saya ditanya, saya menjawab bahwa jika berkenan, sebagai kader PAN ditempatkan di kampung halaman saya sendiri, yaitu di Kota Palu, Sulawesi Tengah," ujar Pasha.

Poster kampanye Pasha Ungu

Pria kelahiran 1979 itu mengatakan telah memetakan program kerja untuk membenahi Palu. Jika terpilih memimpin Palu, Pasha memastikan bakal menghadapi banyak pekerjaan rumah yang harus dia rampungkan.

Menurut Pasha, dia ingin menjadi pemimpin yang tidak pilih kasih. Semua kepentingan rakyat apapun kelompok atau golongannya, kata dia, harus menjadi prioritas. Terkait karier bermusiknya, Pasha sudah mengemukakan niatnya mundur dari Ungu. Dia menjamin Ungu tak bakal bubar meski dia tinggalkan.

3 dari 6 halaman

Miing Bagito


Tak hanya Pasha Ungu yang ikut ambil bagian dalam ajang Pilkada, komedian senior Dedi Suwandi Gumilar alias Miing juga berpartisipasi di ajang yang serentak diadakan bulan Desember mendatang. Miing telah resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, bersama pasangannya bakal calon (Balon) bupati, H.Akhmad Marjuki, pada Senin 27/7 pukul 13.15 WIB.

"Saya bersedia mendampingi H.Marzuki, karena beliau hidup dan dihidupi oleh Karawang dan akan membangun Karawang. Kami berjanji jika nanti terpilih, kami tidak akan korupsi, karena kami sudah kecukupan. Sesuai dengan amanat Undang-undang setiap WNI, siapapun itu boleh dan berhak untuk dipilih dan memilih," kata Miing usai pendaftaran.

Deddy Gumelar usai pendaftaran di KPU Karawang

"Kami mendaftarkan diri untuk menjadi calon bupati Karawang, mohon maaf sudah merepotkan karena banyak yang mengikuti sampai di kantor KPU. Kalau memang sewaktu waktu kami diperlukan oleh KPU untuk penambahan pemberkasan atau diperlukan oleh KPU kami siap 24 jam. Kami ingin membangun Karawang," sambung Balon bupati H.Akhmad Marjuki.

Pencalonan H.Akhmad Marjuki dan Miing diusung oleh partai PDIP, Partai Hanura dan PBB. Mereka telah dinyatakan sah memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh KPU. Penyerahan berkas keabsahan penerimaan pencalonan yang sudah sah diserahkan kepada pasangan balon bupati dan wakil bupati oleh KPU.

4 dari 6 halaman

Helmy Yahya


Tak kapok karena kalah dalam Pilkada beberapa tahun yang lalu, presenter Helmy Yahya kembali ikut Pilkada. Helmy menggandeng Muchendi Mahzareki untuk bertarung memperebutkan jabatan Bupati Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Desember mendatang.

Dengan mengenakan kemeja putih pasangan Helmy - Muchendi, tiba di kantor KPUD OI Jalintim Km 34 Inderalaya-Kayuagung, pukul 11.00 WIB. Terlihat beberapa petinggi parpol pendukung pasangan ini, nampak mengiringi prosesi pendaftaran, di antaranya yakni partai Nasdem, PAN, Gerindra, PBB, PKB dan partai Demokrat.

Helmi Yahya

Usai mendaftar, Helmy Yahya dalam sambutannya mengungkapkan, keoptimisannya untuk menang di Pilkada Ogan Ilir Desember mendatang. 

"Berdasarkan survei yang telah kita lakukan sebelumnya, yakin kita menang di Pilkada 9 Desember nanti," ujar presenter kondang tersebut.

5 dari 6 halaman

Zumi Zola


Setelah sempat menjabat sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur, pesinetron Zumi Zola Zulkifli resmi berpasangan dengan Fachrori Umar untuk maju pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jambi pada 9 Desember 2015.

"Ini sudah final dan tidak perlu diragukan lagi. Kita tahu pak Fachrori itu orang yang sudah berpengalaman, merakyat, dan juga agamis. Artinya ini kita optimis," ujar ayah Zumi Zola, Zulkifli baru-baru ini.

Dengan finalnya Fachrori mendampingi Zola, pihaknya menyatakan telah siap bersaing dengan calon lainnya. "Kita sudah siap head to head dari awal, dan kita juga sudah mendapat tambahan amunisi dukungan. Ketika dukungan itu bertambah tentu ini akan menjadi modal kita," katanya.

Zumi Zola menggelar acara empat bulanan istrinya Sherrin Tharia (Fotografer : Rini Suhartini)

Zulkifli mengatakan, Zumi Zola dan ayahnya akan mendeklarasikan keikursertaannya pada Pilkada Jambi 2015. "Ini tinggal deklarasi dan Insya Allah setelah lebaran ini akan langsung dideklarasikan," pungkasnya.


6 dari 6 halaman

Maya Rumantir


Artis senior Maya Rumantir juga ikut serta di ajang pemilihan Kepala Daerah. Wanita yang dikabarkan pernah dekat dengan Tommy Soeharto itu berpasangan denga Gleny Kairupan di ajang pemilhan Gubernur Sulawesi Utara.

Bakal pasangan calon Gerindra dan Demokrat ini tampak serasi dengan pilihan warna busana yang mereka kenakan. Maya dengan Semi jas bermotif bunga Merah Putih, sementara Gleny dengan kemeja putih khas Gerindra.

"Saya ingin Sulut menjadi bersinar, bukan hanya di satu tempat tetapi pada 15 kabupaten dan kota," katanya.

Maya Rumantir, yang saat ini menjadi anggota DPD-RI dari Sulut mengatakan, visi misi yang dibawakan untuk Sulut yakni panca asa mulia yang artinya lima harapan mulia. Pada lima harapan mulia itu pertama saya dan bersama seluruh masyarakat ingin mewujudkan Sulut bermoral.

"Setelah bermoral kemudian masuk ke Sulut berkualitas, selanjutnya Sulut bersinar, setelah itu masuk pada Sulut damai dan Sulut sejahtera," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.