Sukses

Tak Pakai Tiket, Eco Music Camp 2015 Digratiskan

Acara yang menghadirkan musisi dari berbagai penjuru dunia ini diselenggarakan secara gratis untuk yang ingin menyaksikan.

Liputan6.com, Jakarta Gelaran yang menyatukan musik dan alam, ECM (Eco Music Camp) 2015 akan digelar pada tanggal 7 sampai 9 Agustus 2015 di Taman Buah Mekarsari, Jonggol, Jawa Barat. Acara yang menghadirkan musisi dari berbagai penjuru dunia ini diselenggarakan secara gratis untuk yang ingin menyaksikan.

"Acara ini gratis, hanya bayar biaya masuk (ke Mekarsari) saja. Kecuali yang mau camping ground, kami meminta biaya untuk sewa tenda dan makan selama tiga hari," kata Franki Raden selaku penggagas EMC 2015 di kawasan Gunawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (1/8/2015).

Franki menambahkan, tak bayarnya penonton untuk menyaksikan acara tersebut agar mampu menarik banyak minat warga, terutama anak muda. Sasaran acara ini memang ditujukan untuk anak-anak muda.

Eco Music Camp 2015 (Liputan6.com/Fachrur Rozie)

"Sengaja gratis agar banyak anak muda yang datang. Dan bisa menjadi forum buat anak muda dalam membangkitkan kesadaran budaya," paparnya.

Mengenai dana, Franki membeberkan jika rupiah yang dikeluarkan tak sampai Rp 1 miliar. Sebab, para musisi tak meminta bayaran tinggi, melainkan memang senang dalam gelaran yang bertajuk Lingkungan ini.

"Dana yang dialokasikan kecil sekali, hanya Rp 900an juta. Besar tidaknya event tak tergantung dana. Dengan dana tersebut kami hanya bisa mengajak musisi tertentu yang mau mendukung kami," lanjutnya.

"Ketika mereka suka, mereka akan membantu. Seperti Iwan Fals, tak memikirkan budget. Seperti musisi luar negeri, mereka melihat acara ini untuk lingkungan dan dengan sendirinya mereka datang tanpa memikirkan yang macam-macam," pungkas Franki. (Fac/Gul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.