Sukses

Terkait Foto Syur, Artis-Artis Ini Pilih Lapor Polisi

Foto-foto mereka ada yang direkayasa, namun ada beberapa foto yang merupakan koleksi pribadi.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak marah jika wajah kita direkayasa dengan digabungkan dengan foto-foto syur. Beberapa artis cantik tanah air pun banyak yang mengalami kondisi tak mengenakan ini. Sampai akhirnya karena merasa malu, mereka akhirnya melaporkan kasus ini ke polisi.

Terkait dengan foto syur memang tak selalu dibuat rekayasa. Beberapa artis mengaku juga kerap melakukan pemotretan dengan pose syur. Namun, mereka menganggapnya sebagai kepentingan pribadi. Sampai akhirnya tersebar ke dunia maya, mereka pun akhirnya juga melaporkan kasusnya ke polisi.

Duo Serigala saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (16/4/2015). Mereka membantah penyebaran foto vulgar untuk mencari sensasi. (Liputan6.com/Faisal R Syam)


Liputan6.com mencoba merangkum beberapa artis-artis yang menjadi korban beredarnya foto-foto syur. Mereka pun menyerahkan kasusnya ke polisi. Siapa saja kah mereka, berikut daftarnya:

Baca juga:

6 Selfie Artis Indonesia Bareng Seleb Hollywood, Mana Favoritmu?

10 Pesinetron Wanita yang Layak Jadi Ratu FTV Baru (Bag. 2, 5-1)

Artis-Artis Dangdut Ini Meninggal di Usia Muda

Artis-Artis Ini Kembali Rayakan Lebaran Bersama Pasangan Baru

Daftar Selebritis yang Lebaran di Dalam Penjara

Lebaran 2015, Artis-artis ini Pakai Baju Bekas

4 Artis Ini Bagikan THR, dari Puluhan Juta Hingga Miliaran Rupiah




* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Duo Serigala


Personel Duo Serigala, Pamela Safitri dan Ovi melaporkan tersebarnya foto syur dirinya ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya, Senin (13/4/2015).
Sebelumnya, foto syur Pamela jadi heboh setelah muncul di Instagram pribadinya pada Jumat (10/4/2015).

Atas kasusnya ini, keduanya pun sudah menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya. Duo yang ngetop lewat lagu Abang Goda tersebut diminta menjawab beberapa pertanyaan yang dilayangkan oleh penyidik. Pertanyaan yang diajukan, seputar foto-foto seksi Pamela Safitri yang beredar luas di dunia maya.

"Mudah-mudahan cepat tertangkap orangnya," harap Pamela Safitri.

Pamela Safitri dan Ovi Sovianti, personel Duo Serigala, menyerahkan sepenuhnya urusan penyidikan tersebarnya foto topless kepada pihak kepolisian.Keduanya juga enggan mengungkapkan siapa dalang penyebaran foto topless Pamela Safitri. "Kita nggak mau menduga-duga, entah itu mantan (pacar) Pamela atau bukan, biar yang berwajib saja yang berwenang," ujar manajer Duo Serigala, Didit.

3 dari 6 halaman

Rinada


Penyanyi Rinada membuat heboh dengan peredaran gambar-gambar syur dirinya dengan mantan suaminya. Parahnya, Rinada kala itu mengenakan pakaian PNS kota Bandung. Perempuan bertubuh sintal itu menggandeng pengacara kawakan Ferry Juan untuk melaporkan mantan suaminya, Yuri Astrada alias Yurel ke Polres Bandung November 2014 lalu.

Rinada sendiri dalam keterangan persnya meminta maaf kepada warga Bandung khususnya para PNS wanita yang nama baiknya tercoreng karena foto dari potongan video mesum yang beredar di dunia maya.

"Saya sangat prihatin dengan beredarnya foto itu. Karena bukan saya yang menyebarkan. Saya hanya korban. Saya memohon maaf secara resmi kepada warga dan PNS wanita," ujar Rinada.

Di tempat yang sama kuasa hukum Rinada, Ferry Juan mengatakan, pihaknya telah melaporkan Yurel ke Polres Bandung (kabupaten). Lokasi pembuatan video tersebut diketahui di kediaman Rinada di Kabupaten Bandung.

"Kita sudah melapor 15 November lalu ke Polres Bandung. Laporannya soal pelecehan seksual seperti di UU Pornografi dan UU ITE," ujar Ferry.

4 dari 6 halaman

Cyntiara Alona


Cut Cynthiara Alona juga mengadu ke Polisi karena foto-foto syurnya yang sedang bertelanjang dada beredar luas di internet.  Alona memang tak menampik foto-foto tersebut. Dia mengaku melakukan foto-foto itu. Tetapi, semua itu dilakukan hanya untuk dokumen pribadi.

Dia pun mencurigai seseorang telah menjadi dalang dari peredaran foto-foto tersebut. Dia pun membawa masalah ini ke jalur hukum. Dengan didampingi kuasa hukumnya, Sunan Kalijaga pesinetron dan bintang film ini melaporkan mantan manajernya, Boby ke pihak berwajib.

"Saya di sini bersama kuasa hukum akan melaporkan mantan manajer saya bernama Boby yang telah menyebarkan foto foto saya " ujar Alona kepada sejumlah wartawan saat ditemui di SPK Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu 5 Mei 2010.

Wanita yang pernah menjadi juara salah satu ajang model di majalah Playboy tahun 2007 ini merasa gerah melihat foto-foto syurnya dipandang semua mata. Dia merasa tak nyaman. Dan dia sangat menyayangkan foto-foto pribadinya tersebar di dunia maya.

"Kenapa harus tersebar begitu, saya dirugikan, dan juga bagaimana jika anak anak dibawah umur melihatnya," ucap Alona.

5 dari 6 halaman

Julia Perez

Aktris seksi Julia Perez sempat 'digoyang' oleh kasus foto-foto 'syur'-nya yang beredar di internet tahun 2007 lalu. Tentu saja hal itu merupakan pukulan yang telak baginya, di mana saat itu kini sedang trend artis terkait kasus asusila. Tak mau hal itu sampai berlarut-larut, Julia-pun lapor ke Polisi soal penyebaran foto tersebut.

Terdapat dua delik aduan yang dicabut oleh Jupe, yang terkait dengan pasal perbuatan yang tidak menyenangkan yaitu pasal 310 dan pasal 335 KUHP serta delik pelanggaran hak cipta. Dari dua delik ini pasal 310 dan 335 otomatis telah tercabut namun untuk delik pelanggaran hak cipta sudah menjadi wewenang pihak kepolisian.

"Diteruskan atau tidak itu terserah pada pihak kepolisian," jelas Dwi Heri Setiawan.

Seusai menjalani pemeriksaan selama empat jam lamanya, Jupe mengatakan hal ini dilakukannya setelah ketiga fotografer tersebut telah meminta maaf pada dirinya yang disertai pertemuan yang berlangsung secara kooperatif dan kondusif. Baginya permasalahan ini sudah dianggap selesai walau terasa berat karena ia adalah korban.

6 dari 6 halaman

Prilly Latuconsina

Prilly Latuconsina rupanya murka atas tindakan oknum yang merekayasa foto sehingga seolah-olah menjadi foto bugil. Atas kasus ini, Prilly pun melapor ke Polda Metro Jaya, Jumat (31/7/2015).

Dari pantauan Liputan6.com, Prilly datang sekitar pukul 10.00 WIB. Lawan main Aliando Syarief itu tak sendiri, ia dikawal beberapa pria berbadan tegap.

"‎Ini aku sama Opa ke sini mau buat laporan soal foto itu. Ya buat efek jera saja," ucap Prilly sesaat sebelum masuk ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

Tak banyak kata yang diucap pemain sinetron Ganteng-Ganteng Serigala (GGS) itu. Sampai saat ini, Prilly masih membuat laporan polisi ditemani pengacaranya.

Ditulis sebelumnya, Prilly mengakui ada oknum jahil yang sengaja mengedit fotonya sehingga seolah-olah bugil dan menyebarkan di dunia maya. Prilly juga menyebut editan foto itu terlalu kasar sehingga orang awam pun tahu kalau foto itu palsu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.